fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Homatropina-HBr atau cendo homatro merupakan jenis obat tetes mata untuk penyakit mydriasis. Mydriasis adalah penyakit yang mengakibatkan pembesaran pada bola mata (pupil). Kondisi tersebut biasanya diakibatkan oleh penyakit lainnya, luka, kecelakaan atau pun efek samping dari penggunaan obat. Homatropina-HBr ini cara kerja obatnya yaitu dengan mengendurkan otot-otot di iris mata (bagian berwarna) yang mengakibatkan akomodasi mata. 

Informasi

Fungsi dari homatropina-HBr dapat digunakan untuk terapi pembesaran bola mata secara berlebihan atau terjadinya kelumpuhan pada iris mata. Obat ini digunakan sebelum pengecekan mata (refraksi), sebelum dan sesudah operasi mata, dan mengobati kondisi mata tertentu (uveitis). 

Homatropina-HBr dapat berfungsi melebarkan pupil mata serta untuk menurunkan tekanan di dalam mata setelah melakukan operasi. Obat ini termasuk jenis golongan obat keras sehingga obat ini tidak dapat dibeli tanpa resep dokter. Homatropina-HBr ini tergolong dalam kelas obat antikolinergik yang bertugas menghambat respons otot sphincter kolinergik. 

Dosis

Dosis yang diberikan dalam penggunaan obat homatropina-HBr harus berdasarkan anjuran dokter. Dosis yang umum dalam penggunaan Homatropina-HBr yaitu:

  1. Kondisi mydriasis dan refraksi mata
  • Pada orang dewasa: larutan sebagai homotropin hidrobromida 2% atau 5%, teteskan obat sebanyak 1-2 tetes, lalu lakukan berulang 5-10 menit sekali sehari jika diperlukan
  • Pada anak-anak (di atas usia 3 bulan): larutan 2% homotropin hidrobromida, gunakan 1 tetes dan ulangi dengan interval 10 menit sekali sehari
  1. Kondisi uveitis
  • Pada orang dewasa: 2% atau 5% gunakan 1-2 tetes dan berikan sebanyak 2-3 kali sehari tau setiap 3-4 jam sesuai kebutuhan
  • Pada anak-anak (usia di atas 3 bulan) : 2% gunakan 1 tetes ke dalam mata sebanyak 2-3 kali sehari

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Anda perlu menghubungi dokter terlebih dahulu jika sedang menggunakan obat-obatan lain seperti suplemen, vitamin dan obat herbal. Anda tidak dianjurkan menggunakan Homatropina-HBr jika sedang menggunakan obat antipsikotik dan parasimpatomimetik. Beberapa obat-obatan lain yang berkontraindikasi dengan Homatropina-HBr yaitu antihistamin, fenotiazin, TCA, dan MAOI. 

Kelompok Orang Berisiko

Anda tidak diperbolehkan menggunakan obat homatropina-HBr jika memiliki riwayat penyakit glaukoma primer.  Jika Anda sedang dalam kondisi hamil atau menyusui sebaiknya Anda hubungi dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan homatropina-HBr. Anda tidak dianjurkan menggunakan obat ini jika memiliki masalah pada kornea atau sindrom down. 

Jika Anda sebelumnya pernah merasakan mati rasa akibat kerusakan saraf, gangguan prostat, penyumbatan kandung kemih, atau kesulitan buang air kecil, maka Anda tidak disarankan untuk menggunakan obat homatropina-HBr. Memiliki alergi terhadap obat-obatan khusus pada obat homatropina-HBr, maka sebaiknya Anda tidak menggunakannya. 

Efek Samping

Penggunaan homatropina-HBr memiliki beberapa efek samping yang mungkin terjadi di antaranya:

  • Efek samping utama: pupil mata membesar, peningkatan tekanan air mata, sensitif terhadap cahaya, hipertermia, dan penyumbatan saluran darah dekat mata
  • Gangguan pada mata: iritasi mata atau terasa seperti terbakar, konjungtivitis folikuler, midriasis, eksudat, kongesti vaskular dan penglihatan kabur
  • Gangguan pada gastrointestinal: mulut terasa kering
  • Gangguan pada metabolism: terjadinya edema
  • Gangguan pada kesadaran: lebih mudah mengantuk
  • Gangguan pada kulit: dermatitis eksim atau peradangan kulit
  • Kesulitan bernapas
  • Detak jantung lebih cepat

Jika Anda merasa khawatir dengan efek samping setelah menggunakan obat ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Cara Konsumsi

Cara penggunaan cendo homatro untuk tetes mata, Anda sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu. Agar terhindar kontaminasi, Anda tidak menyentuh ujung pipet atau membiarkan menyentuh mata dan permukaan lainnya. Jika Anda sedang menggunakan lensa kontak, maka sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes. 

Anda tunggu sekitar 15 menit sebelum mengganti lensa kontak. Cara menggunakan tetes matanya yaitu dengan memiringkan kepala Anda ke belakang, lalu mata Anda melihat ke atas dan tarik ke bawah kelopak mata untuk membuat kantongnya. Anda pegang pipet di atas mata kemudian teteskan satu tetes saja ke dalam mata. 

Pada saat pengobatan Anda tidak diperbolehkan berkedip atau menggosok mata Anda. Jika Anda menggunakan obat ini secara teratur, maka gunakanlah sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, di setiap 3 hingga 4 jam atau seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda. 

Anda tidak diperbolehkan membilas pipet, sebaiknya ganti tutup pipet setelah penggunaan. Anda tidak boleh menggunakan larutan jika terdapat perubahan warna menjadi coklat atau berkeruh atau terdapat kandungan partikel. Jika Anda sedang menggunakan obat lain, sebaiknya tunggu 5 hingga 10 menit sebelum menggunakan obat lainnya. 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan obat ini secara rutin dan teratur. Agar membantu Anda mengingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya. Jika kondisi anda semakin memburuk atau tidak kunjung membaik, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter.

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis