fbpx

Kanker Gusi: Penyebab, Ciri-ciri, Pengobatan, dan Pencegahan

Sep 15, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Apa Itu Kanker Gusi?

Gusi merupakan salah satu bagian tubuh yang terletak di dalam rongga mulut. Fungsi gusi sendiri yang paling utama adalah tempat melekatnya gigi dan terhubung dengan sistem saraf. Kesehatan gusi, menjadi satu paket dengan kesehatan mulut. Di pasaran produk-produk perawatan mulut pun sudah termasuk ke dalam perawatan gusi. Biasanya, apabila kesehatan mulut terganggu, akan memicu masalah pada gusi. Begitupun sebaliknya. Misalnya saja kanker gusi yang notabene masih termasuk ke dalam kanker rongga mulut.

Kanker gusi adalah penyakit yang bisa dipicu dari peradangan yang terjadi dan tidak disembuhkan. Karang gigi yang menetap lama sehingga tumbuh sel kanker di mulut. Beberapa ciri gejala awal kanker gusi yaitu peradangan yang tak kunjung sembuh, hingga mengakibatkan gusi bengkak sampai menutupi gigi, kemudian gigi goyang dan copot dengan sendirinya, adanya luka yang tak kunjung sembuh di gusi, pendarahan pada gusi dan sering diabaikan.

Faktor Risiko Kanker Gusi

Selain kebersihan dan kesehatan mulut yang buruk, kanker gusi juga bisa terjadi pada orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Seperti merokok, minum alkohol, dan mengunyah tembakau. Alkohol yang biasanya sebagai pemicu kanker hati, bisa juga sebagai pemicu kanker rongga mulut termasuk kanker gusi di dalamnya. Hal ini terutama hasil cerna alkohol menjadi asetaldehida. Begitu juga pada orang yang gemar mengunyah tembakau. Biasanya di daerah yang memiliki budaya ini, akan sering ditemukan kasus orang dengan kanker gusi.

Campuran bahan untuk mengunyah tembakau yaitu pinang, gambut, dan endapan kapur membuat sel dalam tubuh tidak dapat berkembang sewajarnya, sehingga hal tersebut memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Begitupun dengan merokok. Bahan baku yang sama dengan mengunyah tembakau membuat orang yang mempunyai kebiasaan merokok memiliki risiko terkena kanker gusi.

Kanker gusi sendiri lebih rentan muncul pada orang yang memiliki gen yang berpotensi memiliki kanker atau sering disebut juga onkogen. Biasanya hal tersebut terjadi pada keturunan sebelumnya yang memiliki kanker, meskipun bukan kanker gusi. Gen tersebut akan semakin muncul apabila didukung dengan gaya hidup yang tidak sehat. Gen kanker yang di dalam tubuh akan semakin berkembang biak bila orang tersebut mengunyah tembakau, merokok, ataupun minum alkohol.

Kanker gusi adalah kanker yang mayoritas dimiliki oleh warga Asia. Sekitar 20% warga Asia menderita kanker gusi. Berita buruknya sekitar 11% berada di Asia tenggara. Hal ini seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kebiasaan masyarakatnya yang mengunyah tembakau dengan endapan kapur, membuat kanker ini banyak diderita oleh masyarakat Asia Tenggara. Termasuk Indonesia. Selain itu, kesadaran masyarakat akan kebersihan gigi dan mulut menjadi pemicu timbulnya kanker ini. Berikut adalah beberapa penyebab yang sering menjadi pemicu kanker gusi.

Penyebab Kanker Gusi

1. Konsumsi Alkohol

Alkohol selain merusak hati, tentu dapat merusak sel di dalam rongga mulut. Bahkan menyebabkan perkembangan sel menjadi abnormal, sehingga memicu timbulnya kanker.

2. Merokok

Kandungan racun yang ada di rokok tentu lambat lain akan menumpuk di mulut dan gusi. Hal tersebut menyebabkan sel kanker berkembang dan bila tidak segera ditangani akan menyebar.

3. Menyebarnya HPV (Human Papillomavirus) dalam Mulut

Virus yang biasanya berada di serviks ini, bisa terdapat di mulut pada penganut seks dengan menggunakan oral.

4. Ekspos Toksin di Dalam Mulut

Sama seperti rokok, racun dari polusi dan makanan yang menumpuk di gusi lambat laun menjadi penyebab kanker gusi.

5. Kebiasaan Mengunyah Tembakau

Kandungan tembakau yang sama dengan rokok mengakibatkan mulut akan dipenuhi zat toksin yang menumpuk.

6. Mengidap Penyakit Tertentu

Biasanya pada keluarga yang memiliki riwayat kanker, akan menjadi pemicu bila tak menjaga pola hidup.

Ciri-ciri Kanker Gusi

Di masyarakat, kanker gusi pada umumnya  telah terdeteksi ketika telah mencapai stadium akhir. Banyak masyarakat yang awalnya abai terhadap ciri-ciri kanker gusi dan menganggap hal tersebut adalah sakit biasa. Sehingga ketika awal penyakit merebak tak ada penangan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Pada akhirnya, kanker telah diketahui menyebar dan telah banyak merusak sel-sel hidup dalam mulut. Berikut adalah ciri-ciri kanker gusi yang patut diwaspadai.

  • Mudah lepasnya gigi
  • Melunak atau mengerasnya gusi
  • Pada area gigi dan gusi tidak dapat merasakan apapun atau kebas
  • Noda putih dan merah muncul pada area gusi
  • Kekuatan gusi melemah menahan gigi
  • Pendarahan baik ringan maupun berat pada gusi
  • Abses atau bisul pada area gusi
  • Kemampuan mengunyah menurun
  • Air liur berlebihan

Cara Mengobati Kanker Gusi

Mengobati kanker gusi disesuaikan dengan tingkat penyebaran kanker itu sendiri. Apabila sudah terlanjur terkena kanker gusi tentunya harus menghadapi berbagai macam pengobatan dan patuh dalam menjalaninya. Biasanya obat kanker gusi diberikan sesuai dengan tingkat keparahan dan jenis pengobatan yang diberikan. Perlu diingat, semakin dibiarkan kanker semakin menyebar dan status kanker semakin meningkat misalnya, dari stadium satu meningkat menjadi stadium dua atau tiga, bahkan stadium empat. Berikut, adalah pengobatan untuk penderita kanker gusi.

  • Operasi
  • Radioterapi
  • Kemoterapi
  • Terapi obat kanker gusi tertarget

Pencegahan Kanker Gusi

Ada baiknya untuk mencegah terjadinya kanker gusi kita harus menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Menghindari pemicu kanker gusi seperti yang telah dijelaskan di atas dan rajin menjaga kebersihan gusi serta periksa gigi rutin enam bulan sekali ke dokter gigi dapat membantu mencegah kita terkena kanker tersebut. 

Temukan solusi tebus obat mudah dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Lifepack merupakan apotek digital yang mempermudah Anda terutama pasien dengan penyakit kronis untuk menjangkau obat-obatan.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis