fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Anthrax termasuk sebagai penyakit yang jarang terjadi, namun hal ini bisa dialami bagi diri seseorang yang bekerja pada lingkungan yang seringkali terpapar anthrax. Penderita yang mengalami hal ini maka membutuhkan vaksinasi untuk melakukan pencegahannya. Untuk bisa memastikan apakah Anda mengalami gejala Anthrax yaitu dengan mengkonsultasikannya kepada dokter (Baca juga Waspadai Minuman dan Makanan Penyebab Kanker Mulut!).

Informasi

Anthrax merupakan jenis penyakit infeksi yang disebabkan karena hewan ternak dan menjadi penyakit yang menular. Diri seseorang bisa saja terkena jenis penyakit ini jika bersentuhan secara langsung maupun mengkonsumsi daging hewan yang sudah terkena Anthrax. Jenis penyakit ini memang jarang dialami oleh manusia, akan tetapi masuk sebagai penyakit yang serius.

Salah satu penyebab dari penyakit ini yaitu adanya bakteri bacillus anthracis dan bakteri ini bisa menularkan dari hewan ternak ke manusia. Bakteri inilah yang bisa menghasilkan spora dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya di dalam tanah. Terlebih lagi apabila terdapat tempat yang bisa menjadikan bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia, misalnya saja melalui luka.

Gejala

Masing-masing manusia akan menunjukkan gejala yang tidak sama ketika mengalami penyakit Anthrax ini. Alasannya yaitu karena gejala yang ditimbulkan tergantung dari segi jalur dimana bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh diri seseorang. Berikut ini ada beberapa gejala yang bisa dibedakan berdasarkan pada cara penularannya:

Antraks Kulit

Gejala pada kulit ini bisa menimbulkan kemunculan benjolan kulit yang cukup banyak dan terasa gatal. Benjolan tersebut secara umum muncul pada area leher, wajah, maupun lengan. Benjolan tersebut bisa saja berubah menjadi borok yang berwarna hitam. Namun tidak menimbulkan rasa nyeri.

Anthrax Pencernaan

Pada Anthrax pencernaan bisa menimbulkan muntah dan mual, tenggorokan terasa sakit, perut terasa sakit, kesulitan menelan, sakit kepala, kemunculan benjolan di area leher. Bahkan sampai mengalami demam. Jika kondisinya semakin parah maka penderita bisa mengalami BAB berdarah atau diare.

Anthrax Pernapasan

Pada Anthrax pernafasan ini hampir menyerupai seperti gejala flu. Misalnya seperti nyeri saat menelan, penderita mengalami demam, kelelahan, dan nyeri pada bagian otot. Jika dibiarkan gejala ini bisa menimbulkan peradangan di bagian saraf tulang belakang atau selaput otak.

Penyebab

Penyebab dari penyakit Anthrax ini yaitu karena bakteri  bacillus anthracis masuk ke dalam tubuh  melalui beberapa cara berikut: 

  • Adanya bakteri yang mengenai bagian kulit terutama apabila kulit terinfeksi dan terluka oleh bakteri bacillus anthracis.
  • Terlalu sering mengkonsumsi daging binatang yang masih mentah atau daging binatang yang terkontaminasi oleh bakteri. Sehingga bagian saluran pencernaan mengalami infeksi.
  • Diri seseorang yang menghirup spora bakteri antraks maka menjadikan bakteri bisa masuk ke bagian saluran pernafasan dan menginfeksi bagian paru-paru.

Faktor Risiko

Ada beberapa hal yang menimbulkan diri seseorang akan berisiko mengalami Anthrax di antaranya:

  • Bekerja di dalam bidang peternakan
  • Tempat tinggal yang berdekatan dengan peternakan
  • Bekerja pada perusahaan pengolahan produk daging hewan yang berpeluang terhadap resiko Anthrax
  • Pekerja laboratorium 
  • Pekerja militer 
  • Wisatawan
  • Pekerja pengiriman barang

Diagnosis

Ada beberapa langkah diagnosis yang dapat dilakukan oleh dokter kepada penderita Anthrax di antaranya:

Tes Kulit

Diagnosis melalui tes kulit ini dilakukan oleh dokter dengan cara pengambilan sampel kulit yang diduga menjadi jalur masuknya bakteri. Pemeriksaan dilakukan di laboratorium.

Tes Darah

Tes darah dilakukan dengan cara pengambilan darah supaya bisa mengetahui keberadaan dari bakteri Anthrax yang terdapat di dalam darah.

Rontgen Dada

Untuk melihat apakah terdapat kelainan paru-paru yang ditimbulkan Anthrax yang terhirup maka dokter akan melakukan rontgen dada.

Pemeriksaan Feses

Sampel feses pada pasien juga akan diminta oleh dokter supaya bisa mengetahui keberadaan dari bakteri antraks melalui feses.

Pungsi Lumbal

Melalui prosedur pungsi lumbal ini maka jarum dimasukkan ke bagian celah tulang bagian belakang untuk diambil cairannya. Pada saraf tulang belakang untuk cairan tersebutlah yang akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Pengobatan

anthrax, penyakit anthrax
Penyakit Anthrax ialah penyakit yang jarang terjadi, tapi hal ini bisa terjadi pada orang yang bekerja di lingkungan yang terpapar anthrax.

Pengobatan harus dilakukan secara cepat. Untuk itu dokter memberikan kombinasi pada sejumlah antibiotik. Misalnya seperti ciprofloxacin, penisilin, dan doxycycline supaya proses pengobatan dapat berjalan lebih maksimal. Namun untuk tingkat keberhasilannya ditentukan pada faktor usia maupun kondisi kesehatan dari penderita.

Pencegahan

Supaya terhindarkan dari adanya faktor-faktor yang dapat memicu penularan bakteri Anthrax, maka Anda disarankan untuk melakukan beberapa pencegahan seperti berikut ini:

  • Saat mengkonsumsi daging pastikan bahwa daging tersebut sudah matang secara sempurna karena apabila kondisi daging setengah matang maka hal ini bisa memicu adanya bakteri yang terkontaminasi.
  • Menjalani vaksinasi Anthrax, terutama bagi diri pasien yang beresiko adanya penularan Anthrax.
  • Menghindari adanya interaksi pada binatang yang mengalami infeksi Anthrax. 

Pada biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan pengobatan yang tepat. Terlebih lagi bagi diri seseorang yang bekerja pada lingkungan ternak atau seseorang yang habis mengkonsumsi daging sapi setengah matang.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis