fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Glipizide GITS merupakan obat yang digunakan untuk mengontrol gula darah tubuh agar tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah. Gula darah dihasilkan saat mengonsumsi sebuah makanan. Gula darah memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. 

Tetapi, ada saatnya gula darah yang ada di tubuh tidak stabil. Maka dari itu, hadirnya obat glipizide GITS akan membantu Anda untuk mengontrol gula darah tubuh. Pada umumnya, obat ini dikonsumsi oleh pasien diabetes melitus 2

Informasi 

Obat glipizide GITS merupakan obat yang dikonsumsi saat ini untuk mengontrol gula darah. Obat ini juga dikonsumsi untuk melakukan diet serta olahraga hanya untuk mengendalikan gula darah yang tinggi terhadap pasien diabetes tipe 2.

Dengan mengontrol gula darah tubuh, akan mengurangi kerusakan yang ada pada ginjal, permasalahan saraf, dan mengurangi potensi kehilangan pada salah satu anggota badan. Pengendalian yang cukup baik akan mengurangi risiko terkena stroke. Glipizide GITS adalah obat sulfonylureas. 

Dosis 

Dosis untuk mengonsumsi obat glipizide GITS tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Jangan terlalu berlebihan atau mengurangi dosis, karena tidak akan mendapatkan kinerja obat yang baik di dalam tubuh dan membahayakan tubuh. 

Glipizide GITS, merupakan obat yang memiliki dosis tidak sembarangan. Anda harus melakukan komunikasi dengan dokter, untuk membicarakan mengenai dosis yang harus dipenuhi untuk kondisi Anda saat ini. 

Pemberian dosis yang dilakukan oleh dokter, disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing pasien. 

Dosis untuk mengonsumsi glipizide GITS oleh orang dewasa cukup dengan 5 Mg per hari dengan kondisi sebelum perut terisi. Sedangkan, untuk orang dewasa mengalami penyakit hati atau cukup dengan 2,5 Mg. 

Dosis untuk anak-anak belum dapat dipastikan konsumsi obatnya. Lebih amannya, untuk saat ini permasalahan mengenai dosis lebih baik ditanyakan kepada dokter. Selanjutnya, Anda bisa menebus obat menggunakan resep yang telah diberikan ke apoteker. 

Kontraindikasi 

  1. Ketika Anda memiliki permasalahan terhadap G6PD, maka konsultasikan dengan dokter. 
  2. Apabila Anda memiliki hipersensitivitas terhadap glipizide GITS, maka bisa dibicarakan dengan dokter terpercaya. 
  3. Ketika Anda mengonsumsi obat lain, baik itu obat resep, non-resep, suplemen, vitamin, atau produk herbal, maka Anda bisa membicarakannya sebentar dengan dokter. 
  4. Apabila Anda memiliki permasalahan mengenai penyakit jantung, penyakit hati, dan ginjal, maka Anda bisa melakukan konsultasi bersama dengan dokter. 
  5. Pasien yang mengalami stress ringan, bisa melakukan konsultasi bersama dengan dokter.
  6. Pasien yang mengalami demam, maka bisa dibicarakan dengan dokter terlebih dahulu. 

Interaksi dengan Obat Lain 

Apabila Anda ingin aman-aman saja, ketika mengonsumsi obat. Jangan sampai mengonsumsi dua obat sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Dengan meminum obat ini bersama dengan obat yang lain akan memberikan dampak interaksi yang buruk.

Ada beberapa obat yang akan menyebabkan interaksi, diantaranya yaitu probenecid dan aspirin. Dengan mengonsumsi ini, maka terjadi penurunan pada gula darah. Untuk amannya sendiri, Anda bisa mengonsumsi glipizide GITS dengan menyesuaikan anjuran dari dokter saat ini. 

Kelompok Orang Berisiko

Anda harus mengetahui bahwa mengonsumsi obat harus diperhatikan terlebih dahulu golongannya. Termasuk dalam golongan manakah obat yang akan dikonsumsi. Melihat bahwa glipizide GITS merupakan obat dengan golongan C, maka belum ada sebuah penelitian yang menunjukkan sebuah risiko ketika mengonsumsinya. 

Anda bisa mengonsumsi obat glipizide GITS saat ini untuk ibu hamil atau ibu menyusui, menyesuaikan seberapa besar manfaat yang akan didapatkan atau risiko yang didapatkan.

Jangan sampai Anda mendapatkan manfaat yang kecil dengan risiko yang begitu besar, maka obat ini tidak akan disarankan untuk Anda saat ini. 

Jadi, gunanya melakukan konsultasi bersama dengan dokter adalah mempertimbangkan manfaat dan risiko ketika mengonsumsi obat glipizide GITS. 

Efek Samping 

Sama layaknya dengan obat-obat yang lain, maka terdapat efek samping juga ketika mengonsumsi obat yang satu ini. Ada beberapa efek samping yang mungkin akan ditunjukkan, baik itu efek samping yang cukup dikatakan serius dan efek samping yang tidak perlu penanganan secara serius. 

Inilah beberapa efek samping yang ditimbulkan dan perlu penanganan serius, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Mudah sekali memar 
  2. Mual dan muntah, serta nyeri pada area perut
  3. Kulit yang memucat dengan demam, diiringi dengan kebingungan 
  4. Sakit kepala yang mulai berdenyut dan mual parah
  5. Rasa ingin pingsan 

Inilah efek samping yang lain, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Mual-mual ringan 
  2. Diare atau sembelit 
  3. Pusing serta ngantuk 
  4. Ruam di daerah kulit 

Cara Konsumsi 

Cara konsumsi sendiri cukuplah mudah, karena berbentuk tablet atau oral. Anda bisa mengonsumsinya sesuai dengan anjuran yang telah disarankan oleh dokter. Anda tidak boleh melakukan pengurangan pada dosis, karena tidak akan memaksimalkan kinerja dari obat glipizide GITS. Pastikan bahwa mengonsumsinya sebelum makan untuk saat ini, dengan jangka waktu 30 menit. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis