fbpx
BerandaHidup SehatCukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Kurangnya nutrisi pada pasien kanker dapat menyebabkan tubuh dan imunitas menurun drastis, padahal pasien sangat memerlukan energi dan kalori besar. Pasien yang sedang melalui masa penyembuhan kanker perlu energi banyak agar dapat melakukan terapi kemoterapi dan melawan pertumbuhan sel kanker. Karena itulah, pasien memerlukan diet yang terdiri dari makanan yang dianjurkan dan makanan yang perlu dibatasi. Simak penjelasan lengkap terkait diet pada penyakit kanker di artikel berikut.

diet pada penyakit kanker

Aturan diet penyakit kanker

Menurut Kemenkes, ada beberapa diet yang harus sangat diperhatikan oleh pasien kanker.

  1. Penuhi asupan energi kurang lebih sebanyak 36 kkal per kilogram berat badan untuk pria dan 32 kkal per kilogram berat badan untuk wanita
  2. Penuhi asupan protein sebanyak 1-1,5 gram per kilogram berat badan
  3. Asupan lemak hanya dikonsumsi 15-20% dari energi total
  4. Cukup karbohidrat, vitamin, dan mineral
  5. Pastikan makanan yang bersih, matang, dan dibuat dari bahan steril agar pasien terhindar dari risiko penurunan imunitas yang dapat mengakibatkan infeksi 
  6. Sesuaikan bentuk makanan dengan kondisi pasien, berikan makanan padat dan kering jika sering mual, dan sebaliknya berikan makanan cair atau lunak jika kesulitan menelan
  7. Minum banyak cairan sepanjang hari, mulai dari air, infused water, atau jus
  8. Jangan sampai mengonsumsi daging, ikan, dan unggas yang dimasak mentah atau setengah matang
  9. Jangan pula minum cairan yang tidak dipasteurisasi

Sebisa mungkin, selalu cukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari pasien baik dalam bentuk cairan atau padat. Kurangnya nutrisi juga dapat menjadi penyebab penyakit kanker menjadi lebih buruk dan tak kunjung sembuh.

Rekomendasi menu untuk diet penyakit kanker

Setelah memahami aturan diet di atas, kini Anda perlu mengetahui bahan-bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Dianjurkan untuk memasak makanan sendiri daripada mengonsumsi makanan jadi, apalagi makanan cepat saji.

  • Protein nabati

Sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian kaya akan vitamin dan mineral. Selain protein nabati, Anda juga dapat memilih protein hewani tanpa lemak seperti ayam atau ikan.

  • Lemak sehat

Tidak semua lemak itu jahat. Lemak tak jenuh atau lemak sehat yang ditemukan pada alpukat, minyak zaitun, dan kenari, serta ikan kembung, ikan salmon yang mengandung asam lemak Omega 3. Asam lemak ini dapat membantu meredakan peradangan sekaligus meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Karbohidrat Sehat

Gandum utuh, dedak, dan gandum tinggi adalah jenis karbohidrat sehat yang kaya akan serat larut. Selain membantu menjaga bakteri usus yang baik, karbohidrat sehat juga membantu mendukung metabolisme tubuh.  

  • Vitamin

Buah-buahan, khususnya yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan vitamin D seperti mangga dapat memenuhi kebutuhan sehat tubuh. Vitamin dan mineral yang cukup dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi informasi seputar diet untuk penyakit kanker. Anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan yang direkomendasikan untuk berkreasi di rumah. Jangan lupa untuk makan tepat waktu yang diikuti dengan konsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter.

Untuk diet yang paling optimal, sebaiknya rencanakan menu diet penyakit kanker dengan ahli gizi atau nutrisionis yang telah memiliki lisensi resmi. Di samping itu, dianjurkan juga untuk melakukan konsultasi rutin ke dokter guna mendapatkan obat dan perawatan yang tepat.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.


Referensi

Image by jcomp on Freepik

Rajagopal, S.. Cancer Diet: Foods to Add and Avoid During Cancer Treatment. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/cancer/cancer-diet-foods-to-add-and-avoid-during-cancer-treatment#:~:text=Some%20of%20the%20best%20foods,%2C%20legumes%2C%20nuts%20and%20seeds

Semadi, M. S.. (2O22). Pengaturan Pola Makan pada Penderita Kanker. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/952/pengaturan-pola-makan-pada-penderita-kanker

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet penyakit tbc

Bantu Proses Penyembuhan, Cek Diet Penyakit TBC Berikut

Hidup Sehat   06/11/2022
diet penyakit saluran cerna bawah

Ini Diet Penyakit Saluran Cerna Bawah: Konstipasi, Diare, Seliak, dan lain-lain

Hidup Sehat   06/11/2022
diet untuk penyakit maag

8 Tips Diet untuk Penyakit Maag

Hidup Sehat   04/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman