fbpx
BerandaHidup Sehat6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Sirosis hepatis adalah kondisi di mana organ hati tidak dapat melakukan fungsi utamanya seperti metabolisme, produksi protein, produksi faktor pembekuan darah, dan penyaringan racun dalam darah. Jika tidak diobati dan dirawat, sirosis hati dapat berujung ke kematian. Pemberian obat-obatan medis dan pola makan yang tepat dapat membantu pasien untuk memulihkan kesehatan. Karena itulah, cek aturan diet untuk penyakit sirosis hepatis beserta pantangannya di sini.

diet untuk penyakit sirosis hepatis

Kenapa penderita Sirosis dianjurkan untuk diet?

Penyebab sirosis hati bermacam-macam, namun adanya konsumsi alkohol berlebih, riwayat penyakit hati kronis (termasuk hepatitis), serta tumpukan lemak pada hati ditemukan sebagai tiga faktor umum. Di luar itu, sirosis hati juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Karena organ hati tidak lagi mampu menjalankan fungsi terkait metabolisme dan pencernaan, pasien akan mendapati tubuhnya menjadi lebih lemas dan kekurangan nutrisi. 

Diet sirosis hati

Diet pasien sirosis hati pada umumnya terdiri dari pantangan seperti alkohol, lemak, dan makanan tidak matang, serta anjuran seperti perbanyak energi kalori.

1. Hentikan konsumsi alkohol

Alkohol harus dicerna oleh organ hati, dan minum alkohol hanya akan memperburuk kondisi ketika organ hati sudah tak berfungsi.

2. Kurangi lemak

Lemak akan dicerna melalui empedu yang didukung oleh kesehatan organ hati. Ketika hati sudah rusak, empedu dan segala proses pencernaan terganggu dan tidak dapat memprosesnya dengan baik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Hindari daging mentah atau setengah matang

Metabolisme pasien sirosis hati melemah seiring waktu. Maka dari itu, daging mentah yang dapat menjadi sarang bakteri dan virus berpotensi menyerang tubuh pasien.

4. Perbanyak kalori dan protein

Kerusakan pada organ hati  membuat tubuh Anda memerlukan lebih banyak energi. Dengan begitu, untuk menghindari berkurangnya massa otot, anda bisa meningkatkan jumlah protein dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur, ikan, daging merah, serta produk susu.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Makan lebih sedikit, namun lebih sering

Daripada makan besar setiap 3 kali dalam sehari, dianjurkan untuk makan sedikit setiap 2 hingga 3 jam. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya karbohidrat yang tetap sehat seperti sereal atau bubur. 

6. Kurangi garam 

Ketika mengalami sirosis, pasien dapat mengalami retensi cairan yang mengakibatkan pembengkakan kaki, serta perut. Mengurangi garam dapat mengurangi pembengkakan yang tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan kelelahan.

Jika Anda ingin mengurangi garam, Anda perlu sangat teliti dalam membaca label makanan. Karena ada beberapa makanan olahan yang memiliki kandungan garam sangat tinggi. 

Namun, banyak juga produk label rendah garam yang mungkin memiliki kandungan lain berlebih yang bisa menjadi berbahaya jika dikonsumsi. Contohnya, makanan kaya kalium dapat meningkatkan risiko masalah jantung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah tadi informasi seputar diet untuk penyakit sirosis hepatis. Anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan yang direkomendasikan untuk berkreasi di rumah. Jangan lupa untuk makan tepat waktu yang diikuti dengan konsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter.

Untuk diet yang paling optimal, sebaiknya rencanakan menu diet penyakit TBC dengan ahli gizi atau nutrisionis yang telah memiliki lisensi resmi. Di samping itu, dianjurkan juga untuk melakukan konsultasi rutin ke dokter guna mendapatkan obat dan perawatan yang tepat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.


Image by wayhomestudio on Freepik

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022
diet penyakit tbc

Bantu Proses Penyembuhan, Cek Diet Penyakit TBC Berikut

Hidup Sehat   06/11/2022
diet penyakit saluran cerna bawah

Ini Diet Penyakit Saluran Cerna Bawah: Konstipasi, Diare, Seliak, dan lain-lain

Hidup Sehat   06/11/2022
diet untuk penyakit maag

8 Tips Diet untuk Penyakit Maag

Hidup Sehat   04/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman