fbpx
BerandaHidup SehatKapan Anak Bisa Menggunakan Skincare?

Untuk orang dewasa, skincare merupakan hal penting yang harus rutin dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Mungkin Anda khawatir akan terhadap kesehatan kulit anak dan beranggapan bahwa anak perlu diberikan skincare secepatnya. Tetapi kapan sebenarnya anak bisa menggunakan skincare? Berapa minimal usia penggunaan skincare? Simak penjelasan lengkap seputar skincare anak di artikel ini.

Berapa Usia Minimal Anak Menggunakan Skincare?

Idealnya Anda dapat memperbolehkan anak untuk menggunakan skincare mulai dari sekitar usia 12 tahun hingga 17 tahun. Jenis skincare yang digunakan hanyalah produk dasar seperti pembersih wajah, pelembab, dan sunscreen. 

Jika anak masih berusia di bawah 12 tahun, kulit anak masih akan bertumbuh dan dapat mengalami berbagai reaksi kulit. Anda cukup memberikan anak usia di bawah 12 tahun dengan produk-produk kulit khusus untuk anak yang biasanya bebas pengawet dan bahan kimia.

Selama masa pubertas, anak boleh menggunakan pembersih khusus untuk minyak dan jerawat jika anak mengalami jerawat. Kandungan asam salisilat dapat digunakan untuk penyembuhan jerawat yang efektif.

Semakin besar, anak dapat mencoba dan mencocokkan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitnya. Pada saat anak menginjak usia awal 20-an, anak seharusnya sudah memiliki skincare rutin. Orang di usia 20-an dapat menggunakan skincare dengan tujuan anti aging yang berbentuk serum dan krim antioksidan untuk memerangi penuaan kulit dan penurunan produksi kolagen.

Ketika memasuki usia 30-an, orang dapat menggunakan produk retinol dan retinoid ke dalam rutinitas perawatan kulit untuk melawan garis-garis halus dan kerutan. Skincare sebaiknya dilakukan hingga menjelang 40 tahun bahkan lebih.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Skincare yang Boleh Dipakai Anak

Anda boleh memberikan skincare kepada anak, tetapi perlu dicatat hanya ada beberapa skincare yang boleh dipakai anak. Berikut daftarnya:

  • Pembersih Wajah

Anda dapat membersihkan wajah anak dengan menggunakan pembersih lembut yang tidak mengandung bahan sintetis atau pewarna. Salah satu pembersih yang bisa Anda gunakan adalah sabun bayi yang dapat membersihkan minyak dan kotoran lain seperti bakteri. Pembersih lainnya yang bisa digunakan adalah Cetaphil. Anda bisa membersihkan wajah anak dengan pembersih lembut setelah anak selesai bermain atau beraktivitas di akhir hari dan pagi hari.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Pelembab

Sabun atau pembersih wajah dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga kulit anak akan menjadi kering dan tidak lembab. Anda dapat memberikan anak krim lotion yang tentunya juga tidak mengandung bahan sintetis atau pewarna serta pengharum. Anak-anak dengan kulit yang sangat sensitif dapat menggunakan pelembab yang mengandung ceramide. Gunakan pelembab setelah mencuci wajah anak.

  • Sunscreen

Sunscreen tidak hanya diperlukan orang dewasa tetapi juga anak-anak. Sinar matahari yang sangat terik dan berlebihan dapat membuat kulit rentan akan kerusakan. Hindari penggunaan sunscreen berbahan kimia yang berpotensi mengiritasi atau berbahaya yang menyerap langsung ke dalam kulit. Oleskan sunscreen pada anak sebelum memulai aktivitas di pagi hari. (Banana Boat Kids – 118 ml – Lotion, sunblock sunscreen spf 50 PA+++ (Rp207.400)).

Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Anak

Anak tidak boleh menggunakan macam skincare yang banyak dan beraneka ragam, selain itu anak juga tidak boleh menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan sebagai berikut:

  • Mengandung Parfum

Produk skincare yang memiliki kandungan parfum dapat memberikan anak masalah alergi, dermatitis, pernapasan, dan efek samping negatif lainnya. Untuk menghindarinya, pastikan pelembab yang Anda pilih bebas pewangi. Anda juga cukup memberikan anak bedak bayi atau skincare khusus anak lainnya alih-alih skincare untuk orang dewasa

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Paraben

Paraben biasanya digunakan sebagai pengawet dalam sabun mandi, sampo, pembersih wajah, dan deodoran. Anda harus mengetahui bahwa paraben dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada anak kecil, jadi sebaiknya hindari juga kandungan ini.

  • Formaldehida

Pengawet formaldehida (FRPs) kadang-kadang digunakan di dalam skincare untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri, tetapi bahan kimia ini juga dapat menyebabkan alergi dan iritasi dan bahkan dapat berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh. Biasanya ditemukan di dalam produk cairan pembersih, pencuci tubuh, kondisioner, atau sampo apa pun yang mengandung bahan ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Sodium lauryl sulfate (SLS)/Sodium laureth sulfate (SLES) 

Bahan yang satu ini dapat ditemukan pada lebih dari 90 persen shampo dan sabun mandi. SLS ini dapat membuat mata dan kulit anak iritasi, serta dapat menimbulkan interaksi buruk dengan produk kimia lainnya.

  • Pewarna sintetis

Seringkali diberi label sebagai FD&C atau D&C, pewarna yang berasal dari sumber minyak bumi atau tar batubara berpotensi mengiritasi anak-anak dan dapat menimbulkan alergi. 

  • Propilen glikol

Propilen glikol adalah alkohol organik yang digunakan pada pelembab dan sunscreen. Namun, alkohol ini dapat menyebabkan dermatitis dan gatal-gatal, bahkan jika hanya memiliki kandungan konsentrasi serendah dua persen. Tentunya Anda harus menjauhkan kandungan ini dari anak.

  • Bahan kimia pada sunscreen

Sunscreen memang pada umumnya memang menggunakan bahan kimia untuk bisa menyerap sinar ultraviolet dengan mudah, tetapi bahan kimia tidaklah baik untuk kulit anak yang masih berkembang. Hindari menggunakan tabir surya yang mengandung bahan kimia seperti benzofenon, avobenzone, PABA, homosalate, dan methoxycinnamate. Anda bisa memilihkan anak sunscreen dengan kandungan dasar Zinc atau titanium.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah tadi penjelasan lengkap untuk skincare anak. Sebelum membelikan dan memakaikan anak sunscreen, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter di Apotek Online Lifepack melalui WhatsApp sekarang. Beli beragam produk skincare lebih murah di Lifepack dengan menggunakan promo diskon.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman