fbpx

Evening Primrose Oil

Okt 19, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf E | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Evening primrose oil adalah sebuah minyak yang berasal dari biji tanaman evening primrose. Tanaman evening primrose ini berasal dari negara Amerika Serikat. Ada beberapa manfaat dan kegunaan yang bisa Anda dapatkan dari tanaman ini untuk kesehatan dan sudah banyak dikenal banyak orang sebagai obat tradisional (Baca juga Mengenal Khasiat Minyak Kutus-Kutus).

evening primrose oil, obat tradisional
Evening primrose oil adalah minyak dari biji tanaman evening primrose. Tanaman evening primrose ini sering digunakan untuk obat tradisional.

Evening primrose oil memiliki kandungan asam lemak yang dapat membantu peradangan seperti radang sendi, osteoporosis, nyeri saraf dan eksim. Minyak ini juga bermanfaat sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak esensial omega 6. Minyak ini memiliki ekstrak kandungan lain yang tentunya bisa Anda temukan di dalam komposisi sabun dan kosmetik.

Informasi

Ada banyak ragam manfaat yang didapatkan karena ekstrak minyak ini dapat mengatasi masalah penyakit luar dan dalam. Manfaat luar yang didapatkan dari minyak ini yaitu mampu mengatasi masalah jerawat, mengurangi eksim dan sangat baik untuk kesehatan kulit. 

Evening primrose oil ini dapat menjaga kesehatan kulit Anda mulai dari kekencangan, kelembutan, elastisitas dan resistensinya. Kandungan dari minyak ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki struktur kulit. 

Selain mengatasi masalah luar, manfaat yang didapat dalam tubuh yaitu mengurangi nyeri payudara, meredakan gejala PMS, mengurangi tekanan darah tinggi dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan minyak ini dapat menurunkan kolesterol di dalam darah dan minyak ini telah dijadikan sebagai pengobatan alami.

Dosis

Dosis yang diberikan dalam penggunaan harus disesuaikan dengan beberapa faktor penting yaitu usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan pasien dan kondisi medis lainnya. Umumnya, dosis yang dianjurkan adalah 500 mg per kapsul sebanyak 8-12 kapsul dalam sehari.

Sedangkan dosis yang digunakan untuk kondisi medis tertentu antara lain:

  • Pada kondisi nyeri di payudara, dosis yang diberikan yaitu sebanyak 3-4 gr setiap harinya.
  • Jika untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, dosis yang digunakan yaitu 500 mg per kapsul sebanyak 3 kali sehari selama 12 minggu.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan secara bersamaan antara evening primrose oil dan obat antikoagulan dapat memperlambat pembekuan darah sehingga hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya perdarahan disertai memar. Kandungan dari evening primrose oil sendiri terdapat asam gamma-linolenat (GLA) yang mungkin juga dapat memperlambat pembekuan darah. 

Beberapa jenis obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (obat antikoagulan) termasuk aspirin, diclofenac (Voltaren, Cataflam), clopidogrel (Plavix), ibuprofen (Advil, Motrin), dalteparin (Fragmin), naproxen (Anaprox, Naprosyn), enoxaparin (Lovenox) dan warfarin (Coumadin).

Evening primrose oil memiliki interaksi dengan obat anestesi yang sering digunakan selama operasi. Anda harus memberi tahu dokter tentang riwayat kesehatan Anda serta penggunaan produk obat-obatan lain sebelum Anda menjalani operasi. Anda sebaiknya menghentikan penggunaan evening primrose oil paling tidak 2 minggu sebelum dan setelah operasi dilakukan.

Evening primrose oil ini juga berinteraksi dengan fenotiazin yang dapat menimbulkan resiko terjadinya kejang pada beberapa orang. Obat fenotiazin umumnya digunakan untuk mengatasi gangguan mental dan emosional yang cukup serius. Beberapa jenis obat fenotiazin termasuk fluphenazine (Prolixin), chlorpromazine (Thorazine), thioridazine (Mellaril), dan trifluoperazine (Stelazine). 

Kelompok Orang Berisiko

Anda sebaiknya tidak menggunakan jika sedang mengalami gangguan perdarahan karena dikhawatirkan akan menimbulkan terjadinya memar dan pendarahan. Selain itu juga tidak diperbolehkan bagi Anda yang menderita skizofrenia. 

Jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti epilepsi atau gangguan kejang lainnya, maka Anda tidak dianjurkan menggunakan evening primrose oil karena kemungkinannya Anda akan mengalami gejala kejang-kejang lebih sering. Jika Anda sedang dalam kondisi hamil atau menyusui, maka Anda tidak disarankan menggunakannya karena akan menyebabkan komplikasi.

Efek Samping

Evening primrose oil termasuk obat tradisional aman digunakan dengan jangka penggunaan selama satu tahun. Penggunaannya seringkali dapat menimbulkan beberapa efek samping ringan di antaranya:

  • Mual dan muntah
  • Sakit perut atau diare
  • Sakit kepala

Selain itu, juga dapat mengakibatkan efek samping yang cukup serius seperti:

  • Kesulitan bernapas
  • Peradangan pada bagian tangan dan kaki
  • Ruam pada kulit

Jika Anda merasa khawatir dengan efek sampingnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui gejala pasti dari penggunaan minyak ini.

Cara Konsumsi

Cara yang tepat dalam penggunaannya yaitu dikonsumsi setelah makan. Pastikan Anda telah membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan dan sesuai petunjuk dokter. 

Jika Anda lupa mengonsumsi evening primrose oil, Anda dapat langsung mengonsumsinya saat teringat asalkan jarak antara jadwal konsumsi tidak terlalu dekat. Gunakan evening primrose oil secara teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis