fbpx
BerandaHidup SehatKenali 5 Tanda Penyakit Lipoma dan Cara Mencegahnya

Mungkin Anda pernah memiliki benjolan di area tubuh tertentu. Benjolan ini biasanya muncul tanpa diketahui penyebabnya dan tidak terasa sakit. Namun tahukah Anda bisa jadi benjolan tersebut adalah lipoma? Pernahkah Anda mendengari istilah “lipoma”? Apa itu lipoma?

penyakit-lipoma

Anda mungkin bertanya-tanya apa itu lipoma, bagaimana cara mencegah, serta pengobatannya. Tenang! Simak 5 tanda lipoma dan cara mengobatinya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Apa Itu Lipoma?

Lipoma adalah salah satu penyakit yang masuk ke dalam ICD 10 (International Classification Diseases and Related Health Problems). ICD 10 merupakan Klasifikasi Penyakit Internasional revisi ke-10. Dalam ICD 10 lipoma memiliki kode I50.1.

Lipoma adalah gumpalan lemak (tumor) yang cukup umum dan tidak berbahaya. Lipoma bersifat jinak, atau tidak bersifat kanker. Biasanya penyebab lipoma tidak diketahui, namun beberapa orang memiliki lipoma dikarenakan kecenderungan genetik yang dimiliki oleh keluarganya.

Lipoma sering muncul sebagai nodul lunak dan tidak terasa sakit. Lipoma dapat muncul di manapun area tubuh yang memiliki sel lemak. Namun lipoma paling sering muncul di area leher, dada, punggung, bahu, lengan, dan paha. Bahkan lipoma dapat muncul di dalam tubuh dan Anda tidak menyadarinya. 

Terkadang orang kesulitan membedakan lipoma dengan tumor ganas atau kanker. Padahal lipoma bersifat jinak, tidak seperti tumor ganas atau kanker yang dapat bersifat ganas (Baca juga Tumor). Lipoma juga dapat diobati dengan beberapa penanganan medis yang cukup berbeda dengan pengobatan tumor atau kanker ganas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Meski tidak bersifat ganas, lipoma tentu tidak bisa dianggap sepele. Jika lipoma berkembang dan menekan saraf di sekitarnya, hal ini akan mengakibatkan rasa nyeri atau sakit. Tentunya hal ini dapat membuat Anda terganggu bahkan sampai mengganggu kegiatan Anda.

5 Tanda Lipoma

Mungkin Anda bertanya-tanya apa saja tanda lipoma? Ya, tanda-tanda lipoma perlu Anda ketahui untuk mendeteksi keberadaan lipoma di area tubuh. Terkadang keberadaan lipoma sering dianggap sebagai tumor ganas atau kanker. Padahal penyakit lipoma bersifat jinak, berbeda dengan tumor ganas dan kanker yang dapat bersifat ganas. Pengobatan pada lipoma pun cukup berbeda. Berikut 5 tanda lipoma yang telah tim Lifepack rangkum.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Muncul Benjolan

Tanda utama lipoma adalah munculnya benjolan. Benjolan biasanya berukuran kecil yaitu sekitar 1 cm dan dapat tumbuh besar hingga 10 cm. Benjolan yang muncul akibat Lipoma biasanya muncul di area ketiak, leher, atau area yang memiliki sel lemak tinggi.

2. Berada di Bawah Kulit dan Lunak

Benjolan yang timbul akibat lipoma muncul di bawah kulit dan biasanya bertekstur lunak ketika disentuh. Benjolan ini juga dapat bergerak jika disentuh menggunakan jari. 

3. Tanpa Warna

Benjolan lipoma yang muncul biasanya tidak berwarna atau warnanya sama dengan permukaan kulit lainnya. Hal ini disebabkan benjolan yang muncul di bawah kulit sehingga warna kulit pada benjolan sama dengan warna kulit di sekitar benjolan. 

4. Tumbuh dengan Lambat

Pada penyakit lipoma, biasanya benjolan muncul dengan ukuran yang kecil terlebih dahulu. Namun benjolan ini dapat berkembang dan menjadi besar. Meski begitu benjolan akibat lipoma pertumbuhannya sangat lambat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Tidak Sakit

Benjolan yang muncul, biasanya tidak terasa sakit. Namun dapat terasa sakit jika terus berkembang membesar dan menekan saraf di sekitarnya. Biasanya hal ini akan menimbulkan rasa nyeri di area benjolan. Bahkan pada beberapa kasus dapat menimbulkan peradangan akibat saraf yang tertekan oleh benjolan. 

Komplikasi Lipoma

Walaupun penyakit lipoma bersifat jinak, namun lipoma dapat menimbulkan gangguan bila ukurannya besar atau menekan saraf sehingga menyebabkan nyeri. Selain itu lipoma juga dapat menimbulkan komplikasi jika dilakukan ekstraksi. Kejadian ini sangat jarang, namun umumnya komplikasi yang ditimbulkan umumnya berupa:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Seroma (akumulasi cairan di bawah kulit)
  2. Hematoma (terjadinya pembentukan darah di luar pembuluh darah)
  3. Luka saraf
  4. Perdarahan (aliran darah abnormal akibat pecahnya pembuluh darah)
  5. Keloid (Pertumbuhan bekas luka yang tidak normal pasca cedera)

Pencegahan Lipoma

penyakit-lipoma

Meski begitu, lipoma dapat Anda cegah dengan melakukan gaya hidup sehat. Apa sajakah gaya hidup sehat yang dapat mencegah lipoma? Simak pada daftar berikut ini.

  1. Lakukan olahraga secara rutin yang dilakukan selama 30-40 menit minimal 5 kali dalam seminggu. Olahraga akan membantu Anda dalam menjaga berat badan normal dan mencegah lemak berlebih dalam tubuh.
  2. Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, serta makanan yang rendah lemak jenuh dan trans. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari lipoma.
  3. Jaga berat badan normal. Dengan menjaga berat badan normal, Anda akan terhindar dari lemak berlebih dan menurunkan risiko Anda untuk memiliki lipoma di area tubuh.
  4. Hindari konsumsi alkohol secara berlebih. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini membuat banyak lemak berlebih di dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan lipoma.

Pola hidup sehat tidak hanya mencegah lipoma, namun juga beberapa penyakit kronis lainnya seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, dan stroke. Dengan menerapkan pola hidup sehat, risiko Anda terhadap penyakit-penyakit tersebut menurun. Namun perlu dipahami bahwa Anda tetap memiliki risiko terhadap penyakit tersebut, terlebih jika Anda memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit-penyakit tersebut (Baca juga Pola Makan Sehat untuk Sistem Imun Lebih Kuat).

Pengobatan

Sebenarnya lipoma tidak memerlukan pengobatan karena sifatnya yang jinak dan tidak berbahaya. Lipoma tidak seperti tumor ganas atau kanker yang dapat bersifat ganas dan memerlukan pengobatan khusus. Namun jika Anda sudah terlanjur memiliki lipoma dan merasa terganggu akan kehadirannya, Anda dapat melakukan beberapa pilihan pengobatan. Terlebih jika lipoma sudah mulai berkembang dan menekan saraf di sekitarnya sehingga menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Namun terdapat beberapa pertimbangan atau urgensi pengangkatan lipoma, yaitu ukuran, riwayat kanker dalam keluarga, dan jumlah lipoma.

Pilihan pengobatan yang tersedia untuk lipoma antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Operasi
  2. Liposuction
  3. Injeksi steroid

Itulah 5 tanda lipoma, komplikasi, pencegahan dan pengobatannya. Jika Anda merasakan tanda-tanda lipoma di atas, Anda dapat memeriksakannya secara lebih lanjut ke pelayanan kesehatan untuk mengetahui apakah lipoma yang Anda miliki berbahaya atau tidak. Jaga kesehatan Anda dengan melakukan pola hidup sehat seperti berolahraga, konsumsi makanan sehat, manajemen stres, istirahat yang cukup, dan menghindari perilaku merokok serta konsumsi alkohol berlebih.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda juga bisa konsumsi Blackmores Bio C 1000 mg – 90 tablet (Rp299.935). Blackmores Bio C adalah vitamin C 1000mg yang dilengkapi herbal dan bioflavonoid untuk membantu penyerapan vitamin C dan menjaga daya tahan tubuh

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Di masa pandemi seperti saat ini, mungkin Anda kesulitan untuk tebus obat karena khawatir akan penularan COVID-19. Tenang! Lifepack punya solusinya! Dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store, kini Anda dapat tebus obat cukup dari rumah saja. Anda juga dapat melakukan konsultasi dokter secara online dimanapun loh! Unduh aplikasinya sekarang dan nikmati kemudahannya!

Ditulis oleh: Nada Karisma Oktavia

Referensi:

Barazi, Hassana 2020. Lipoma. Diakses pada 2020. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

HealthDirect. Lipoma. Diakses pada 2020.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara merawat ginjal

8 Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

hampers idul fitri

Rekomendasi Hampers Idul Fitri yang Tepat Untuk Masa Pandemi

Hidup Sehat   04/03/2022
menu buka puasa yang sehat dan bergizi

10 Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi

Hidup Sehat   01/03/2022
cara mengatasi darah rendah saat puasa

5 Cara Mengatasi Darah Rendah Saat Puasa

Hidup Sehat   01/03/2022
cara meningkatkan imunitas tubuh anak

5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Ibu dan Anak   22/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman