fbpx
BerandaIbu dan Anak10 Gejala Hamil Muda Serta Gejala Keguguran

Kehamilan dapat menjadi momen yang banyak dinantikan wanita. Pada umumnya, kehamilan akan datang dengan beberapa gejala yang bisa dilihat dan dirasakan. Yuk, simak informasi seputar gejala hamil muda, serta gejala keguguran saat hamil muda yang dapat terjadi.

gejala hamil muda

1. Siklus menstruasi terlewat atau berbeda

Menstruasi yang tidak kunjung datang mungkin dapat menjadi pertanda Anda mengalami hamil muda. Pada umumnya, Anda tidak akan mengalami menstruasi 4 minggu setelah terjadinya konsepsi. Namun, pertanda ini hanya tepat untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi yang konsisten. Jika Anda memiliki siklus periode yang tidak teratur, Anda perlu melihat gejala lainnya terlebih dahulu. 

2. Payudara menjadi lebih besar dan lebih sensitif 

Kehamilan akan menyebabkan hormon Anda berubah. Salah satu bagian tubuh yang dipengaruhi perubahan hormon ini adalah payudara. Payudara Anda akan terasa menjadi lebih besar, sensitif, dan mudah nyeri. Payudara juga mungkin akan berubah bentuk ketika Anda sudah memasuki fase kehamilan berikutnya. Kondisi ini wajar terjadi karena tubuh bersiap untuk memproduksi ASI untuk bayi.

3. Merasa mual

Sering merasa mual merupakan salah satu gejala hamil muda yang umum untuk dialami wanita. Pada umumnya, mual akan terjadi pada pagi hari sehingga sering disebut morning sickness. Namun, mual juga dapat terjadi kapan saja termasuk di siang atau malam hari selama satu hingga dua bulan awal kehamilan. Mual dapat menyebabkan muntah ataupun tidak. 

4. Frekuensi buang air kecil meningkat

Di awal kehamilan, Anda akan menjadi lebih sering buang air kecil daripada biasanya. Kondisi ini terjadi karena jumlah darah Anda meningkat selama kehamilan sehingga ginjal memproses cairan ekstra lebih sering. Hormon juga merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil.

5. Merasa lebih sering dan mudah lelah

Hormon progesteron dapat menyebabkan Anda merasa lebih mudah kelelahan pada awal fase kehamilan. Maka dari itu, Anda mungkin merasa memerlukan lebih banyak waktu tidur atau istirahat. Usahakan untuk tidak melakukan terlalu banyak aktivitas berat di awal kehamilan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Detak jantung menjadi lebih cepat

Detak jantung yang menjadi lebih cepat merupakan gejala normal pada awal kehamilan. Kondisi ini umumnya terjadi ketika Anda telah memasuki minggu ke 8 atau 10. Bahkan, detak jantung Anda mungkin akan meningkat sebanyak 30 hingga 50 persen ketika kehamilan. Segera konsultasi dengan dokter jika Anda memiliki gangguan jantung.

7. Mengalami perubahan mood yang signifikan

Hormon estrogen dan progesteron saat awal kehamilan akan membuat mood Anda berubah dengan cukup signifikan. Mood swings ini umum untuk dialami dan akan menyebabkan Anda merasa lebih emosional. Perubahaan mood yang terjadi juga dapat mengarah kepada penyakit mental seperti kekesalan, kecemasan, hingga depresi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

8. Konstipasi, perut kembung, dan gangguan pencernaan

Ketika hormon Anda berubah, sistem pencernaan Anda juga mungkin akan terganggu. Akibatnya, sistem Anda akan bekerja menjadi lebih lambat dan menyebabkan beberapa gangguan pencernaan. Pada umumnya, Anda mungkin akan sering mengalami perut kembung serta konstipasi sebagai gejala hamil muda. 

9. Sensitif terhadap aroma

Gejala yang satu ini tidak begitu umum tetapi masih dialami oleh beberapa wanita yang sedang hamil muda. Anda mungkin akan mendapati indera penciuman Anda meningkat dan menjadi lebih sensitif terhadap berbagai macam aroma. Indera penciuman yang meningkat juga dapat menimbulkan mual atau pusing sehingga berpengaruh kepada nafsu makan.

10. Berat badan bertambah

Berat badan yang bertambah merupakan salah satu gejala hamil muda yang sangat wajar untuk dialami. Di awal kehamilan, tubuh Anda bersiap-siap untuk menyediakan lingkungan yang cukup untuk pertumbuhan janin. Berat badan akan meningkat karena adanya pertumbuhan payudara, uterus, plasenta, air ketuban, volume darah dan cairan, serta lemak.

Itulah tadi 10 gejala hamil muda yang seringkali muncul pada saat minggu-minggu pertama. Gejala tersebut dapat muncul satu-satu atau secara bersamaan. Namun, ada kalanya Anda tidak mengalami gejala yang telah disebutkan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gunakan test pack dan lakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui alasan pasti gejala yang muncul. Segera konsultasi dengan dokter jika Anda merasa mengalami gejala yang tidak lazim.

Gejala keguguran hamil muda

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beberapa minggu pertama kehamilan merupakan momen penting untuk perkembangan janin. Janin dapat berhenti berkembang karena berbagai alasan kesehatan, mulai dari faktor luar hingga dalam tubuh. Waspadai beberapa gejala keguguran hamil muda berikut.

  • Pendarahan
  • Nyeri atau kram pada bagian bawah perut
  • Pengeluaran darah atau cairan melalui vagina
  • Demam
  • Berhenti mengalami gejala kehamilan seperti payudara membesar, mual, dan sebagainya

Segera periksakan diri ke dokter kandungan jika Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas. Dokter kandungan akan membantu Anda untuk mengatasi keguguran serta melangkah ke tahap berikutnya.

Demikian gejala hamil muda yang perlu Anda ketahui. Anda dapat memastikan kehamilan dengan Sensitif Compact – 1 Pcs – Testpack Alat Uji Kehamilan (Rp81.000). Cukupi juga kebutuhan Anda sebagai ibu hamil serta janin dengan suplemen dan susu kehamilan dari Apotek Online Lifepack.

Penuhi kebutuhan vitamin harian ibu hamil dengan Folamil Gold 30 kapsul (Rp231.600). Folamil Gold mengandung asam folat yang dapat mencegah risiko bayi lahir cacat, serta DHA yang lebih tinggi. Dilengkapi juga dengan vitamin D3 dan kalsium untuk membantu pertumbuhan sel dan memelihara kesehatan tulang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman