fbpx

Fluprednidene-21-Acetate

Sep 10, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Fluprednidene-21-acetate merupakan salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengatasi dan mengobati berbagai jenis penyakit kulit yang disertai dengan infeksi sekunder. Obat ini termasuk dalam golongan kortikosteroid. Obat ini biasanya dapat dijumpai dalam bentuk topikal atau oles.

Informasi

Fluprednidene-21-acetate yang termasuk dalam golongan obat kortikosteroid atau biasanya dikombinasikan dengan antibiotik dalam satu jenis bentuk sediaan. Antibiotik yang ada dalam obat ini dikenal dengan sebutan neomycin. Neomycin yang termasuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida ini memang digunakan secara khusus untuk mengobati infeksi yang penyebab utamanya yaitu bakteri gram negatif. Dengan adanya antibiotik neomycin ini, Salep atau krim ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan bakteri. 

Fluprednidene-21-acetate dapat mengatasi berbagai jenis alergi seperti :

  • Alergi superfisial
  • Alergi pruritus
  • Alergi dermatosis
  • Alergi inflamasi
  • Eksim akut dan kronik
  • Eritroderma
  • Psoriasis
  • Lichen ruber planus
  • Lichen simplex
  • Dermatitis kontak
  • Dermatitis alergi
  • Luka bakar akibat sinar matahari
  • Herpes simpleks

Karena termasuk dalam golongan obat keras, agar bisa mendapatkan obat ini maka anda harus menggunakan resep dokter. Meskipun obat ini bisa anda dapatkan dengan mudah di apotek-apotek ataupun toko online, namun anda harus tetap selalu waspada. Karena bagaimanapun obat yang termasuk dalam golongan obat keras memiliki resiko efek samping yang lebih tinggi dibandingkan dengan obat lainnya. Salah satu merk dagang Fluprednidene-21-acetate yang paling sering digunakan adalah Decoderm kemasan 10 gram.

Dosis

Sebelum menggunakan Fluprednidene-21-acetate, anda disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu karena setiap orang akan memiliki dosis penggunaan yang berbeda. Yang membedakan dosis satu orang dengan orang yang lainnya adalah tergantung pada tingkat keseriusan kondisi kulit yang diderita. Secara umum dosis yang diberikan oleh dokter untuk penggunaan Fluprednidene-21-acetate adalah dioleskan secara tipis pada bagian kulit yang bermasalah sebanyak 1 – 2 kali dalam sehari. Dalam beberapa kondisi mungkin anda akan disarankan untuk mengoleskan obat lebih tebal dan sebanyak 2 -3 kali dalam sehari. Karena termasuk dalam obat keras, maka obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika setelah 2 minggu penggunaan Fluprednidene-21-acetate kondisi kulit tidak berangsur membaik maka sebaiknya segera hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mengantisipasi munculnya efek samping yang mungkin akan membahayakan. 

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada dalam obat ini.

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan obat fluprednidene bersamaan dengan obat lain dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami interaksi obat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsultasikan penggunaan obat ini atau memberitahu dokter obat-obatan yang sedang Anda konsumsi sebelum Anda mengonsumsi obat ini.

Kelompok Orang Berisiko

  • Orang yang menderita reaksi hipersensitivitas terhadap neomycin atau antibiotika golongan aminoglikosida lainnya.
  • Penderita hipersensitivitas terhadap fluprednidene.
  • Penderita varicella, TB kulit, dan dermatitis yang disebabkan oleh sifilis.

Efek Samping

Efek samping yang dialami oleh satu orang akan berbeda dengan efek samping yang dirasakan oleh orang lain. Jika saudara atau kenalan anda cocok menggunakan obat ini, maka anda belum tentu akan cocok juga menggunakan obat ini. Karena pada dasarnya kondisi kesehatan masing-masing orang akan berbeda. Jika anda tidak cocok menggunakan Fluprednidene-21-acetate maka efek samping yang biasanya akan muncul berupa :

  1. Keringat berlebih
  2. Kulit menipis
  3. Kulit mengelupas
  4. Kulit kering
  5. Iritasi
  6. Kulit terasa terbakar
  7. Hipopigmentasi lokal atau perubahan warna kulit menjadi lebih terang di beberapa bagian kulit.

Pada kondisi tertentu ketika seseorang memiliki reaksi alergi terhadap Fluprednidene-21-acetate atau bahan yang ada di dalam obat ini, maka akan mengalami kondisi yang lebih parah dan harus segera mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter. adapun efek samping yang akan muncul ketika seseorang memiliki reaksi alergi terhadap obat ini adalah sebagai berikut :

  1. Pembengkakan yang terjadi pada wajah, mulut, lidah, dan kerongkongan.
  2. Kulit gatal dan muncul ruam.
  3. Mual.
  4. Muntah.
  5. Demam.
  6. Pingsan,

Cara Konsumsi 

Karena termasuk obat luar, berikut ini cara penggunaan Fluprednidene-21-acetate :

  1. Cuci tangan hingga bersih.
  2. Bersihkan bagian yang ingin diobati lalu keringkan.
  3. Ambil obat sedikit demi sedikit dan oleskan secara tipis pada bagian kulit yang bermasalah.
  4. Usap dan gosok dengan lembut hingga obat terserap dengan baik di kulit.
  5. Gunakan obat sesuai dengan dosis, jangan ditambah atau dikurangi.
  6. Usahakan agar obat tidak terkena mata atau mulut, jika tidak sengaja terkena mata atau mulut maka segera bilas menggunakan air mengalir yang bersih.
  7. Setelah mengaplikasikan obat kebagian kulit yang bermasalah jangan lupa untuk membersihkan tangan.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis