Hexachlorophene merupakan jenis obat pemakaian luar yang memiliki fungsi sebagai antibakteri. Indikasi penggunaan obat ini cukup bermacam-macam, salah satunya yakni sebagai antibakteri pada wasir atau hemoroid.

Informasi

Wasir atau hemoroid ini merupakan kondisi dimana seseorang mengalami pembengkakan pada pembuluh darah vena yang berada di sekitar bagian anus. Pada beberapa kasus, wasir ini dapat menjadi infeksi. Karena fungsi obat ini adalah antibacterial, maka Hexachlorophene dapat digunakan untuk mengatasi masalah hemoroid atau wasir tersebut sehingga infeksi tidak akan terjadi.

Dosis

Dosis obat Hexachlorophene yang diberikan kepada setiap orang bisa saja berbeda. oleh karena itu, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter atau membaca aturan pakai obat ini dengan benar . berikut pemberian dosis Hexachlorophene secara umum:

Dosis untuk obat Hexachlorophene guna mengatasi masalah wasir atau hemoroid adalah sekitar 5 ml larutan. Caranya adalah dengan mengambil 5 ml larutan tersebut, setelah itu tuangkan larutan pada kapas. Jika sudah, Anda bisa menggunakannya pada area tubuh yang memang ingin dibersihkan. Gosok kapas tersebut hingga kurang lebih 3 menit lamanya.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Interaksi obat bisa saja terjadi jika pasien menggunakan obat Hexachlorophene bersamaan dengan obat lainnya. Oleh karena ini penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakan jenis obat tertentu termasuk obat ini.

Penggunaan obat lain dengan hexachlorophene secara bersamaan dapat menimbulkan interaksi seperti peningkatan atau penurunan efektifitas obat atau justru dapat membuat resiko efek samping menjadi lebih tinggi.

Salah satu obat yang bisa menimbulkan interaksi adalah ketika Hexachlorophene dikonsumsi secara bersamaan dengan obat methoxsalen.

Beritahu dokter mengenai semua jenis obat yang sedang Anda konsumsi termasuk obat dengan resep maupun obat tanpa resep seperti obat herbal serta suplemen. Hal ini berguna untuk menghindari resiko terjadinya interaksi.

Jika memang diharuskan menggunakan 2 atau lebih jenis obat dengan Hexachlorophene secara bersamaan, maka nantinya dokter akan mengurangi dosis obat tersebut.

Kelompok Orang Berisiko

Bukan hanya interaksi dengan obat lain, kontraindikasi sendiri dapat terjadi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Berikut kelompok orang beresiko yang dapat menimbulkan kontraindikasi jika meminum obat Hexachlorophene.

  • Orang yang memiliki alergi dengan obat hexachlorophene atau memiliki alergi dengan komponen lain yang memang ada pada obat tersebut.
  • Kontraindikasi juga bisa dialami oleh Anda yang memiliki alergi terhadap derivat fenol halogen
  • Mengalami kulit terbakar, atau mengalami luka terbuka pun dapat menimbulkan kontraindikasi.
  • Obat ini juga dilarang untuk digunakan sebagai produk mandi pada bayi. Selain itu, produk ini juga tidak boleh digunakan untuk dijadikan tampon maupun bahan pembalut wanita.
  • Jangan digunakan sebagai bahan pembalut atau tampon wanita

Efek Samping

Sama halnya dengan penggunaan obat lain, penggunaan obat Hexachlorophene juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Namun tidak semua orang dapat mengalami efek samping yang ada pada daftar ini. bahkan ada pula orang yang tidak mengalami efek samping sama sekali.

Jika Anda merasakan efek samping yang parah dan serius, segera temui dokter atau pergi ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penanganan. Berikut beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat Hexachlorophene:

  • Timbulnya gejala reaksi alergi seperti rasa gatal, kulit menjadi kemerahan, kulit terkelupas, timbul rasa terbakar hingga gejala reaksi alergi berat yang meliputi napas sesak, pembengkakan pada mukosa mulut, tenggorokan serta lidah. Alergi semacam ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan akibat fatal.
  • Timbulnya iritasi pada kulit
  • Merasa begitu gelisah
  • Tubuh mengalami kejangĀ 

Hexachlorophene sendiri bisa saja menimbulkan efek samping yang tak terdapat pada daftar tersebut. jika Anda mengalami efek samping setelah penggunaan obat Hexachlorophene, Anda bisa segera konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Cara Konsumsi

Cara menggunakan obat ini adalah dengan mengikuti petunjuk dokter atau mengikuti aturan pemakaian obat Hexachlorophene  yang terdapat  pada kemasan.

Karena Hexachlorophene  merupakan obat pemakaian luar, maka dilarang keras untuk mengkonsumsi obat tersebut. saat menggunakan obat ini hindarilah area kulit, mata serta area hidung. Obat ini lebih dianjurkan untuk digunakan pada kulit yang memang tidak mempunyai luka terbuka.

Sebelum menggunakan obat Hexachlorophene pastikan untuk mencuci tangan hingga bersih, setelah menggunakan pun Anda harus kembali mencuci tangan Anda. Sebelum mengaplikasikan Hexachlorophene pada kulit, pastikan Anda telah membersihkan serta mengeringkan area kulit yang akan diberikan obat Hexachlorophene tersebut.

Selain itu, setelah mengaplikasikan obat ini, pastikan untuk membilasnya dengan air. Apalagi jika obat ini diaplikasikan pada bagian sekitar perineum atau pelir. Untuk hasil yang lebih maksimal. Pastikan untuk menggunakan obat ini sesuai dengan jadwal maupun dosis yang telah ditentukan.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right
image subscribe form

Selamat! Anda Mendapatkan Voucher Diskon!

Nikmati diskon Rp10.000 untuk pembeli obat dengan minimum transaksi. Masukkan alamat email Anda untuk dapat kodenya sekarang.

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?