fbpx
BerandadirektoriPenyakitVaginismus: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Vaginismus adalah suatu kondisi dimana vagina tidak dapat dipenetrasi apa pun. Vaginismus merupakan penyakit yang khusus dialami oleh wanita, tetapi bukan merupakan penyakit langka. Biasanya penderita baru akan menyadari penyakit ini saat akan melakukan hubungan seksual. Berikut penjelasan lengkap akan gejala, penyebab, cara mengatasi vaginismus.

Pengertian

Vaginismus merupakan kondisi tubuh yang menolak segala jenis penetrasi ke dalam vagina. Setiap kali penetrasi dicoba, otot-otot vagina akan menegang dengan sendirinya sehingga vagina tertutup dengan rapat dan terasa sakit jika dipaksa penetrasi lebih lanjut. 

Penderita biasanya tidak memiliki kendali atas kondisi ini dan baru didiagnosa ketika melakukan aktivitas yang memerlukan penetrasi vagina seperti pemeriksaan medis, hubungan seksual, atau pemasangan tampon sekalipun. Gejala vaginismus dapat muncul selama fase pubertas atau sesaat setelah pubertas ketika seseorang melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya. 

Pada beberapa kasus, vaginismus juga dapat muncul bahkan setelah penderita sebelumnya telah menikmati penetrasi tanpa rasa sakit. Beberapa wanita dapat tiba-tiba menderita vaginismus setelah bertahun-tahun melakukan penetrasi dengan lancar dan tanpa masalah. Beberapa wanita juga mengalami penyakit ini hanya pada waktu-waktu tertentu seperti saat berhubungan seks atau pemeriksaan vagina yang mengharuskan vagina kontak dengan orang atau benda asing.

Vaginismus sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis:

  • Primer: ketika penetrasi vagina tidak pernah bisa dilakukan
  • Sekunder: ketika penetrasi vagina pernah dilakukan, tetapi tidak mungkin lagi. Jenis vaginismus ini memiliki kemungkinan dikarenakan faktor-faktor seperti operasi ginekologi, trauma, atau radiasi.

Vaginismus dapat mempengaruhi kehidupan seks dan hubungan penderita dengan pasangan, serta mempengaruhi kesehatan mental seperti kecemasan dan kepercayaan diri yang rendah. Vaginismus juga dapat membuat pasangan yang sedang berusaha hamil untuk berusaha lebih keras dibanding pasangan lainnya. Namun, vaginismus tidak selalu mempengaruhi kemampuan penderita untuk terangsang dan menikmati jenis kontak seksual lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beberapa wanita juga ditemukan mengalami vaginismus hanya setelah menopause. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan kurangnya pelumasan dan elastisitas vagina seiring kadar estrogen turun, sehingga hubungan seksual menjadi menyakitkan atau menyebabkan stress.

Gejala

Ada pun gejala vaginismus bervariasi antar individu, tetapi berikut beberapa gejala yang pada umumnya ditemukan:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Rasa sakit, nyeri, hingga sensasi terbakar pada vagina saat berhubungan seksual (dispareunia)
  • Sulit atau tidak bisa melakukan penetrasi
  • Rasa nyeri pada vagina dalam jangka panjang tanpa diketahui penyebabnya
  • Rasa nyeri saat memasukkan tampon
  • Rasa nyeri saat pemeriksaan ginekologi
  • Mengalami kejang otot atau sesak napas selama berhubungan seksual
  • Seluruh nyeri yang disebutkan dapat muncul dalam skala ringan hingga berat.

Penderita vaginismus masih tetap dapat terangsang secara seksual, tetapi kondisi ini mungkin akan menyebabkan kecemasan berlebih sehingga penderita mencoba untuk menghindari seks atau penetrasi vagina.

Penyebab

Sampai sekarang, penyebab utama vaginismus belum ditemukan tetapi para pakar medis memperkirakan penyebab utama adalah masalah fisik, psikologis, dan seksual. Seseorang dengan infeksi kandung kemih dan infeksi jamur dapat memperburuk resiko dan nyeri vaginismus.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan vaginismus meliputi:

  • Gangguan kecemasan
  • Cedera saat melahirkan, seperti robekan pada vagina
  • Sejarah operasi pada area vagina
  • Ketakutan akan seks atau perasaan negatif tentang seks yang dapat bersumber dari pelecehan seksual, pemerkosaan, atau trauma di masa lalu
  • Dalam beberapa kasus, tidak ada penyebab langsung yang dapat ditemukan

Jika Anda merasa menderita vaginismus, segera lakukan pemeriksaan fisik kepada dokter spesialis kelamin. Anda juga harus memberitahukan riwayat kesehatan dan seksual Anda, dengan begitu penyebab dan pengobatan akan lebih mudah ditemukan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi vaginismus, dokter perlu mengetahui riwayat kesehatan penderita dan mungkin melakukan pemeriksaan fisik. Beberapa penyakit seperti infeksi perlu diobati terlebih dahulu sebelum penyakit bisa ditangani. Dokter juga mungkin akan memberikan obat untuk mengurangi kejang otot dan perasaan negatif yang berlebihan.

Ada pun beberapa cara mengatasi yang dilakukan pada penderita vaginismus sebagai berikut:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Latihan kontrol panggul: Pasien harus melakukan aktivitas kontraksi dan relaksasi otot, atau latihan kegel, untuk meningkatkan kontrol otot-otot di panggul.
  • Pendidikan dan konseling: Dokter akan memberi informasi tentang anatomi seksual dan siklus respons seksual yang dapat membantu individu memahami rasa sakit dan sistem tubuh mereka.
  • Pendidikan dan pelatihan emosional: Pasien dapat mengidentifikasi, mengekspresikan, dan mengatasi faktor emosional yang dapat mempengaruhi kondisi mereka.
  • Latihan mengurangi kepekaan terhadap penetrasi: Pasien akan didorong untuk menyentuh area vagina sedekat mungkin setiap hari hingga. Pasien akan didorong untuk menyentuh dan membuka bibir vagina, atau labia. Aktivitas ini dilakukan agar pasien memahami dan mengenal tubuhnya secara langsung.
  • Latihan penetrasi atau pelebaran: Pasien dapat belajar menggunakan dilator plastik, atau sisipan berbentuk kerucut dan membiarkannya selama 10 sampai 15 menit hingga otot terbiasa dengan tekanan. Tahap ini dapat dilakukan dengan bantuan dari pasangan.

Waktu yang diperlukan agar vaginismus berhasil ditangani tentunya akan tergantung pada individu. Latihan dapat menggunakan alat yang dapat menambahkan kenyamanan saat berhubungan intim seperti pelumas dari DUREX PLAY FEEL 50 ML – Pelumas Organ Intim Pria (Rp66.100). Usahakan untuk selalu konsultasi dengan dokter spesialis kelamin.

Ingin berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan? Anda bisa berkonsultasi dengan tim dokter terpercaya Lifepack melalui WhatsApp di link ini. Unduh juga aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman