fbpx

Glyceryl Trinitrate

Sep 7, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf G | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Nyeri dada atau bisa disebut dengan nama angina bukanlah suatu hal yang tidak bisa diremehkan. Nyeri pada bagian dada terutama pada daerah sekitar jantung bisa menjadi indikasi penyakit serius. Namun, hal tersebut tampaknya belum banyak diketahui oleh orang banyak. Salah satu obat untuk penyakit ini adalah glyceryl trinitrate.

Orang-orang akan cenderung mengabaikannya jika nyeri yang dirasakan tidak terlalu parah. Padahal, pencegahan dengan memeriksakan lebih dini ke pusat kesehatan bisa menyelamatkan diri dari potensi penyakit serius seperti penyakit jantung.

Informasi

Bagi para pasien penyakit jantung atau asma, nyeri pada bagian dada yang dirasakan saat penyakit kambuh bisa sangat menyakitkan. Nyeri yang dirasakan pasien bisa semakin menyakitkan terutama saat pasien menderita kekurangan pasokan darah dan oksigen akibat penyempitan pembuluh darah di jantung atau akibat asma. Glyceryl trinitrate bekerja dengan cara mengurangi tekanan pada jantung serta memperlebar pembuluh darah jantung agar bisa dilewati oleh darah dan oksigen seperti semula.

Glyceryl trinitrate sendiri dikelompokan menjadi golongan obat keras yang pemakaiannya harus diawasi secara ketat oleh dokter dan petugas medis. Di pasaran obatan ini dikenal dengan beberapa merk dagang seperti DBL Glyceryl trinitrate, Nitral, Nitrogard, Nitrokaf Retard. Anda dapat menemukan obat ini dalam berbagai bentuk seperti cairan injeks, salep dan tablet. 

Dosis

Karena termasuk obat keras yang memerlukan resep dokter, Anda tidak bisa menggunakannya secara sembarangan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika mengonsumsi Glyceryl trinitrate secara sembarangan. Perlu diperhatikan jika Glyceryl trinitrate tidak disarankan untuk pasien anak berusia dibawah 18 tahun. Berikut beberapa contohnya.

Stable Angina

Untuk mengatur kestabilan angina, obat ini hanya boleh diberikan pada orang dewasa. Dosis yang diberikan biasanya adalah sebesar 12,8 mg yang diberikan setiap 3 kali sehari. 

Angina Akut

Pada pasien dengan kondisi ini, Glyceryl trinitrate juga hanya bisa diberikan pada pasien dewasa saja. Dosis yang diberikan tergantung bentuk obatnya sendiri. Dokter akan memberikan 300-600 mcg dalam bentuk tablet yang akan diberikan secara berulang jika kondisi pasien belum mengalami perbaikan. 

Perlu diperhatikan jika selama 15 menit dan setelah pemakaian 3 dosis Glyceryl trinitrate kondisi pasien tidak kunjung membaik maka sangat disarankan unuk dibawa ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Jika diberikan dalam bentuk obat semprot, penggunaan 1-2 semprotan di atas atau bawah lidah serta menutup mulut rapat-rapat setelah menyemprotkan obat bisa menjadi solusinya. 

Gagal Jantung

Pada penderita gagal jantung, dokter akan memberikan 5 mg Glyceryl trinitrate yang ditempatkan di sekitar gusi dan bibir atas dan dilakukan secara berulang sampai kondisi pasien membaik. Namun, untuk pasien gagal ginjal kronis akan diberikan Glyceryl trinitrate dengan dosis sebanyak 5-10 mg setiap 3 kali sehari.

Rasa Nyeri Akibat Fisura Anal Kronis Rectum

Pada kasus ini pasien akan diberikan Glyceryl trinitrate dalam bentuk salep 0,4%. Cara penggunaannya pun cukup gampang yaitu mengoleskan 1,5 mg salep ke anus setiap 12 jam dan dilakukan secara rutin selama 8 minggu.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Glyceryl trinitrate termasuk obat resep sehingga jika Anda diberikan obat tersebut oleh dokter maka sebaiknya Anda harus memberitahu obat-obatan apa saja yang tengah dikonsumsi guna menghindari resiko interaksi antar obat. Interaksi antara obat tidak hanya mengurangi efek dari Glyceryl trinitrate tapi juga meningkatkan resiko gangguan kesehatan. 

Menurut beberapa sumber, Glyceryl trinitrate sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat heparin, sapropterin, dihydroergotamine, antipsychotics, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah serta yang lainnya. untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Kelompok Orang Berisiko

Jika Anda mempunyai kondisi hipersensitif terhadap Glyceryl trinitrate maka sebaiknya Anda memberitahu dokter agar dokter bisa mencari alternatif yang sesuai. Selain itu, orang yang menderita penyakit gagal jantung, gagal hati, hipotermia, anemia serta mengalami cedera kepala yang belum sepenuhnya sembuh perlu mendapatkan perhatian khusus. 

Namun, jika Anda penderita hipotensi, glaukoma  serta sering mengalami sakit kepala berulang maka Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

Efek Samping

Glyceryl trinitrate memiliki efek samping terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Beberapa efek samping yang kerap ditemui adalah sakit kepala ,mual, pusing,muntah, sulit bernafas, kesemutan dan lain sebagainya. 

Namun, bila Anda mengalami gejala berupa pingsan serta jantung berdetak abnormal (lebih cepat atau lebih lambat) maka sebaiknya Anda harus segera menemui dokter. Perlu diingat jika efek samping yang diterima pasien berbeda-beda sehingga bila Anda mengalami keluhan selama mengonsumsi obat ini maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Cara Konsumsi

Karena obat ini tersedia dalam berbagai bentuk kemasan maka sebaiknya Anda selalu membaca petunjuk penggunaannya lebih dulu. Obat ini termasuk obat yang sangat penting sehingga sebaiknya selalu dibawa kemanapun Anda pergi serta menyimpannya di tempat yang aman. Selain itu Anda juga harus memperhatikan pola makan selama mengonsumsi obat ini. Beberapa makanan serta minuman bisa mempengaruhi kinerja obat.

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis