Keracunan merupakan hal yang bisa membahayakan nyawa. Keracunan yang kerap terjadi adalah keracunan makanan yang menyebabkan penderitanya mengalami gejala yang cukup serius hingga harus memerlukan perawatan di rumah sakit. Sayangnya tidak semua rumah sakit berada dekat dengan pemukiman penduduk sehingga ada kemungkinan jika pasien keracunan akan semakin parah.

Jika hal itu terjadi maka hal yang bisa Anda lakukan adalah mencoba memuntahkan makanan atau obat-obatan yang menyebabkan keracunan. Namun, memaksakan seseorang untuk muntah tidaklah mudah. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman jika dilakukan secara sembarangan justru malah bisa memperburuk kondisi orang yang tengah keracunan.

Informasi

Ipecac tincture sendiri sebenarnya merupakan tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan. Sering ditemukan dalam bentuk sirup atau cairan yang banyak digunakan pada pasien-pasien darurat. Ipecac tincture merupakan obat yang hanya digunakan berdasarkan resep dokter namun di negara-negara tertentu Ipecac bisa digunakan tanpa resep dokter. 

Ipecac tincture atau kerap disebut Ipecac merupakan obat yang kerap digunakan tenaga medis untuk menstimulasi pasien untuk muntah. Biasanya obat ini digunakan untuk menangani pasien dengan gejala keracunan. Obat ini bekerja dengan mengiritasi sistem pencernaan perut serta menstimulasi otak untuk muntah.

Selain digunakan untuk penanganan keracunan, Ipecac tincture juga bisa digunakan untuk berbagi hal lainnya. sebagai contoh, kerap digunakan untuk mengobati bronkitis yang disertai dengan infeksi saluran pernapasan pada anak-anak, infeksi amoebiasis, mengencerkan lendir dan dahak agar lebih mudah dikeluarkan serta digunakan pada pasien kanker. Selain itu, dosis kecil dari obat ini bisa digunakan untuk merangsang nafsu makan.

Dosis

Berikut penerapan dosis yang disarankan:

Orang Dewasa

Pada pasien dewasa, petugas kesehatan biasanya akan memberikan Ipecac tincture sebanyak 15-30 ml sebanyak 1 kali lalu dilanjutkan dengan pemberian 240 ml air putih. Jika gejala mual tidak terjadi maka pasien akan diberikan tambahan Ipecac tincture sebanyak 15-30 ml untuk kedua kali lalu dilanjutkan dengan pemberian air putih 240 ml. 

Karena obat ini tidak boleh diberikan lebih dari 60 ml, maka biasanya dokter akan melakukan bilas lambung bila pasien tidak kunjung muntah setelah diberikan dosis kedua.

Anak-anak

Ipecac tincture tidak disarankan untuk digunakan pada anak-anak yang berusia kurang dari 6 bulan. Pada anak yang berusia 6-12 bulan akan diberikan dosis sebanyak 5-10 ml sekali lalu dilanjutkan dengan pemberian 120-240 ml air minum pada pasien. Penting untuk diketahui jika pasien yang masih bayi harus diposisikan dengan hati-hati agar muntahan tidak masuk ke saluran pernafasan anak.

Sedangkan pada anak berusia diatas 12 tahun, dosis yang disarankan adalah sebanyak 30 ml sekali yang dilanjutkan dengan pemberian 240 ml air minum. Namun, jika rasa mual tidak kunjung timbul setelah 30 menit maka dokter akan melakukan prosedur yang sama seperti yang digunakan pada pasien dewasa terutama jika dosis kedua tidak berhasil.

Penting untuk diketahui jika dokter anak tidak menyarankan penggunaan Ipecac tincture secara rutin pada penanganan keracunan oleh masyarakat biasa. Ipecac tincture sebaiknya hanya diberikan kepada pasien oleh tenaga kesehatan yang telah berpengalaman.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Ipecac tincture sebaiknya tidak diberikan setelah pasien menelan at-zat seperti caustic agent, obat-obatan yang menekan sistem saraf pusat serta obat-obatan yang bisa memicu kejang-kejang. 

Selain itu beberapa makanan dan minuman sebaiknya tidak diberikan secara bersamaan dengan Ipecac tincture. Sebagai contoh makanan yang mengandung arang sangat tidak disarankan karena arang bisa mengurangi keefektifan obat ini. Selain arang, soda dan susu juga sebaiknya tidak diberikan bersamaan dengan Ipecac tincture.

Kelompok Orang Berisiko

Penggunaan pada anak yang masih berusia dibawah 1 tahun sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan khusus karena belum ada jaminan akan keamanan Ipecac tincture digunakan pada pasien dengan rentang umur tersebut. 

Selain itu, wanita hamil dan ibu menyusui juga cukup beresiko. Oleh karena itu sebaiknya Anda memberitahu petugas kesehatan jika sedang hamil atau menyusui jika akan diberikan Ipecac tincture.

Pasien yang sedang berada dalam keadaan tidak sadar atau pasien yang belum diketahui penyebab keracunannya sebaiknya tidak menggunakan Ipecac tincture. Lalu pasien yang mengalami infeksi saluran pencernaan serta penderita penyakit jantung juga sebaiknya tidak menggunakan Ipecac tincture.

Efek Samping

Penggunaan Ipecac tincture biasanya akan memberikan efek samping yang cukup ringan. Biasanya Anda akan mengalami rasa kantuk yang cukup berat lalu bila diberikan dengan dosis yang cukup besar bisa mengakibatkan gejala seperti diare, meningkatnya detak jantung, nyeri dan kesulitan bernafas.

Cara Konsumsi

Ipecac tincture diberikan secara langsung melalui mulut pasien. Pemberian obat ini harus dilakukan dengan pengawasan petugas kesehatan karena bisa mengakibatkan gangguan serius bila dilakukan oleh yang belum berpengalaman. 

Karena digunakan untuk menangani keracunan, maka sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih makanan setelah diberikan Ipecac tincture.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?