fbpx

Atorvastatin Calcium Trihydrate: Penggunaan dan Efek Samping

Sep 10, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf A | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Atorvastatin seperti halnya obat golongan statin lainnya yakni lovastatin, rosuvastin, simvastatin, pravastatin dan fluvastatin adalah obat yang digunakan untuk terapi dislipidemia. Dyslipidemia sendiri merupakan kondisi saat jumlah kadar lemak yang ada di dalam darah meningkat. Dyslipidemia sangat berisiko menyebabkan timbulnya penyakit stroke serta jantung. Penggunaan obat sejenis Atorvastatin Calcium Trihydrate yang semakin besar memiliki hubungan terhadap peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (CVD).

Informasi

Atorvastatin Calcium Trihydrate tergolong ke dalam obat-obatan terapi yang digunakan untuk menurunkan kadar lemak di dalam darah. Obat ini masuk ke dalam golongan obat statin yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol yang tidak normal serta level lemak dalam darah. Untuk penggunaan obat Atorvastatin Calcium Trihydrate sendiri harus berdasarkan resep dan petunjuk dokter agar dosisnya sesuai. 

Kinerja obat golongan statin seperti Atorvastatin Calcium Trihydrate adalah mengurangi produksi enzim hydroxymethylglutaryl-coenzyme A (HMG-CoA). Pemberian resep obat statin dipandang merupakan langkah standar bagi pasien untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular (CVD). 

Beberapa penelitian membuktikan bahwa penggunaan obat golongan statin bermanfaat dalam menurunkan risiko peningkatan penyakit kardiovaskular, tentu dengan pengecualian efek samping yang ditimbulkan dalam jangka panjang. Pengobatan menggunakan obat golongan statin bermanfaat dalam menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat serta risiko CVD. Obat golongan statin diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 20 dan 20%. 

Dosis 

Untuk mendapatkan dosis pengobatan yang tepat maka pasien harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan meresepkan dosis terapi yang tepat disesuaikan dengan kadar kolesterol jahat serta kondisi pasien secara keseluruhan. Untuk dosis pada umumnya sendiri bisa diperkirakan berdasarkan pembagian di bawah ini:

Dosis Awal

Untuk dosis permulaan maka akan diberikan dosis paling rendah yakni 10 mg yang dikonsumsi sebanyak satu kali sehari. Sementara untuk kisaran dosis berikutnya akan disesuaikan dengan efek yang ditimbulkan. Kisaran dosisnya sendiri bervariasi mulai dari 10 mg hingga 80 mg dan diberikan sebanyak satu kali perhari.

Dosis untuk Pasien dengan Hiperkolesterolemia Primer

Untuk pasien dengan kondisi hiperkolesterolemia primer akan diberikan dosis sebanyak 10 mg perhari yang diberikan selama dua minggu penuh atau sampai empat minggu. Sepanjang pemberian ini dokter akan melihat respon yang ditunjukkan oleh pasien. 

Dosis untuk Pasien dengan Hiperlipidemia Kombinasi atau Campuran

Untuk pasien dengan kondisi hiperlipidemia kombinasi atau campuran akan diberikan dosis sebanyak 10 mg perhari yang diberikan selama dua minggu penuh atau sampai empat minggu. 

Dosis untuk Pasien dengan Hiperkolesterolemia Familial Homozigot

Untuk pasien dengan kondisi hiperkolesterolemia familial homozigot akan diberikan dosis sebanyak 80 mg perhari. 

Dosis untuk Pasien dengan Hiperkolesterolemia Familial Heterozigot

Untuk pasien dengan usia 10 hingga 17 tahun dengan kondisi hiperkolesterolemia familial heterozigot akan diberikan dosis sebanyak 10 mg perhari dengan dosis maksimal mencapai 20 mg perhari. Sementara untuk menyesuaikan dengan dosis baru harus ditunggu selama selang waktu empat minggu.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Obat Atorvastatin Calcium Trihydrate mungkin dapat berinteraksi dengan berbagai senyawa aktif dalam obat lainnya. Oleh karena itu Anda disarankan untuk memberitahukan kepada dokter mengenai obat lainnya yang sedang dikonsumsi bersamaan dengan Atorvastatin Calcium Trihydrate meliputi obat resep, non resep serta obat-obatan herbal.

Kelompok Orang Berisiko 

Ada beberapa kelompok orang yang berisiko apabila mengkonsumsi obat Atorvastatin Calcium Trihydrate. Kelompok orang ini meliputi wanita hamil. Bagi wanita yang tengah hamil maka dokter akan melihat apakah manfaat yang diperoleh oleh ibu dengan mengkonsumsi obat Atorvastatin Calcium Trihydrate lebih tinggi ketimbang risiko yang akan diterima oleh janin atau kehamilan. 

Selanjutnya orang yang menderita hipersensitif atau alergi terhadap salah satu kandungan obat juga masuk ke dalam orang yang berisiko. Apabila Anda memiliki riwayat alergi sebelumnya maka dokter tidak akan meresepkan dokter ini. Selanjutnya ada pula kelompok orang dengan gangguan hati seperti ensefalopati, penyakit kuning, kolestasis dan hepatitis.

Efek Samping 

Penggunaan obat Atorvastatin Calcium Trihydrate bisa menimbulkan beberapa efek samping ringan seperti nyeri pada bagian sendi, nyeri di bagian tungkai dan lengan, sakit tenggorokan serta hidung tersumbat. Hanya saja untuk kelompok tertentu maka efek samping yang diderita bisa lebih besar.

Cara Konsumsi 

obat-atorvastatin

Untuk konsumsi obat Atorvastatin Calcium Trihydrate yang benar harus mengikuti anjuran dari dokter. Konsumsi obat Atorvastatin Calcium Trihydrate bisa dilakukan mulai dari sebelum maupun setelah makan. Cara konsumsi dengan diminum bersamaan dengan air putih dan tidak boleh dikunyah atau dihancurkan di luar. 

Untuk konsumsi sebaiknya di waktu yang sama setiap hari. Pasalnya konsumsi di waktu yang sama bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas obat dalam bekerja. Untuk mencegah risiko yang lebih tinggi terhadap organ tubuh, sebaiknya jalankan pengujian fungsi hati sebelum mulai mengkonsumsi obat Atorvastatin Calcium Trihydrate. Selanjutnya bisa secara perlahan mengkonsumsi obat sembari mengevaluasi dosis obat.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis