fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Bakteri terkadang menjadi penyebab penyakit mematikan bagi tubuh. Maka dari itu dibutuhkan antibiotik yang handal untuk membasminya. Termasuk mencegah bakteri terus berkembang biak. Sedangkan antibiotik yang dianggap manjur adalah Erythromycin atau lebih dikenal dengan Eritromisin (Baca juga Jangan Keliru, Ini Perbedaan Virus dan Bakteri!). 

Informasi

Erythromycin atau yang lebih dikenal dengan sebutan Eritromisin adalah satu obat yang berjenis antibiotik. Fungsinya ialah untuk membunuh bakteri jahat di dalam tubuh sekaligus menghentikan proses perkembangbiakannya. 

Untuk saat ini, obat Erythromycin masih dibuat dalam bentuk dua varian. Varian yang pertama adalah obat yang berbentuk cairan sedangkan yang kedua Eritromisin yang sudah berbentuk kaplet atau pil. 

Selain untuk mengatasi bakteri, Eritromisin juga berguna untuk menyembuhkan demam rematik pada pasien tertentu. Utamanya yang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi antibiotik akibat munculnya alergi yang berbahaya. 

eritromisin, erythromycin
Erythromycin atau Eritromisin adalah satu obat yang berjenis antibiotik. Fungsinya ialah untuk membunuh bakteri jahat di dalam tubuh.

Perlu diketahui Eritromisin hanya obat untuk infeksi akibat bakteri. Sedangkan untuk infeksi yang disebabkan oleh virus tidak dapat menggunakan obat ini. Pastikan proses minum obat tidak dicampur supaya hasilnya lebih maksimal. 

Dosis Obat Eritromisin

Eritromisin tidak hanya diminum orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa mengkonsumsinya asalkan dengan dosis tepat. Untuk persoalan ini, memang ditentukan gangguan infeksi yang terjadi. Namun ada dosis umum yang uraiannya dijelaskan di bawah:

Untuk dewasa yang mengalami infeksi bakteri ringan dan sedang hendaknya minum Eritromisin 250 mg setiap 6 jam atau 500 mg setiap 12 jam.  Sedangkan dosis eritromisin untuk anak disesuaikan dengan berat badan anak, umumnya 30-50 mg/KgBB/hari dibagi setiap 6 jam.

Terkhusus bagi anak Erythromycin tidak diberikan kecuali hanya untuk maksimal dua minggu. Selepas itu lebih baik dihentikan dan kalau infeksi masih berlanjut segera bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

Kontraindikasi Obat

Sesungguhnya tidak ada riset yang menyatakan kalau obat Eritromisin memiliki kontraindikasi sekalipun kepada ibu hamil maupun menyusui. Sekalipun demikian tetap ada anjuran untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum meminumnya. 

Pasalnya menurut US Food and Drugs Administration yang disingkat FDA Amerika obat Eritromisin masuk kontraindikasi tipe B. Yang artinya tidak ada kontra indikasi khusus dalam bentuk riset atau penelitian. 

Di dalam konteks ini memang Eritromisin aman untuk digunakan. Cuma dikhawatirkan ada gejala tertentu yang membuat perut tidak nyaman atau bayi malas untuk menyusu. Ini alasan mengapa konsultasi medis perlu dilakukan sebelumnya. 

Interaksi dengan Obat Lain

Ada banyak obat yang sejatinya bisa berinteraksi negatif dengan Eritromisin. Di dalamnya juga termaktub obat herbal, generik serta obat resep dan non resep. Oleh sebab itu kehati-hatian ketika minum Eritromisin adalah hal yang sangat penting. 

Pastikan pula obat Eritromisin tidak dicampur dengan obat lain apapun itu saat meminumnya. Karena dikhawatirkan bisa memicu efek samping obat yang beresiko penyakit justru bertambah parah. 

Berikut ini adalah daftar beberapa jenis obat yang dianggap berinteraksi buruk dengan Eritromisin. Silahkan disimak berikut daftarnya:

  • Obat Antivirus untuk hepatitis dan HIV/AIDS
  • Obat antijamur
  • Obat antibiotik lain
  • Obat kanker
  • obat penurun kolesterol 
  • Obat malaria
  • Obat hipertensi arteri pulmonal
  • Obat jantung dan hipertensi
  • Obat untuk mencegah penolakan transplantasi organ 
  • Obat depresi atau penyakit mental

Berhati-hatilah dengan Eritromisin jika kebetulan sedang mengkonsumsi obat-obat di atas. Lebih baik hentikan proses minum obat lalu tunggu reaksi dari obat sebelumnya. Jika masih belum maksimal silakan hentikan lalu minum Eritromisin.

Kelompok Orang Berisiko

Tidak ada klaim secara khusus yang menyebutkan kalau ada kelompok yang tidak boleh mengkonsumsi Eritromisin. Bahkan untuk ibu hamil dan menyusui sekalipun tidak diberi batasan tegas melainkan cukup dengan konsultasi terlebih dahulu. 

Namun ada beberapa kelompok orang yang sejatinya harus waspada ketika minum Eritromisin. Alangkah baiknya untuk bertanya dulu pada spesialis sebelum meminumnya. Berikut kelompok yang dimaksud:

  • Penderita Hipokalemia
  • Penderita gagal jantung kongestif
  • Pasien penyakit hati (liver)
  • Pasien lemah otot berat

Efek Samping Obat

Yang namanya obat pasti ada efek sampingnya begitu juga dengan obat Eritromisin. Jika bukan kontra indikasi yang dilanggar, efek samping ini bisa sembuh dengan sendirinya. Berikut efek samping yang dimaksud:

  • Diare ringan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut

Untuk efek samping di atas masih tergolong ringan. Lain soal jika pasien mengalami gejala kehilangan pendengaran, sesak napas dan denyut jantung lebih cepat. Jika ini yang terjadi lebih baik segera bawa ke dokter. 

Cara Konsumsi Obat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Eritromisin silakan konsumsi sesuai aturan pakai yang benar. Untuk mengetahuinya baca di label kemasan yang biasanya sudah tertulis lengkap. Berikut di-list cara pakai yang dimaksud:

  • Konsultasi dulu kepada dokter
  • Silakan obat diminum sebelum makan
  • Jika menggunakan Eritromisin cairan, kocok dulu botolnya
  • Pastikan waktu minum obat selalu sama
  • Jangan berhenti minum kecuali atas anjuran dokter

Demikian review singkat terkait dengan Eritromisin. Antibiotik untuk membunuh bakteri yang cukup bagus dan berkualitas. Saat ini produk obat inilah yang mulai viral dan laris.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis