fbpx

Kenacort, Obat yang Dapat Atasi Peradangan dan Alergi

Sep 29, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Anda mungkin sering mengalami peradangan akibat nyeri sendi, pengeroposan tulang atau bahkan alergi. Tentunya hal ini sangat tidak enak, apa lagi kalau sampai mengganggu aktivitas. Hal ini tentu sangat menyebalkan.

Banyak obat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan di atas. Tapi pernahkah Anda mendengar obat kenacort? Ya, obat yang satu ini memang terkenal akan fungsinya dalam mengatasi peradangan akibat nyeri sendi dan alergi.

Informasi Obat

Golongan : Kortikosteroid

Kategori : Obat resep

Manfaat : Mengatasi peradangan dan alergi

Bentuk sediaan : Tablet, krim, spray, dan injeksi

Fungsi Kenacort

Obat kenacort merupakan obat yang mengandung bahan aktif triamcinolone. Meski telah disebutkan sebelumnya, secara spesifik kenacort dapat mengatasi gejala alergi seperti sesak nafas, ruam, gatal-gatal, bersin, asma, peradangan sendi dan mulut. Obat ini juga digunakan pada penderita kanker darah (leukemia) stadium akhir untuk.

Kenacort memiliki banyak sekali manfaat, namun penggunaannya tidak bisa sembarangan. Obat ini tergolong obat keras dan memerlukan resep dokter. Sehingga Anda tidak diperbolehkan melebihi atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dokter.

Dosis Obat

Obat kenacort merupakan obat yang masuk ke dalam kategori obat resep, namun terdapat beberapa rekomendasi yang dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan, yaitu:

1. Tablet

  • Dewasa : 4-49 mg per hari

2. Krim

  • Gunakan 2-3 kali sehari ke area kulit yang mengalami peradangan atau alergi.

3. Suntik

  • Dewasa : 2,5-5 mg dengan dosis maksimal 80 mg.

4. Spray

  • Anak-anak 6-12 tahun : 55 mcg (satu kali semprot sehari). Naikkan dosis hingga 220 mcg per hari jika gejala yang Anda alami cuku berat.

Kontraindikasi

Obat ini dikontraindikasikan dengan orang yang menderita tuberkulosis, psikosis, dan infeksi jamur sistemik, serta orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap obat triamcinolone. Kenacort merupakan obat yang masuk ke dalam kategori C yang mana dapat menimbulkan efek buruk pada kehamilan karena berpengaruh pada janin.

Selain itu obat ini juga tidak boleh digunakan bersamaan atau dalam jangka waktu yang berdekatan dengan beberapa obat-obatan, yaitu obat antikoagulan, antidiabetik, obat antituberkulosis, barbiturat dan antikonvulsan, kontrasepsi, siklosporin, aspirin, warfarin, siklosporin, ketoconazole, dan beberapa obat lainnya. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau suplemen vitamin untuk mencegah terjadinya interaksi obat.

Efek Samping

kenacort-obat

Penggunaan obat kenacort dapat menimbulkan efek samping pada beberapa kasus. Gejala efek samping akibat konsumsi obat ini umumnya berupa:

  1. Peningkatan tekanan darah
  2. Tukak lambung
  3. Insomnia
  4. Timbul memar atau perubahan warna pada kulit
  5. Kembung
  6. Sakit perut
  7. Moonface
  8. Keringat berlebihan
  9. Sakit kepala
  10. Mual atau muntah
  11. Penurunan nafsu makan
  12. Kelelahan
  13. Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas
  14. Miopati (gangguan otot)
  15. Munculnya jerawat
  16. Nyeri sendi
  17. Imunosupresi (menurunnya sistem kekebalan tubuh)

Gejala efek samping dapat memburuk sewaktu-waktu. Anda perlu segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan jika gejala efek samping memburuk, seperti:

  1. Mengalami gangguan penglihatan
  2. Depresi (Baca juga Kenali Depresi Anak Lebih Dini dan Perawatan yang Tepat)
  3. Napas menjadi pendek
  4. Kejang
  5. Batuk berdarah
  6. BAB disertai darah
  7. Pankreatitis
  8. Penurunan kalium
  9. Penambahan berat badan tanpa penyebab yang jelas.

Cara Penggunaan

Sebelum menggunakan obat ini, pastikan Anda telah membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan atau saran yang disampaikan oleh dokter. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dokter atau apoteker. Jangan gunakan obat ini bersamaan atau dalam jangka waktu yang berdekatan dengan obat-obatan lain. Hal ini guna mencegah terjadinya interaksi obat.

Gunakan obat ini setelah makan untuk menghindari terjadinya gangguan perut. Jangan berhenti menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter. dr. Irma Lidia, salah satu dokter Lifepack juga menambahkan bahwa obat kenacort adalah glucocorticoid yg memiliki efek anti inflamasi dan menekan imun (obat ini sering digunakan untuk mengurangi bengkak, alergi, asma, penyakit autoimun, dll), namun karena efeknya yg menekan imun serta efek samping lainnya, obat ini tidak boleh digunakan sembarangan dan harus sesuai petunjuk dokter

Itulah informasi mengenai obat kenacort, fungsi, dosis, efek samping, dan cara penggunaannya. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini. Jangan lebihkan, mengurangi, atau menghentikan dosis obat tanpa sepengetahuan atau anjuran dari dokter.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Nada Karisma Oktavia

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis