fbpx
BerandaHidup SehatDiet Keto, Amankah Bagi Tubuh?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz

Diet Keto, Amankah Bagi Tubuh?

Diet keto merupakan salah satu metode diet yang sangat populer di kalangan masyarakat. Mungkin Anda juga sangat familiar dengan salah satu metode diet ini. Bagi Anda yang belum pernah mendengar metode diet ini, yuk simak ulasan mengenai diet keto berikut ini.

Apa Itu Diet Keto?

Diet ketogenik atau diet keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Meskipun memiliki manfaat sebagai perawatan medis untuk kelompok orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti epilepsi dan masalah sistem saraf, tidak banyak studi yang merekomendasikannya sebagai teknik penurunan berat badan jangka panjang untuk orang sehat.

Jika Anda ingin melakukan diet ini, biasanya diet ini dilakukan dengan pengurangan karbohidrat menjadi <50 g/hari, dan peningkatan relatif dalam proporsi protein dan lemak. Anda juga dapat mengkonsumsi Calorease – Soho – 30 kaplet – Suplemen diet mengandung serat (Rp160.900) untuk mengurangi berat badan Anda.

Tipe Diet Keto

Diet keto memiliki beberapa tipe, antara lain:

Diet Ketogenik Standar

Diet jenis ini adalah konsumsi karbohidrat yang sangat rendah dengan protein sedang dan konsumsi tinggi lemak. Biasanya mengandung 70%lemak, 20& protein dan hanya 10% karbohidrat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Diet Ketogenik Siklis

Pada diet jenis ini mengonsumsi karbohidrat yang lebih tinggi di antara siklus diet ketogenik, misalnya, lima hari ketogenik diikuti oleh dua hari karbohidrat tinggi sebagai suatu siklus.

Target Ketogenik Diet

Diet jenis ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang rutin melakukan latihan fisik intensif. Diet ini memungkinkan penambahan karbohidrat tambahan pada latihan fisik intensif.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Diet Ketogenik Protein Tinggi

Diet ini mengonsumsi lebih banyak protein dan perbandingannya sekitar 60% lemak, 35% protein, dan 5% karbohidrat. Namun perlu Anda pahami bahwa pada diet keto jenis ini konsumsi lemak masih sangat tinggi.

Amankah Diet Keto Bagi Kesehatan?

Mungkin Anda sering mendengar bahwa diet keto banyak dilakukan oleh orang sehat untuk menurunkan berat badan. Padahal banyak penelitian telah menunjukkan bahwa diet memiliki manfaat jangka pendek pada beberapa orang termasuk dalam penurunan berat badan, peningkatan kolesterol total, gula darah, dan tekanan darah. Walaupun diet ketogenik bisa cepat dan efektif dalam jangka pendek, tetapi sulit untuk mempertahankannya karena konsumsi karbohidrat sangat terbatas. Kunci untuk mempertahankan berat badan yang sehat dalam jangka panjang adalah pola makan yang bisa Anda pertahankan dalam jangka waktu yang panjang.

Menurut Kevin Halim (salah satu nutrisionis Lifepack) juga menambahkan, bahwa diet ketogenik sebenarnya adalah metode diet yang diperuntukan untuk orang yang mengidap penyakit epilepsi dan masalah saraf dan otak, dan bukanlah untuk orang sehat. Diet keto merupakan diet yang mengandalkan lemak sebagai sumber utama energi dibanding karbohidrat. Pemecahan asam lemak yang berlebih untuk dijadikan energi dapat menyebabkan senyawa keton pada lemak menjadi berlebihan dalam tubuh. Kejadian ini disebut dengan ketosis, dimana darah mengalami penumpukan keton yang menyebabkan pH darah menjadi asam. Ketosis dapat menyebabkan gagal fungsi berbagai organ dan cairan dalam tubuh.

Sehingga, diet keto merupakan diet yang tidak disarankan untuk dijalankan dalam jangka panjang bagi orang sehat. Untuk menurunkan berat badan, lebih disarankan untuk melakukan diet gizi seimbang dengan jumlah karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang namun jumlahnya dikurangi secara bertahap.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda perlu mengingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, dan tidak ada metode penurunan berat badan yang akan cocok untuk semua orang. Sehingga sebaiknya jika Anda ingin melakukan program diet, konsultasikan terlebih dahulu pada ahli gizi ataupun dokter sehingga risiko buruk dapat dihindari. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman