fbpx
BerandaObatManfaat dan Kandungan Obat Omeprazole Bagi Tubuh

Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan umum yang seringkali dialami oleh masyarakat Indonesia. Beberapa penyakit asam lambung yang sering menjadi permasalahan banyak orang adalah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dan tukak lambung. GERD sendiri adalah penyakit asam lambung yang disebabkan oleh asam lambung yang bocor sehingga bergerak naik ke kerongkongan. Akibatnya asam lambung dapat mengiritasi permukaan kerongkongan dan anggota saluran cerna lainnya (Baca juga Bahaya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya).

obat-omeprazole-asam-lambung

Saat Anda mengunyah makanan, makanan akan berpindah dari tenggorokan ke dalam perut melalui kerongkongan. Pada saat itu, cincin otot (sfingter) di esofagus bagian bawah akan menutup untuk mencegah makanan yang tertelan kembali bergerak ke atas. Pada pasien dengan kondisi GERD, cincin ini tidak menutup secara keseluruhan sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan mengiritasi kerongkongan.

Asam lambung atau GERD ini dapat diatasi dengan beberapa obat bebas atau juga obat resep seperti Omeprazole. Mungkin anda bertanya-tanya di dalam benak anda, Omeprazole obat apa kegunaannya? apakah obat Ini aman dikonsumsi? Berapa dosis yang tepat? Adakah efek samping yang ditimbulkan akibat obat ini? Pelajari selengkapnya tentang obat Omeprazole pada artikel yang telah Tim Lifepack tulis berikut. 

Apa Itu Obat Omeprazole?

Omeprazole termasuk ke dalam golongan kelas inhibitor pompa proton (PPIs) yang bekerja dengan cara mengurangi jumlah asam yang dibuat di dalam lambung.

Maka dari itu, obat omeprazole adalah obat yang seringkali digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung berlebih, serta mencegah kerusakan lebih lanjut pada saluran cerna akibat penyakit GERD. 

Tak bisa dikonsumsi sembarangan, obat ini merupakan obat keras yang pembeliannya harus menggunakan resep dokter, dan tersedia dalam bentuk kapsul dan injeksi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dosis

Obat omeprazole adalah obat keras yang penggunaannya memerlukan resep dokter, sehingga omeprazole dosisnya tidak boleh sembarangan. Dosis omeprazole harus disesuaikan dengan masalah kesehatan yang diderita pasien dan kondisi tubuh pasien tersebut.

GERD

  1. Omeprazole untuk mengobati GERD pada pasien dengan usia 17 tahun ke atas dapat diberikan sebanyak dosis omeprazole 20 mg, yang dikonsumsi sehari sekali sebelum makan. 
  2. Omeprazol yang digunakan untuk mengobati GERD pada anak usia 1-16 tahun, dapat diberikan dosis yang disesuaikan dengan berat badan. Biasanya dokter akan memberikan omeprazole dengan dengan dosis 5-20 mg yang dikonsumsi 1 kali dalam sehari sebelum makan. 

Tukak Lambung/Ulkus Duodenum

Selain untuk mengobati GERD, obat Omeprazole juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi tukak lambung. Pada orang dewasa biasanya dokter akan memberikan dosis Omeprazole sebanyak 20-40 mg yang harus dikonsumsi sekali sehari. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Infeksi H. pylori

Untuk penggunaan Omeprazole untuk pengobatan infeksi H. pylori, biasanya dokter akan memberikan dosis Omeprazole 20 mg. Obat ini biasanya dikonsumsi 2 kali sehari sebelum makan. Dokter mungkin akan memberikan kombinasi obat dengan obat clarithromycin dan amoxicillin, atau metronidazole.

Efek Samping

obat-omeprazole-asam-lambung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat Omeprazole merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan asam lambung. Meski jarang terjadi, namun efek samping tetap dapat beresiko muncul pada pasien. Efek samping Omeprazole antara lain adalah: 

  1. Konstipasi
  2. Buang gas terus menerus
  3. Mual atau muntah
  4. Sakit kepala
  5. Rasa kantuk
  6. Penglihatan menjadi kabur 
  7. Detak jantung berdebar cepat

Pada umumnya, efek samping dapat timbul akibat penggunaan omeprazol yang tidak disesuaikan dengan resep dokter. Obat ini biasanya digunakan dalam jangka pendek pada penyakit-penyakit yang berkaitan dengan asam lambung biasanya. Namun, obat ini juga dapat digunakan dalam jangka panjang untuk penyakit seperti esofagitis erosif dan kondisi hipersekresi patologis. 

Pasien tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini secara tiba-tiba. Tidak dianjurkan juga mengonsumsi omeprazole ketika pasien tidak memiliki gejala penyakit yang berkaitan dengan penyakit asam lambung, karena hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penggunaan obat Omeprazole dalam jangka waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan pasien kekurangan beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin B12 dan magnesium.

Selain gejala efek sampingnya apa, gejala efek samping Omeprazole juga dapat bertambah parah. Segera dapatkan bantuan tenaga kesehatan jika gejala efek samping semakin parah seperti:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Timbul ruam 
  2. Gatal-gatal 
  3. Terjadi pembengkakan pada wajah, tenggorokan, lidah, bibir, mata, tangan, dan kaki
  4. Sesak napas
  5. Kesulitan menelan 
  6. Detak jantung menjadi tidak teratur 
  7. Mengalami kelelahan yang berlebihan tanpa penyebab yang jelas 
  8. Sakit kepala parah 

Segera periksakan diri ke tenaga kesehatan jika anda merasakan gejala-gejala efek samping yang parah seperti yang telah disebutkan di atas. Hal ini guna untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut secara cepat dan tepat. 

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Omeprazole merupakan obat yang tidak dapat digunakan sembarangan bersamaan dengan obat-obatan lain karena beresiko terjadinya interaksi obat. 

Obat Omeprazole dikontraindikasikan terhadap beberapa obat-obatan seperti nelfinavir, atazanavir, obat-obatan anti diuretik, ketoconazole, itraconazole, posaconazole, erlotinib, diazepam, fenitonin, cilostazol, clopidogrel, digoxin, tacrolimus, dan methotrexate. 

Sampaikan kepada dokter jika Anda sedang mengonsumsi satu atau beberapa obat yang disebutkan tersebut. Dokter mungkin tidak akan memberikan Anda Omeprazole agar tidak terjadi kontraindikasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kelompok Berisiko

Selain dikontraindikasikan pada beberapa obat-obatan, Omeprazole juga dikontraindikasikan pada beberapa kelompok orang dengan kondisi kesehatan tertentu. 

Konsultasikan penggunaan obat ini jika Anda sedang berada dalam kondisi hamil atau akan melakukan program kehamilan, menyusui, dan atau penggunaan omeprazole pada anak-anak di bawah usia 1 tahun. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Obat ini juga dikontraindikasikan terhadap pasien dengan masalah kesehatan tertentu seperti gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Peringatan

Penggunaan obat Omeprazole harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Pastikan anda memahami benar cara penggunaan Omeprazole dan tanyakan kepada dokter atau apoteker bagaimana cara penggunaan yang benar. Jangan melebihkan dosis atau mengurangi dosis di luar petunjuk penggunaan obat Omeprazole atau resep dokter. 

Jangan gunakan obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain, vitamin, dan suplemen untuk mencegah terjadinya interaksi obat. Simpan obat-obatan ini di tempat yang aman yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.  Jika anda merasakan beberapa gejala efek samping akibat penggunaan obat ini, segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter berpengalaman Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan layanan digital Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman