fbpx

D-alpha Tocopherol

Nov 18, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf D | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Memiliki kulit yang cantik dan mulus menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun banyaknya aktivitas yang dilakukan terutama di luar ruangan, apalagi pada kondisi kulit di atas usia 30 tahun menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaban maupun elastisitasnya. Untuk mengatasi kondisi tersebut Anda memerlukan konsumsi vitamin E yang cukup. Konsumsi makanan dengan vitamin E terkadang kurang mencukupi asupan, sehingga masih ditambah konsumsi suplemen D-alpha Tocopherol (Baca juga Vitamin Buat Daya Tahan Tubuh yang Bagus dan Aman).

Informasi

D-alpha Tocopherol merupakan vitamin E yang berfungsi memelihara kesehatan kulit, mata, sel darah, otak, dan kesuburan organ reproduksi. Sumber vitamin E yang utama bisa diperoleh dari makanan sehari-hari seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Juga bisa diperoleh dari sayur dan buah, seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan, meskipun jumlahnya sangat sedikit.

tocopherol
Konsumsi makanan dengan vitamin E terkadang kurang mencukupi asupan, sehingga masih ditambah konsumsi suplemen D-alpha Tocopherol.

Kebutuhan vitamin E seseorang sebetulnya dapat dicukupi dari konsumsi makanan dengan kandungan vitamin E. Namun beberapa orang dapat mengalami kekurangan vitamin E akibat malnutrisi maupun gangguan penyerapan vitamin E, sehingga membutuhkan tambahan konsumsi vitamin E dari suplemen.

Suplemen D-alpha Tocopherol dapat dikonsumsi harian untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin E. biasanya tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan vitamin E 200 IU atau 400 IU. Penggunaan untuk perawatan kulit biasanya disesuaikan rentang usia dan kondisi kulit. Ukuran 1 mg vitamin E setara dengan 1- 2 IU.

Dosis

Kebutuhan normal vitamin E harian tiap orang berbeda-beda, tergantung usianya. Kebutuhan vitamin E dikatakan tercukupi apabila sesuai dengan nilai angka kecukupan gizi (AKG). Nilai AKG vitamin E untuk usia 0-6 bulan adalah 4 mg, usia 7-12 bulan 5 mg, usia 1-3 tahun 6 mg, usia 4-8 tahun 7 mg, usia 9-13 tahun 11 mg, usia 14-18 tahun, dewasa dan ibu hamil sebanyak 15 mg, sedangkan untuk ibu menyusui sebanyak 19 mg.

Konsumsi D-alpha Tocopherol untuk kondisi defisiensi vitamin E pada anak-anak bisa digunakan dengan takaran 2-20 mg per Kg/BB selama sekali sehari. Sedangkan konsumsi untuk dewasa sekitar 40-50 mg per harinya.

Konsumsi D-alpha Tocopherol untuk penderita cystic fibrosis pada anak-anak sebanyak 50-200 mg per hari, sedangkan untuk dewasa 100-200 mg per hari. D-alpha Tocopherol juga bisa dikonsumsi oleh penderita kelainan abetalipoproteinemia dengan dosis anak-anak maupun dewasa 50-100 mg sekali sehari.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

D-alpha Tocopherol jika dikonsumsi bersamaan dengan obat yang mengandung cholestyramine dan orlistat mampu menyebabkan terganggunya penyerapan vitamin E. Konsumsi dengan dosis tinggi dan bersamaan dengan warfarin dapat meningkatkan risiko perdarahan. Selain itu juga mampu menurunkan efektivitas suplemen zat besi.

Kelompok Orang Berisiko

Suplemen D-alpha Tocopherol tidak dianjurkan dikonsumsi oleh perokok, penderita Alzheimer, kerusakan mata, penurunan fungsi mental, penyakit jantung, diabetes, gangguan ginjal, penyakit kulit kronis, defisiensi vitamin K, dan gangguan pembekuan darah. Ada baiknya Anda konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E.

Penggunaan suplemen ini dalam batas sesuai anjuran untuk ibu hamil dan menyusui tidak menunjukkan risiko terhadap janin maupun bayi. Untuk penggunaan lebih tinggi dari dosis belum ada studi secara langsung. Namun ada baiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini, takutnya akan meningkatkan risiko kecacatan hingga keguguran pada janin dan timbul reaksi alergi pada bayi.

Efek Samping

D-alpha Tocopherol apabila dikonsumsi sesuai dosis jarang menimbulkan efek samping. Namun konsumsi suplemen ini dalam jumlah berlebihan mampu mengakibatkan diare, kram perut, mual, tubuh menjadi lemah, sakit kepala, gangguan penglihatan, dan ruam kulit. Segeralah pergi ke dokter apabila mengalami gejala efek samping dari konsumsi D-alpha Tocopherol.

Cara Konsumsi

Anda yang akan mengonsumsi D-alpha Tocopherol, ada baiknya baca terlebih dulu informasi pada kemasan. Konsumsi vitamin E ini sebaiknya sesuai dengan dosis yang dianjurkan atau sesuai resep dari dokter. D-alpha Tocopherol sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makanan supaya penyerapan vitamin E dalam tubuh bekerja secara maksimal, karena pelarutan vitamin E membutuhkan bantuan lemak yang berasal dari makanan.

Apabila Anda mengonsumsi vitamin E dan akan melaksanakan operasi, sebaiknya beritahukan kepada dokter. Biasanya dokter menyarankan untuk berhenti konsumsi vitamin E terlebih dulu sebelum operasi dilakukan kurang lebih selama dua minggu. Konsumsi suplemen vitamin E dalam jangka panjang juga tidak begitu dianjurkan karena dapat menyebabkan gagal ginjal, sehingga ada baiknya konsultasikan dengan dokter.

Sejatinya konsumsi suplemen vitamin E bertujuan untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan vitamin tersebut, terutama ketika asupan vitamin E dari makanan tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Sehingga perlu diingat bahwa suplemen vitamin E digunakan hanya sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi, bukan pengganti nutrisi dari makanan dengan artian Anda tetap harus makan makanan bervitamin E meskipun juga mengonsumsi suplemen vitamin E.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis