fbpx
BerandadirektoriObatAluminium Magnesium Hidroksida Gel

Magnesium hidroksida merupakan senyawa aktif yang penggunaannya ditujukan untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh produksi asam lambung meningkat. Senyawa aluminium hidroksida biasanya tersedia dalam sediaan tunggal ataupun sudah dalam bentuk campuran bersama senyawa aktif magnesium hidroksida. Magnesium hidroksida sendiri adalah senyawa aktif yang ditujukan untuk mengatasi gangguan sembelit yang diakibatkan oleh adanya kenaikan asam lambung.

Aluminium Magnesium Gel

Informasi

Senyawa aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida banyak ditemukan dalam obat maag atau obat untuk mengatasi gangguan peningkatan asam lambung. Magnesium hidroksida sendiri memang lebih ditujukan untuk obat pencahar atau laksatif sehingga feses bisa lebih lunak. Magnesium hidroksida akan bekerja membuat feses lebih lunak sehingga buang air besar lebih lancar. 

Hanya saja, magnesium hidroksida lebih umum digunakan untuk mengatasi sembelit akibat peningkatan asam lambung. Sementara aluminium hidroksida bekerja menetralkan produksi asam lambung agar dinding lambung lebih terlindungi dari iritasi oleh asam lambung. 

Aluminium hidroksida akan mengatasi gejala kenaikan produksi asam lambung seperti sering bersendawa, nyeri pada bagian ulu hati serta perut yang kembung. Selain itu, aluminium hidroksida juga dapat mengikat kadar fosfat agar menurun di dalam tubuh untuk pasien dengan keluhan ginjal kronis.

Dosis

Aluminium magnesium hidroksida yang tersedia dalam bentuk gel bertindak sebagai antasida sekaligus pencahar yang bekerja lebih baik ketimbang tablet atau kapsul. Dosis untuk dewasa adalah 5 hingga 30 ml untuk dewasa apabila lambung asam naik dan tukak lambung. Salah satu obat yang mengandung aluminium magnesium hidroksida adalah Polysilane Sirup – 180 ml – Obat lambung (Rp63.900).

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Mengingat obat dengan kandungan Aluminium magnesium hidroksida terdapat aluminium yang bisa bereaksi dengan beberapa jenis senyawa dalam obat, sebaiknya Anda mendiskusikan dengan dokter terlebih dahulu jika konsumsi obat Aluminium magnesium hidroksida bersamaan dengan obat lainnya. Berikut adalah obat yang mungkin bereaksi dengan aluminium hidroksida:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Besi
  • Digoxin
  • Pazopanib
  • Antibiotik quinolone seperti ciprofloxacin
  • Antibiotik tetracycline

Konsumsi obat di atas bersamaan dengan aluminium hidroksida bisa mengurangi serapan obat ke dalam tubuh. 

Kelompok Orang Berisiko

Riwayat Alergi

Anda harus memberitahu dokter atau apoteker apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat Aluminium magnesium hidroksida atau salah satu kandungannya. Anda juga harus memberitahukan riwayat alergi yang dimiliki pada obat-obatan lainnya. Pasalnya, dalam kandungan obat Aluminium magnesium hidroksida bisa terdapat senyawa tidak aktif yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada penderita.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsumsi Alkohol

Selain itu, orang yang sering mengkonsumsi alkohol juga sebaiknya memberitahukan kepada dokter.

Dehidrasi

Pasien yang kehilangan sejumlah cairan dalam jumlah besar atau dehidrasi juga berisiko mengkonsumsi obat ini.

Memiliki Masalah Ginjal

Masalah pada ginjal termasuk batu ginjal tergolong kelompok yang berisiko. Selain itu mereka yang memiliki masalah konstipasi juga sebaiknya berkonsultasi ke dokter. 

Wanita Hamil dan Menyusui

Wanita yang sedang hamil hanya diperbolehkan mengkonsumsi Aluminium magnesium hidroksida apabila benar-benar dibutuhkan saja. Selain wanita hamil, wanita menyusui juga sebaiknya berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi Aluminium magnesium hidroksida karena dikhawatirkan senyawa masuk ke ASI.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek Samping

Efek samping yang biasa muncul dari konsumsi aluminium hidroksida sebenarnya cukup ringan. Meski begitu pada kondisi yang jarang juga dapat terjadi efek samping serius yang harus segera ditangani medis.

Konstipasi

Pada umumnya, efek samping yang akan dirasakan oleh penderita adalah konstipasi atau sembelit saat mengkonsumsi aluminium hidroksida. Oleh karena itu konsumsi aluminium magnesium hidroksida bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi yang mengganggu. Pasalnya magnesium hidroksida akan bekerja sebagai obat pencahar. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Reaksi Alergi

Reaksi alergi konsumsi Aluminium hidroksida sebenarnya jarang. Namun pada kondisi tertentu, Anda harus segera melarikan penderita ke fasilitas kesehatan jika timbul gejala alergi seperti ruam merah, gatal-gatal di bagian tubuh, pembengkakan pada bagian wajah, tenggorokan dan lidah. Pasien juga mungkin merasakan kesulitan untuk bernapas hingga pusing yang sangat parah.

Efek Samping Serius

Pada beberapa kasus, pasien mungkin bisa mengalami efek samping yang lebih serius seperti perubahan kondisi mental dan juga mood. Pasien mungkin merasa kebingungan dan tidak sadarkan diri. Efek samping lainnya yakni rasa sakit ketika buang air kecil kemudian nyeri pada bagian perut. Pasien juga mungkin akan muntah dengan muntahan serupa endapan bubuk kopi yang gelap.

Cara Konsumsi

Untuk mengkonsumsi Aluminium hidroksida gel dilakukan sebelum maupun setelah makan dan saat sebelum tidur. Konsumsi obat Aluminium hidroksida gel dengan cara diminum seperti biasa. Sebelum mengkonsumsi obat Aluminium hidroksida sebaiknya botol dikocok terlebih dahulu.

Untuk penyimpanan bisa ditaruh di dalam kulkas sehingga rasa gel semakin meningkat. Namun penyimpanan jangan di dalam freezer. Sebaiknya konsumsi gel langsung tanpa mencampurnya dengan cairan yang lain agar kinerja lebih maksimal. Anda sebaiknya segera menghubungi dokter jika gejala tidak membaik atau bahkan memburuk setelah konsumsi satu minggu.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Obat Asam Mefenamat: Manfaat, Dosis, Dan Efek Samping

Obat Ketoprofen: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Suplemen Asthin Force: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Obat Cedocard: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Penyakit Cacar Ular: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriObat   11/11/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman