fbpx
BerandaCovid-19Deltacron: Varian Virus Covid Baru?

Coronavirus selalu bermutasi dan menimbulkan varian baru. Salah satu varian Covid yang baru saja muncul adalah Deltacron. Apa itu Deltacron? Apa saja gejalanya? Apakah varian ini berbahaya? Berikut penjelasan lengkap tentang Deltacron mulai dari asal mula hingga gejalanya.

deltacron

Apa itu Deltacron?

Deltacron adalah varian Covid yang datang dari kombinasi varian Covid sebelumnya, yakni varian Delta dan Omicron.  

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, seperti yang dilansir dari cnbc.com, menyatakan bahwa Deltacron saat ini merupakan variant under monitoring (VuM) yang berarti masih dalam tahap pemantauan. 

Proses penularan varian baru ini masih belum dipastikan apakah terjadi secara cepat atau lambat. Namun, varian kombinasi ini sudah masuk ke Indonesia sejak sebulan terakhir dan tidak ditemukan adanya perkembangan yang signifikan.

Dari mana Deltacron berasal?

Pada 7 Januari lalu, para ilmuwan di Siprus melaporkan varian Covid baru yang dinamakan Deltacron, seperti yang dilansir dari medicalnewstoday.com.

Pimpinan ilmuwan yang bernama Dr. Leondios Kostrikis, seorang profesor Ilmu Biologi di Universitas Siprus, menyatakan bahwa varian ini memiliki genom yang serupa dengan Delta dan karakteristik yang sama dengan Omicron.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bersamaan dengan laporan tersebut, tim ilmuwan menyatakan bahwa Deltacron telah ditemukan pada 25 orang yang beberapa dirawat di rumah sakit.

Di mana saja Deltacron telah ditemukan?

Menurut surat kabar berbasis Inggris The Guardian, varian Deltacron telah ditemukan di beberapa wilayah Prancis dan tampaknya sudah beredar sejak awal tahun 2022. Virus dengan genom yang serupa juga telah dilaporkan dari Denmark dan Belanda. Sebagian kasus juga dilaporkan dari Amerika Serikat, sedangkan 30 kasus dilaporkan oleh Inggris. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tetapi, ada kemungkinan bahwa virus kombinasi Delta dan Omicron yang ditemukan di Amerika Serikat dan Inggris berbeda dengan kombinasi yang ada di Eropa. 

Dr, Etienne Simon-Loriere, ahli virologi dari Institut Pasteur di Prancis, menjelaskan bahwa rekombinan Delta-Omicron yang dilaporkan di Inggris dan Amerika Serikat tampaknya menggabungkan bagian berbeda dari virus induknya, dan oleh karena itu berbeda dengan varian yang ditemukan di Prancis.

Ia menyatakan bahwa mungkin saja rekombinan virus Delta dan Omicron yang berbeda dapat memunculkan nama yang berbeda pula.

Hingga saat ini, varian kombinasi Delta dan Omicron masih terus dipantau perkembangannya baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apakah Deltacron berbahaya dan beresiko tinggi?

Dilansir dari CNN, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengatakan bahwa varian Deltacron masih harus dipantau untuk mengetahui karakteristiknya. 

Sama seperti perkataan Menteri Kesehatan sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) masih mengklasifikasikan Deltacron sebagai varian yang dipantau mengingat kasus yang ditemukan masih sedikit dan masih belum memberikan dampak signifikan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa saja gejala Deltacron?

Dr. Etienne Simon-Loriere, ahli virologi di Institut Pasteur di Paris, mengatakan bahwa tubuh akan mengenali varian Deltacron sebagai varian Omicron. Sehingga, gejala Deltacron akan serupa seperti varian Omicron yang sedang banyak ditemukan saat ini. 

Berikut 14 gejala yang paling banyak ditemukan pada kasus Omicron dan harus Anda waspadai:

  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk terus-menerus
  • Suara serak
  • Menggigil atau kedinginan
  • Demam
  • Pusing
  • kabut otak
  • Nyeri otot
  • Kehilangan penciuman
  • Sakit dada

Segera lakukan isolasi mandiri dan istirahat jika Anda mengalami beberapa gejala yang dicantumkan di atas. Redakan gejala pilek dan flu dengan obat pilek Procold Flu Batuk – 6 kaplet (Rp7.800). Anda juga bisa atasi nyeri tubuh dan otot dengan Sumagesic 600 Mg – Parasetamol (Rp59.200). Konsultasi dengan dokter dan lakukan tes Covid jika gejala tidak kunjung sembuh.

Bagaimana cara mencegah Deltacron?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, sesuai yang diinformasikan oleh Detik.com, menjelaskan bahwa pencegahan efektif untuk varian Deltacron dan jenis-jenis baru Covid-19 adalah melalui vaksinasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ia mengimbau masyarakat untuk segera mendapat vaksinasi dua dosis, serta vaksin booster. Vaksinasi dapat membantu tubuh untuk terhindar dari Covid-19 dan tidak mendapatkan gejala yang parah apabila tertular.

“Kuncinya kita harus lengkapi vaksinasi dua dosis, serta perlu menambah dosis ke 3 atau booster untuk menambah pertahanan kita dari sub varian Omicron ini. Tidak lupa, tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat,” ungkap Direktur tersebut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jaga selalu protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker ketika berkegiatan di luar rumah. Imbangi protokol kesehatan dengan rutin berolahraga, konsumsi buah dan sayuran, serta asupan multivitamin dan suplemen untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi obat-obatan untuk batuk dan flu jika mengalami gejala Omicron maupun Deltacron. 

Ingin konsultasi seputar kesehatan flu dan batuk dengan dokter? Nikmati kemudahan konsultasi gratis dengan dokter umum dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan keluhan dan pertanyaan Anda melalui WhatsApp di link ini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hepatitis pada anak

Adakah Pengaruh Antara Vaksin Covid dan Penyebab Hepatitis Akut Pada Anak?

Covid-19   16/06/2022
gejala omicron ba.4 dan ba.5

Cek Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Covid-19   15/06/2022
omicron BA.4 dan BA.5

Omicron BA.4 dan BA.5: Varian Covid-19 terbaru

Covid-19   15/06/2022
terapi ispa

Obati Infeksi Saluran Pernapasan dengan Terapi ISPA

Covid-19   24/03/2022
cara menggunakan asuransi saat terkena covid

Cara Menggunakan Asuransi Saat Terkena Covid

Covid-19   17/03/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman