fbpx
BerandaHidup SehatCara Mendapatkan Donor Plasma Darah Konvalesen

Pasien Covid-19 dapat diberikan plasma darah konvalesen sebagai terapi untuk sembuh dari penyakit. Plasma darah tersebut sayangnya tidak dapat berkembang dalam tubuh pasien yang sedang menderita Covid-19, melainkan pada pasien yang telah sembuh. Maka dari itu penderita membutuhkan donor plasma darah konvalesen. Tetapi, tidak banyak yang tahu bagaimana cara mendapatkan donor plasma darah konvalesen yang baik dan benar. Berikut penjelasan lengkap tentang plasma darah konvalesen.

Apa itu Plasma Darah Konvalesen?

Plasma konvalesen adalah cairan antibodi berwarna kuning pekat yang diproduksi secara alami di dalam tubuh manusia, tetapi cairan ini hanya dimiliki oleh penyintas atau seseorang yang telah sembuh dari virus COVID-19. 

Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang berada di dalam plasma. Kadar plasma di dalam darah adalah 55%, sedangkan plasma sendiri terdiri dari 92% air, garam, enzim, antibodi, dan zat pembekuan dan protein, seperti albumin dan fibrinogen.

Dilansir dari PMI, donor plasma konvalesen sudah menjadi salah satu metode resmi yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien COVID-19 yang sedang dirawat. Penggunaan metode donor plasma sudah pernah digunakan untuk menyembuhkan wabah virus lainnya seperti SARS dan MERS.

Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat telah menyimpulkan bahwa plasma konvalesen memiliki tingkat efektivitas yang lebih besar daripada resikonya untuk digunakan mengobati COVID-19. Efek samping yang dapat ditimbulkan dari metode ini adalah gejala ringan seperti demam. Tetapi, pada umumnya pasien tidak mengalami reaksi apapun dan dapat sembuh secara berangsur.

Persyaratan Pendonor Plasma Darah Konvalesen

Tidak semua orang bisa menjadi pendonor. Pendonor plasma konvalesen harus memenuhi syarat-syarat seperti berikut:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Sudah sembuh dari COVID-19
  2. Sehat
  3. Bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh
  4. Memperlihatkan hasil RT PCR negative 1 kali
  5. Berat badan 55 kg
  6. Berusia 18-60 tahun
  7. Disarankan laki-laki

Wanita juga tetap dapat menjadi pendonor, asalkan tidak dalam keadaan hamil atau pernah hamil. Wanita yang pernah melalui proses kehamilan memiliki antibodi HLA atau Human Leukocyte Antigen yang akan terus bertambah. Antibodi HLA dapat memicu terjadinya transfusion related acute lung injury (TRALI) yang dapat menimbulkan pembengkakan paru-paru setelah pasien menerima donor darah.

Para penyintas COVID-19 yang telah memenuhi kriteria tersebut dapat menghubungi UDD PMI. Petugas PMI nantinya akan memeriksa dan mengambil donor plasma konvalesen dengan menggunakan metode aferesis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertama-tama, pendonor akan di-screening terlebih dahulu. Dalam tahap ini, petugas akan memastikan apakah antibodi pendonor dalam keadaan baik. Jika sudah sesuai dengan persyaratan, pengambilan plasma darah kurang lebih mirip seperti pengambilan darah. Tetapi, hanya plasma yang akan diambil dan sisa komponen akan dikembalikan ke tubuh pendonor. Pengambilan plasma konvalesen dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama aferesis yang akan menyaring komponen plasma konvalesen hingga sebanyak 400 ml hingga 600 ml. Waktu yang diperlukan saat pengambilan plasma sekitar 15-30 menit. 

Setelah itu, plasma akan melalui tahap uji lab. Di sini, plasma akan dipastikan sekali lagi apakah bebas dari penyakit menular, seperti hepatitis B, C, HIV, dan sifilis. Plasma darah yang sehat akan disimpan dan akan disalurkan kepada pasien yang membutuhkan.

Namun, seiring dengan bertambahnya pasien COVID-19, PMI tidak selalu memiliki persediaan plasma konvalesen yang cukup untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkan. Maka dari itu sebagian orang menggunakan sosial media untuk mencari sendiri.

Cara Mendapatkan Donor Plasma Darah Konvalesen

Dilansir dari Kompas TV, Kepala Bidang Unit Donor Darah Konvalesen PMI Pusat, dr. Linda Lukitari Waseso, menjelaskan bahwa permintaan donor plasma ini tidak dapat dilakukan dengan langsung mendatangi PMI seperti membeli obat di apotek. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kabid PMI tersebut menyatakan ada alur atau aturan yang harus diikuti jika seseorang membutuhkan donor plasma. Berikut aturannya:

  1. Donor plasma darah hanya boleh diminta oleh dokter penanggung jawab pasien (DPJP). Dokter akan mengetahui kapan plasma boleh dan tidak boleh diberikan kepada pasien
  2. Dokter akan menginformasikan rumah sakit untuk meminta donor plasma
  3. Rumah sakit akan mengisi formulir donor plasma dan mengirimkan permintaan donor kepada PMI.
  4. PMI akan mencocokkan sampel darah dengan plasma dari pendonor.
  5. Jika cocok, PMI akan memberikan plasma melalui rumah sakit.

Tetapi, kabid PMI menjelaskan kembali cara mendapatkan donor plasma darah konvalesen ini dapat direspon berbeda jika stok darah di PMI memang sudah dinyatakan habis. Keluarga pasien diperbolehkan untuk mencari donor darah dengan cara mengontak orang-orang disekitarnya, asalkan sudah mengantongi surat permintaan donor darah dari pihak dokter dan rumah sakit. Setelah mendapatkan donor, keluarga pasien dapat membawa plasma darah ke PMI untuk dicocokkan terlebih dahulu.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika Anda atau anggota keluarga perlu melakukan isolasi mandiri, manfaatkan Paket Isoman dari Lifepack. Paket Isoman A (Rp217.339) akan memenuhi kebutuhan Anda akan Vitamin D3 1000IU Vitamin C 1000mg dan selama masa melawan Covid-19.

Selalu jaga kesehatan di tengah pandemi dengan makan makanan sehat dan minum asupan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Jaga juga protokol kesehatan agar saling menjaga kesehatan di lingkungan yang baik.

Jika Anda mengalami gejala COVID-19 atau penyakit lainnya, segera konsultasi dengan dokter tepercaya di Apotek Online Lifepack melalui WhatsApp sekarang. 

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman