fbpx

Hidrokortison Asetat

Sep 4, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf H | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Hidrokortison asetat merupakan salah satu obat di apotek yang digunakan untuk mengobati masalah alergi. Obat Hidrokortison asetat termasuk ke dalam obat resep yang penggunaannya harus mengikuti resep dari dokter. Hal ini untuk menghindari atau mengurangi risiko timbulnya efek samping pada kulit dan tubuh setelah penggunaan.

Informasi

Obat ini termasuk ke dalam golongan obat kortikosteroid yang digunakan untuk mengatasi masalah kelainan kulit, lupus, kolitis ulseratif, gangguan kulit seperti alergi, psoriasis, artritis hingga gangguan pada pernapasan. Oleh karena obat ini termasuk ke dalam obat kortikosteroid, sehingga penggunaannya dapat menyebabkan penurunan sistem pertahanan tubuh atau imunitas tubuh.

Sifat Hidrokortison asetat yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh akan menyebabkan pengguna obat ini lebih rentan terkena infeksi yang baru dari orang lain. Selain itu, pengguna juga sangat rentan mengalami infeksi yang lebih buruk dari yang sudah dialami. Oleh sebab itu pengguna obat ini disarankan untuk menjauhi orang yang tengah mengalami infeksi dan orang yang sakit. 

Obat Hidrokortison asetat tersedia dalam beberapa bentuk seperti topical, oral dan juga suntik. Obat dengan kandungan Hidrokortison asetat dapat dikonsumsi baik oleh dewasa dan juga anak-anak. 

Dosis 

Dosis dari Hidrokortison asetat harus mengikuti anjuran dari dokter. Dokter akan memberikan dosis berdasarkan kepada bentuk sediaan obat dan juga tujuan pengobatan menggunakan Hidrokortison asetat. 

  1. Untuk mengobati radang pada jaringan lunak

Dosis untuk dewasa yang bertujuan untuk mengobati radang pada jaringan lunak adalah sebanyak 100 hingga 200 mg suntik ke area radang. Obat ini dilarutkan ke dalam larutan natrium suksinat serta natrium fosfat.

  1. Untuk mengobati radang persendian

Dosis untuk dewasa yang bertujuan untuk mengobati radang persendian adalah sebanyak 5 hingga 50 mg injeksi intra – artikular. Obat ini dilarutkan ke dalam larutan asam asetat.

  1. Sebagai suplemen untuk kelenjar adrenal

Obat Hidrokortison asetat juga bisa digunakan sebagai suplemen bagi kelenjar adrenal ketika menjalani pembedahan minor untuk anestesi general. Dosis untuk dewasa adalah sebanyak 25 hingga 50 mg sebagai dosis awal dengan suntik intravena. Setelah dilakukan pembedahan akan diberikan kortikosteroid oral.

  1. Sebagai Obat Topikal untuk Mengatasi Dermatosis

Obat Hidrokortison asetat yang tersedia dalam bentuk topikal atau krim oles dengan tujuan untuk mengatasi masalah dermatosis maka pilih krim dengan dosis 0,1 hingga 2,5%. Kemudian krim dioleskan pada area dengan masalah dermatosis. 

  1. Sebagai Obat Oral 

Penggunaan obat oral dengan kandungan Hidrokortison asetat yang ditujukan sebagai terapi untuk mengganti kurangnya hormon adrenal korteks adalah sebanyak 20 hingga 30 mg setiap hari yang dosisnya dibagi ke dalam 2 dosis untuk pasien dewasa. Sementara Untuk terapi yang diberikan kepada anak-anak maka dosisnya sebesar 400 hingga 800 mkg/Bb perhari yang dibagi ke dalam 2 hingga 3 kali dosis.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Sama seperti obat-obatan lainnya yang disarankan untuk tidak dikonsumsi bersamaan dengan senyawa lainnya, obat Hidrokortison asetat juga tidak disarankan untuk dikonsumsi dengan beberapa jenis obat karena dapat berinteraksi dan menimbulkan reaksi. 

Anda dilarang untuk menggunakan obat Hidrokortison asetat bersamaan dengan pemberian vaksin hidup disebabkan Hidrokortison asetat dapat menurunkan reaksi dari vaksinasi tersebut. Anda juga dilarang untuk mengkonsumsi alkohol ketika menggunakan obat mengandung Hidrokortison asetat.

Kelompok Orang Berisiko 

Obat Hidrokortison asetat termasuk ke dalam golongan obat terkategori C yakni obat yang telah menunjukkan adanya efek samping pada janin hewan percobaan. Hanya saja, belum terdapat penelitian lebih lanjut dan terkontrol menangani obat ini terkait efek samping yang mungkin ditimbulkan pada ibu hamil. 

Oleh sebab itu dokter hanya akan meresepkan obat ini apabila dilihat manfaat yang mungkin akan didapatkan ibu hamil lebih besar ketimbang risiko yang dapat ditimbulkan. Selain itu, pasien yang memiliki riwayat masalah seperti infeksi bakteri dan juga virus sebaiknya tidak menggunakan obat ini kecuali atas anjuran dokter. Orang yang memiliki infeksi fungsi serta lesi yang disebabkan oleh sifilis dan TBC juga harus berhati-hati.

Efek Samping

  • Hipokalemia
  • Gangguan pada pernapasan
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan perilaku termasuk depresi dan kejang-kejang
  • Feses disertai darah dan muntah darah

Cara Konsumsi

Cara konsumsi obat yang tepat haruslah mengikuti anjuran dari dokter. Penggunaan sebaiknya pada jam yang sama setiap harinya agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. Untuk penggunaan obat Hidrokortison asetat dalam sediaan topikal, maka obat harus dioles merata di kulit.

Setiap selesai mengoleskan obat krim oles maka tangan harus dicuci bersih menggunakan sabun dan air. Bagian yang telah diolesi oleh obat ini sebaiknya dibiarkan terbuka dan jangan ditutup menggunakan plester, kain kasa atau kain biasa. Pasalnya, penutupan obat dengan kain dan sebagainya bisa membuat obat terserap lebih tinggi ke kulit dan meningkatkan risiko efek samping.

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis