fbpx

Homochlorcyclizine HCl

Sep 2, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf H | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Homochlorcyclizine HCl merupakan jenis obat golongan antihistamin yang berfungsi mengatasi gejala alergi. Histamin adalah sebuah zat yang dapat menyebabkan gejala alergi seperti gatal-gatal, bersin, mata air, hidung berair, dan alergi lainnya. 

Obat homochlorcyclizine hcl termasuk kategori obat keras yang penggunaannya harus mendapatkan resep dari dokter. Obat ini tergolong dalam kelas terapi sebagai antihistamin dan antialergi. Homochlorcyclizine hcl tersedia dalam kemasan bentuk tablet.

Informasi

Tubuh manusia tentunya memiliki sistem imun yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai mikroba asing yang akan masuk ke dalam tubuh seperti virus, jamur dan lainnya. Mikroba tersebut dianggap sebagai benda asing sehingga sistem imun akan membantu mengeluarkan benda asing itu dengan respon imun untuk membasminya. 

Respon imun dapat berupa reaksi alergi dan alergi-alergi yang ditimbulkan gejalanya dapat berbeda-beda. Dalam meredakan reaksi alergi, penggunaan homochlorcyclizine sangat baik karena terdapat kandungan antihistamin. Dengan antihistamin ini, maka reaksi alergi diharapkan dapat berkurang. 

Cara kerja obat homochlorcyclizine ini yaitu untuk menurunkan efek dari zat histamin yang terdapat dalam tubuh. Obat ini memiliki sifat antagonis yang fungsinya dapat menghambat aksi dari bradikinin serta SRS-A atau Slow Reacting in Anaphylaxis. 

Obat homochlorcyclizine mampu mengatasi berbagai penyakit alergi termasuk dermatitis dan rhinitis (radang selaput hidung). Kandungan dari obat ini diindikasikan untuk mengatasi asma, batuk alergi, gatal-gatal, demam musiman, angioedema, urtikaria (biduran), dan infeksi kulit. Obat homochlorcyclizine hanya dikonsumsi oleh orang dewasa saja, maka tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak-anak. 

Dosis

Dosis yang dialami pasien akan berbeda-beda bergantung pada kondisi medis pasien. Pemberian dosis disesuaikan dengan instruksi dan anjuran dari dokter. Dosis yang diberikan pada obat homochlorcyclizine dalam bentuk oral untuk orang dewasa yaitu 10-20 mg sebanyak 3 kali sehari. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Anda perlu menghubungi dokter terlebih dahulu jika sedang menggunakan obat-obatan lain seperti vitamin, suplemen, dan obat herba. Jika Anda sedang mengonsumsi obat jenis antimuskarinik lain seperti atropine, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat homochlorcyclizine karena dapat menyebabkan ketergantungan. 

Obat homochlorcyclizine dapat menutupi efek keracunan di bagian telinga dari obat ototoksik seperti aminoglikosida. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi obat homochlorcyclizine jika Anda sedang sering mengonsumsi alkohol, hal ini dikarenakan dapat meningkatkan efek sedatif atau menenangkan.

Kelompok Orang Berisiko

Jika Anda sedang mengalami penyakit penyumbatan saluran kemih, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi obat homochlorcyclizine karena akan menimbulkan kontraindikasi dan mengurangi kinerja pada obat ini. Anda tidak disarankan menggunakan obat ini jika mengalami masalah glaukoma. 

Jika Anda termasuk orang yang memiliki hipersensitivitas atau alergi tertentu khususnya obat homochlorcyclizine, maka tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini. Obat homochlorcyclizine ini sebaiknya tidak digunakan bagi Anda yang sedang dalam proses kehamilan atau program menyusui. 

Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini jika sedang melakukan kegiatan seperti mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena efek samping dari obat ini umumnya dapat menyebabkan kantuk sehingga kemungkinannya dapat membahayakan Anda.  

Efek Samping

Setiap penggunaan obat tentunya memiliki efek samping tertentu, termasuk obat homochlorcyclizine juga terdapat efek samping yang meliputi:

Nyeri kepala, gangguan pergerakan, produksi dahak mengental, penglihatan kabur, kesulitan buang air kecil, konstipasi, kejang, anoreksia, diare atau konstipasi, mual dan muntah, mulut terasa kering, sukar mengeluarkan dahak, hingga terjadinya asam lambung yang naik ke tenggorokan

Penekanan sistem saraf pusat dengan efek bervariasi. Umumnya efek dari obat homochlorcyclizine dapat menyebabkan kantuk hingga tidur lelap, tubuh terasa lemah, gangguan psikomotorik, pusing dan keseimbangan tubuh menurun.

Namun, tidak semua efek samping di atas terjadi akibat penggunaan obat homochlorcyclizine. Beberapa gejala lain mungkin bisa saja terjadi dan belum terdeteksi secara pasti. Jika Anda merasa ragu dengan gejala efek samping yang Anda alami setelah menggunakan homochlorcyclizine, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Konsumsi

Penggunaan obat homochlorcyclizine harus sesuai dengan anjuran serta instruksi dokter dan pastikan Anda telah membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. Obat homochlorcyclizine sebaiknya dikonsumsi setelah makan. 

Cara penggunaanya yaitu telan langsung obat ini secara utuh dengan bantuan air putih. Anda tidak diperbolehkan menghancurkan obat atau mengonsumsi dengan cara dikunyah. Gunakan obat secara rutin dan teratur agar mendapatkan manfaat dan hasil yang maksimal. 

Agar membantu Anda mengingat, sebaiknya konsumsi obat homochlorcyclizine pada waktu yang sama setiap harinya. Jika Anda lupa untuk mengonsumsi homochlorcyclizine, Anda bisa langsung segera meminumnya setelah Anda teringat asalkan jarak antara jadwal konsumsi Anda tidak terlalu dekat. Simpanlah obat ini ditempat yang sejuk dan sering serta hindari paparan sinar matahari. Letakkan di tempat yang aman dan hindari obat dari jangkauan anak-anak.

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis