fbpx
BerandaHidup SehatEfek Samping Kurang Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu asupan yang sangat vital untuk mempertahankan fungsi tubuh. Kurang lebih 60% tubuh manusia terdiri dari air putih, sehingga kurangnya asupan air putih akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Tahukah Anda? Kurang minum air putih dapat berakibat kepada dehidrasi yang dapat mengancam kesehatan jiwa. Simak ciri-ciri hingga efek samping kurang minum air putih di artikel berikut!

efek samping kurang minum air putih

Ciri-ciri Anda kurang minum air putih

Kurangnya konsumsi air putih akan nampak secara nyata melalui setiap fungsi organ Anda. Ketahui apakah Anda mengalami beberapa gejala berikut.

1. Bau mulut 

Air putih bertugas untuk memproduksi air liur dan membersihkan bakteri untuk kesehatan gigi dan gusi. Ketika kadar air tidak cukup, mulut akan mudah kotor dan bau. 

2. Kelelahan

Kurang minum air akan berakibat kepada penurunan fungsi tubuh sehari-hari. Anda akan menjadi lebih mudah letih dan lesu karena terjadinya penurunan volume darah yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke organ-organ seperti otot. 

3. Sering Sakit

Air juga berperan penting untuk membantu mengeluarkan racun, limbah, dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi serta memperkuat sistem kekebalan. Kurangnya air akan menyebabkan Anda lebih mudah terpapar zat-zat penyebab penyakit.

4. Sembelit

Sistem pencernaan juga membutuhkan kadar air yang cukup. Air membantu feses agar lebih lembek sehingga mudah untuk dikeluarkan. Sembelit serta kotoran yang keras berarti Anda perlu mengonsumsi lebih banyak air.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Kulit kering

Air juga menghidrasi jaringan terluar Anda yakni kulit. Kulit kering, tidak elastis, terkelupas, dan berbagai macam kondisi buruk disebabkan oleh kurangnya konsumsi air.

6. Jarang buang air kecil

Ketika air yang ada di dalam tubuh tidak banyak, tentunya Anda tidak akan merasa perlu buang air kecil. Selain itu, urin Anda akan berwarna kuning gelap dengan bau yang kuat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek samping akibat kurang minum air putih

Secara keseluruhan, kurang minum air putih akan menyebabkan setiap organ dan jaringan tubuh Anda melemah. Anda akan cenderung mudah sakit dan tidak fit selama melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut 10 efek samping utama yang dapat muncul akibat kurang minum air putih.

1. Sakit kepala terus-menerus

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan kondisi dehidrasi. Dalam kondisi ini, otak dan jaringan lain di tubuh akan menyusut dan memberi tekanan pada saraf sehingga kepala terasa sakit. 

2. Sembelit

Sistem pencernaan Anda dapat berfungsi dengan wajar karena kadar air yang cukup. Konsumsi air yang kurang akan membuat feses lebih keras, bahkan proses pembuangan feses juga akan menjadi lebih keras dan sulit. Air yang ada tidak mampu merangsang feses untuk keluar dengan normal.

3. Kulit kusam dan banyak masalah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air membantu menjaga kelembaban kulit. Sehingga, efek samping kurang minum air putih adalah kulit akan menjadi lebih kusam, tidak elastis, dan kasar ketika tidak memiliki kandungan air yang cukup.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Mudah lelah

Air berfungsi untuk meningkatkan energi Anda dengan cara membantu peredaran darah menyuplai oksigen ke otot-otot. Sehingga, konsumsi air yang kurang berujung kepada letih yang konstan.

5. Berat badan meningkat

Kurangnya minum air akan membuat Anda menjadi lebih mudah lapar dan lebih sering makan. Alih-alih mengonsumsi air putih yang dapat menghilangkan rasa lapar, Anda justru akan meningkatkan kalori dan lemak dari konsumsi makanan.Efek samping kurang minum air putih adalah berat badan yang naik.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Mulut kering dan bau

Selaput lendir yang kering di dalam mulut akan mengurangi produksi air liur. Tidak hanya mulut menjadi kering dan bau, Anda juga akan menjadi lebih sulit berbicara, menelan, bahkan bernapas.

7. Sulit konsentrasi

Otak terdiri dari sekitar 80% air, sehingga penurunan kadar air akan berdampak sangat besar. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penurunan fungsi memori. Anda akan menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi sebagai efek samping kurang minum air putih.

8. Meningkatkan resiko stroke

Peredaran darah dan jantung sangat memerlukan kadar air yang cukup. Kondisi dehidrasi dapat meningkatkan risiko stroke dan gangguan jantung lainnya karena aliran darah menjadi lebih sulit untuk diedarkan ke organ tersebut.

9. Menjadi lebih moody dan emosi

Dehidrasi air juga bisa membuat suasana hati Anda menjadi tidak teratur. Suasana hati akan memburuk karena kondisi tubuh juga memburuk. Segera minum air putih jika Anda mulai merasa mudah tersinggung dan marah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

10. Memperlambat metabolisme Anda

Metabolisme dapat membantu tubuh melawan penyakit. Sedangkan, metabolisme yang buruk juga akan memperburuk kondisi tubuh Anda sehingga menjadi mudah sakit. Cukupi kebutuhan air Anda agar terhindar dari bakteri, virus, dan zat berbahaya lainnya sehari-hari.

Demikian 10 efek samping kurang minum air putih. Jaga selalu kesehatan Anda dengan membaca berbagai artikel seputar informasi kesehatan dari Apotek Online Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsumsi setidaknya 8 gelas air dalam sehari dengan asupan multivitamin untuk kesehatan optimal. ENERVON C MULTIVITAMIN (Rp34.172) adalah multivitamin yang mengandung Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin D, Niasinamide, dan Kalsium pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman