fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Idoxuridine adalah suatu antivirus yang bekerja untuk mengobati infeksi mata yang disebabkan oleh virus herpes simplex dan varicella zoster, dan juga terbukti menghambat virus vaccinia, cytomegalovirus, dan adenovirus.

Informasi

Idoxuridine digunakan untuk perawatan, kontrol, pencegahan, penghambat, dan perbaikan penyakit dengan kondisi dan gejala berikut ini :

  • Infeksi kulit
  • Infeksi mata
  • Infeksi organ reproduksi
  • Infeksi herpes simpleks pada kulit
  • Infeksi organ reproduksi eksternal 
  • Infeksi daerah mata eksternal.

Dosis

Obat Idoxuridine harus memiliki resep dari dokter untuk mengonsumsinya. Obat ini berbentuk obat tetes dan topikal,berikut dosis dan takarannya :

Dosis obat tetes mata untuk mengatasi herpes simpleks keratitis.

  • Dewasa : berupa larutan 0,1 %, teteskan 1 tetes pada mata yang sakit setiap jam. Ulangi setiap 2 jam atau 4 jam sehari. Lanjutkan pengobatan setidaknya selama 7 hari lamanya.

Dosis topikal/penggunaan pada kulit untuk mengatasi herpes simpleks kulit dan herpes zoster.

  • Dewasa : berupa obat olahan 5 % oleskan pada luka sebanyak 4 kali selama 4 hari. Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakan obat pada tempatnya yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.

Periksalah dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengonsumsi obat. 

Kontraindikasi

Hipersensitivitas pada obat idoxuridine adalah sebuah kontraindikasi, hentikan bila terjadi alergi terhadap obat tersebut. Karena bila diteruskan akan mengakibatkan efek samping yang serius.

Interaksi dengan Obat Lain

Obat-obat yang mungkin akan berinteraksi dengan obat idoxuridine adalah sebagai berikut :

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen obat. sempan daftar semua produk obat yang sedang Anda konsumsi saat ini ( termasuk obat resep, non resep, dan herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obat di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Hindari mengonsumsi asam borat saat sedang berada dalam pengobatan idoxuridine.

Kelompok Orang Berisiko

Penggunaan obat idoxuridine untuk ibu hamil dan menyusui sebelumnya harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk pertimbangan potensi manfaat dan risiko saat mengonsumsi obat tersebut. Obat idoxuridine tidak diperbolehkan digunakan dengan mengonsumsi alkohol dan tembakau karena akan mengakibatkan interaksi.

Efek Samping

Efek samping sering terjadi setiap penggunaan obat, efek yang ditimbulkan pun berbeda-beda. Obat idoxuridine juga memiliki beberapa efek samping, seperti : 

  • Pemberian obat tetes mata : iritasi pada mata, radang pada mata atau kelopak mata, rasa sakit atau nyeri, fotopobia (penglihatan kabur), pruritus, konjungtivitis, edema.

Efek samping yang jarang timbul : oklusi saluran lakrimal, reaksi hipersensitivitas dan kerusakan kornea (penggunaan jangka panjang)

  • Pemberian obat topikal : iritasi pada mata, rasa panas, reaksi hipersensitivitas, maserasi kulit (bila diterapkan secara berlebihan)

Jika setelah menggunakan obat idoxuridine terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan semakin memburuk, segera datangi dokter Anda atau layanan kesehatan apoteker terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Cara Konsumsi

Cara mengonsumsi obat idoxuridine, yaitu gunakan tetes mata obat idoxuridine persis seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda tidak mengerti arahan tersebut, tanyakan kepada apoteker, perawat, atau dokter untuk mendapatkan penjelasan. Cuci tangan Anda sebelum menggunakan obat tetes mata tersebut. Untuk menggunakan obat tetes mata, caranya adalah :

Miringkan sedikit kepala Anda dan tarik kelopak mata ke bawah. Posisikan pipet di atas mata Anda. Lihat ke arah pipet tersebut, lalu teteskan dan tutup mata Anda. Tekan secara lembut ke sudut dalam mata ( dekat hidung) selama 1 menit untuk mencegah cairan turun ke saluran air mata Anda. Jika Anda menggunakan lebih dari satu tetes di mata Anda yang sama atau pada kedua mata, ulangi tetesan selang 5 menit kemudian.

Jagalah agar pipet tidak terkena apapun atau kotor, termasuk pada mata atau tangan. Pipet tersebut harus tetap sterik, agar pipet tidak terkontaminasi sehingga dapat menyebabkan infeksi pada mata Anda. Jangan menggunakan obat tetes mata yang sudah berubah warna atau mengandung partikel di dalamnya. Simpan obat idoxuridine pada suhu ruangan atau sejuk, jauh dari panas atau sinar matahari langsung , dan tempat yang lembab. Tutuplah botol sebaik mungkin.

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis