fbpx

Ekstrak Centella Asiatica

Okt 15, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf C | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Centella Asiatica atau lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai daun pegagan tentu sudah tidak asing lagi terutama di kalangan para penggemar produk kecantikan dan perawatan kulit (skin care). Pasalnya produk herbal yang kini semakin mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggemar produk kecantikan ini memang memiliki beragam khasiat kesehatan terutama kesehatan kulit. 

Informasi

Kelebihan utama yang dimiliki oleh Centella Asiatica atau daun pegagan adalah manfaatnya yang sangat baik untuk mengobati kulit yang berjerawat. Kemampuan menakjubkan yang dimiliki oleh ekstrak daun pegagan ini pertama kali diperkenalkan dan dipopulerkan di Negeri Ginseng yang kini memang menjadi salah satu kiblat produk – produk perawatan kulit dan kecantikan. 

Ekstrak Centella Asiatica memiliki manfaat yang sangat baik untuk menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat. Saat tumbuh jerawat kulit memang biasanya akan menjadi kemerahan, terasa sakit atau bahkan gatal. Kemampuan ekstrak tanaman ini adalah untuk mengobati iritasi atau radang yang timbul pada kulit sehingga jerawat akan mereda (Baca juga 7 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat).

Ada tiga kandungan senyawa aktif yang dipercaya sangat bermanfaat untuk kecantikan dalam ekstrak Centella Asiatica yakni Asiatic acid, asiaticoside, serta madecassic acid. Senyawa kaya akan antioksidan dan dapat bekerja sebagai pertahanan kulit dari radikal bebas. Asiaticoside akan menyeimbangkan kadar air dan minyak pada kulit. Sementara madecassic acid akan bekerja untuk menyembuhkan kulit serta sebagai obat untuk memperbaiki luka pada jaringan kulit. 

Kehebatan lain dari Centella Asiatica bagi kulit berjerawat adalah dapat memudarkan noda bekas jerawat. Noda bekas jerawat tentu menjadi salah satu momok yang paling tidak disukai oleh pemilik wajah berjerawat. Namun dengan menggunakan ekstrak ekstrak tanaman ini maka noda bekas jerawat dapat memudar karena kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan B2, karoten serta niacinamide. 

Daun pegagan ternyata juga mampu membantu memudarkan tampilan stretch mark pada kulit. Hal ini berkat kandungan senyawa triterpenoid di dalam ekstrak Centella Asiatica yang akan menaikkan jumlah kolagen yang diproduksi oleh tubuh. Kemampuan merangsang peningkatan produksi kolagen pada tubuh juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kemungkinan terbentuknya stretch mark yang baru.

Dosis

Ekstrak daun pegagan atau Centella Asiatica biasanya terdapat pada produk – produk kecantikan dan perawatan kulit. Oleh sebab itu dosis penggunaan tentu harus disesuaikan dengan dosis yang tertera pada bungkus atau kemasan produk. Secara umum, penggunaan produk perawatan kulit bisa satu kali ataupun dua kali satu hari tergantung jenis produknya. 

Apabila Anda memang memiliki keluhan kulit berjerawat yang cukup parah, maka pilihlah produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak Centella Asiatica dengan kadar 5% atau setidaknya 2,5% (Baca juga Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami). 

Kontraindikasi 

manfaat-ekstrak-centella-asiatica

Interaksi dengan Obat Lain 

Belum diketahui ada tidaknya interaksi daun pegagan dengan obat lainnya. Jika Anda juga sedang menggunakan produk lainnya sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Kelompok Orang Berisiko 

Ibu hamil serta menyusui dianjurkan untuk menghindari penggunaan produk yang mengandung ekstrak Centella Asiatica. Meski belum diketahui apakah ada efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan Centella Asiatica, namun tentu akan lebih aman apabila ibu hamil serta menyusui menghindari penggunaan produk berbahan dasar ekstrak tanaman Centella Asiatica.

Apabila memang sangat ingin menggunakan produk berbahan Centella Asiatica, ibu hamil serta menyusui sebaiknya bertanya terlebih dahulu ke dokter. Selain itu hindari pula penggunaan ekstrak tanaman ini bagi mereka yang memang memiliki riwayat kulit sensitif terhadap ekstrak tanaman pegagan.

Efek Samping

Meski dikenal dengan puluhan manfaat yang dimiliki oleh ekstrak Centella Asiatica ini, namun bukan berarti ekstrak tanaman herbal ini bebas dari efek samping. Efek samping ini tergolong ringan dan memang jarang ditemui kasusnya. Hanya saja pada beberapa orang dengan kulit sensitif maka efek samping ini mungkin akan sangat mengganggu.

Efek samping yang terkadang dapat timbul di kulit adalah rasa sedikit perih dan bahkan menimbulkan iritasi. Sementara bagi mereka yang sensitif, maka penggunaan Centella Asiatica bisa menimbulkan reaksi alergi. Reaksi alergi yang dapat timbul biasanya:

  • Rasa gatal
  • Perih dan terasa panas
  • Kulit membengkak
  • Timbul kemerahan pada kulit

Segera hentikan pemakaian apabila muncul efek samping di atas. Anda juga sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. 

Cara Konsumsi

Cara penggunaan produk mengandung Centella Asiatica biasanya dalam produk krim – krim oles. Sebelum menggunakan produk skincare dengan kandungan Centella Asiatica, Anda sebaiknya tes kulit untuk mengecek apakah Anda memiliki reaksi alergi terhadap kandungan produk tersebut. Oles krim Centella Asiatica di bagian lengan bawah kemudian jangan langsung dibilas. Diamkan selama kurang lebih 24 jam. 

Apabila tidak timbul rasa atau efek apapun pada kulit artinya kulit Anda aman menggunakan produk mengandung ekstrak tanaman tersebut. Selanjutnya gunakan sesuai dosis yang dianjurkan dan jangan melebihkan dosis hanya karena ingin hasil yang lebih cepat atau sebagainya. Pasalnya melebihkan dosis tidak berpengaruh besar terhadap kecepatan kerja produk kecantikan tersebut.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis