fbpx
BerandaHidup SehatAnak Mengeluh Saat Berpuasa? Berikut 7 Tips Mengatasinya

Belajar berpuasa di bulan Ramadhan seringkali dilakukan sejak anak berada di usia dini. Namun, tidak jarang anak sering mengeluh saat berpuasa karena merasa lapar, haus, bahkan lelah. Orang tua mengemban tanggung jawab untuk mengedukasi anak bahwa puasa merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Berikut beberapa tips mengatasi anak mengeluh saat berpuasa yang bisa Anda coba lakukan.

anak berpuasa

1. Berikan menu sahur yang tepat

Agar anak dapat beraktivitas dengan lebih senang, orang tua harus memberikan anak menu sahur yang bergizi dan cukup. Berikan asupan makanan yang akan menunjang daya tahan tubuh dan energi anak. 

Di samping itu, pastikan anak untuk menghabiskan menu sahurnya. Konsumsi sahur yang tepat dan tuntas akan memberikan anak energi yang cukup untuk berpuasa seharian.

2. Terus berikan edukasi dengan sabar

Ketika anak mengeluh, Anda harus bersabar dan terus mengingatkan anak akan tujuan berpuasa. Anda bisa mengingatkannya bahwa puasa bertujuan sebagai ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Di sisi lain, Anda juga bisa memberikan anak akan manfaat puasa dari aspek kesehatan.

Yang terpenting jangan pernah lelah untuk merespon keluhan anak dengan baik. Proses puasa adalah proses pembelajaran yang akan sangat bermanfaat untuk masa depannya kelak.

3. Berikan dukungan sepanjang hari

Selain memberikan edukasi, ada baiknya orang tua memberikan dukungan sepanjang hari. Anda bisa memberikan semangat ketika siang hari tiba melalui ucapan-ucapan yang baik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dukungan mental dan emosional akan membantu anak untuk dapat melalui hari dengan pikiran positif. Anak juga akan mengetahui bahwa Ia tidak melakukan puasa sendirian.

4. Ajak anak untuk mengisi hari dengan produktif

Hindari aktivitas yang tidak produktif seperti rebahan atau tidur sepanjang hari agar puasa dapat berjalan dengan efektif. Orang tua dapat menemani anak dengan belajar atau melakukan aktivitas kreatif yang membuat otaknya terus berjalan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tentunya, hindari juga aktivitas berlebihan yang memerlukan tenaga fisik seperti berlarian. Anda bisa mengajak anak untuk membaca Al-Quran atau belajar menggambar. Berikan waktu istirahat yang cukup di sela-sela aktivitas.

5. Berikan menu berbuka yang lezat dan bergizi

Di akhir hari, berikan anak menu favoritnya sebagai bentuk imbalan atau rewards karena telah berusaha seharian. Anda bisa mengkreasikan menu lezat dan sehat yang sesuai dengan seleranya.

Jangan ikuti kemauan anak jika menu yang diinginkan berupa makanan dengan terlalu banyak kandungan gula. Makanan dengan banyak gula justru akan membuat anak cepat letih setelahnya. Berikan juga makanan dalam jumlah yang cukup dan pantau apakah anak sudah merasa kenyang sebelum menjadi terlalu kenyang.

6. Berikan anak tidur yang berkualitas

Hari berpuasa yang produktif akan membuat anak letih dengan sendirinya ketika malam tiba. Maka dari itu berikan anak waktu tidur yang berkualitas dan jagalah ketenangan di malam hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Rekomendasi waktu tidur untuk anak usia 3 hingga 5 tahun adalah 10–13 jam. Sedangkan untuk anak usia 6 hingga 12 tahun adalah 9–12 jam. Di atas itu, remaja 13 hingga 18 tahun sebaiknya tidur sebanyak 8–10 jam.

7. Jangan lakukan puasa dengan memaksa

Anak memiliki karakter dan daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Orang tua harus memahami betul apakah anak sekadar mengeluh atau memang tidak lagi kuat untuk melakukan puasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan memaksa anak untuk berpuasa jika memang Anak terlihat sudah tidak kuat. Paksaan hanya akan membuat mood anak menjadi buruk dan menurunkan daya tahan tubuhnya. Selain itu, puasa dengan paksaan juga bukanlah proses pembelajaran yang efektif. 

Anda bisa mengajak anak untuk melakukan puasa keesokan harinya jika hari ini gagal. Untuk anak kecil, Anda bisa mencoba mengajak anak melakukan puasa bertahap mulai dari ¼ hari, ½ hari, lalu 1 hari penuh.

Demikian 7 tips mengatasi anak mengeluh saat berpuasa. Berikan anak asupan suplemen dan multivitamin saat sahur untuk dapat beraktivitas seharian. Stimuno Sirup Rasa Anggur 100 ml – 1 botol (Rp37.000) dapat merangsang tubuh anak untuk memproduksi antibodi yang lebih serta mengaktifkan kinerja daya tahan tubuh agar bekerja optimal. Dilengkapi dengan rasa anggur yang lezat dan aman untuk anak usia di atas 1 tahun.

Jangan paksa anak untuk berpuasa penuh ketika sedang sakit seperti batuk dan flu. Berikan anak asupan makanan sehat dengan obat-obatan batuk dan flu dari Lifepack. Redakan flu dan batuk yang tak kunjung sembuh dengan HUFAGRIP BP 60 ML – Obat Batuk Pilek (Rp21.667).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi seputar kesehatan anak dengan dokter? Nikmati kemudahan konsultasi gratis dengan dokter umum dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan keluhan dan pertanyaan Anda melalui WhatsApp di link ini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022
nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman