fbpx

6 Penyebab Batuk Berdarah, Gejala, dan Diagnosisnya

Nov 18, 2020 | Telemedik | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Batuk merupakan penyakit yang biasa terjadi, apa lagi ketika masuk pergantian musim penghujan. Biasanya penyakit yang satu ini menjadi gejala penyerta flu. Anda mungkin salah satu orang yang pernah mengalaminya. Tapi tahukah Anda ternyata batuk tidak sesepele itu. Terlebih jika batuk sudah disertai dengan darah. Biasanya hal ini akan membuat orang khawatir dan panik. Lalu, apa penyebab batuk berdarah?

Batuk berdarah sangat berbeda dengan muntah yang disertai darah. Karena biasanya batuk berdarah berasal dari saluran pernapasan, sedangkan muntah darah berasal dari saluran pencernaan. Batuk berdarah biasanya merupakan gejala dari suatu penyakit yang serius, meski tidak selalu seperti itu. Anda juga mungkin bertanya-tanya batuk berdarah yang Anda alami penyakit apa?

Namun apa saja sih penyebab seseorang mengalami batuk berdarah? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

5 Penyebab Batuk Berdarah

1. Infeksi Paru

Infeksi paru merupakan salah satu penyebab batuk berdarah yang cukup sering terjadi. Hal ini terjadi karena infeksi paru dapat menimbulkan luka di paru-paru atau bagian saluran napas lainnya. Biasanya infeksi paru disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menyerang saluran pernapasan.

2. Bronkitis

Selain infeksi paru, bronkitis juga merupakan penyebab batuk berdarah yang cukup sering terjadi. Bronkitis menyebabkan terjadinya peradangan pada tabung bronkial yang mengalirkan udara dari tenggorokan ke paru-paru. Pada bronkitis peradangan yang terjadi membuat terjadinya penumpukan lendir sehingga penderita bronkitis mengalami batuk berdarah dan kesulitan bernapas.

3. TBC (Tuberkulosis)

Tuberkulosis adalah infeksi paru-paru serius yang ditandai dengan batuk berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Infeksi ini dapat ditularkan dengan mudah melalui droplet (percikkan air liur atau saluran pernapasan) yang dipercikkan penderita TBC. Salah satu tanda dari infeksi ini adalah batuk berdahak lebih dari 14 hari yang disertai dengan demam, penurunan berat badan, dan keringat yang muncul pada malam hari (Baca juga Pelajari Gejala Penyakit TBC dan Cara Pengobatannya).

4. Kanker Paru

Kanker paru dapat menjadi alasan kenapa seseorang mengalami batuk darah. Hal ini karena sel kanker yang sudah menyebar ke paru-paru atau saluran napas lainnya sehingga membuat Anda mengalami batuk berdarah. Biasanya kanker ini menyerang orang dengan usia di atas 40 tahun.

5. Emboli Paru

Penyebab lain yang menjadi alasan batuk berdarah adalah emboli paru. Emboli paru merupakan pembuluh darah paru yang tersumbat. Sehingga menyebabkan orang yang mengalaminya batuk berdarah dan kesulitan bernapas.

6. Edema Paru

Penyakit lainnya yang perlu Anda curigai ketika mengalami batuk berdarah adalah edema paru. Edema paru menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di paru-paru sehingga menimbulkan gejala batuk darah yang biasanya disertai dengan busa. 

Selain 6 penyebab di atas, batuk berdarah juga dapat disebabkan oleh fibrosis sistik, abses paru, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis), dan pneumonia.

Gejala Batuk Berdarah

Terdapat banyak gejala yang biasanya menyertai batuk berdarah. Gejala yang paling umum menyertai batuk berdarah adalah nyeri dada, demam, berkeringat pada malam hari, tubuh terasa lelah, penurunan nafsu makanan, dan penurunan berat badan.

Kapan Saya Harus ke Dokter?

Ketika Anda mengalami batuk berdarah, mungkin Anda khawatir dan cukup panik. Anda juga mungkin mengalami kebingungan kapan harus ke dokter? Anda perlu segera ke dokter jika Anda mengalami beberapa tanda, antara lain:

  1. Batuk berdarah yang terjadi pasca mengalami cedera di bagian dada.
  2. Darah yang keluar sangat banyak hingga 1 gelas air mineral (240 ml).
  3. Mengalami syok seperti pandangan yang kabur, keringat dingin, dan kesulitan bernapas.

Anda perlu segera ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut. Selain gejala darurat, Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebab batuk darah yang Anda alami.

Diagnosis

Untuk mengetahui secara pasti penyebab mengapa Anda mengalami batuk darah, Anda perlu melakukan beberapa tes untuk mengetahui penyebab dan tingkat keparahan penyakit yang Anda derita. Berikut tes yang mungkin Anda lakukan:

  1. Pemeriksaan sputum (dahak) untuk melihat apakah ada bakteri yang menjadi batuk berdahak.
  2. Rontgen untuk melihat kondisi paru.
  3. Bronkoskopi yang bertujuan untuk melihat kondisi saluran pernapasan bagian dalam.
  4. Tes darah untuk memeriksa adanya kelainan pada pembekuan darah.

Itulah informasi mengenai batuk berdarah. Segera ke pelayanan kesehatan jika Anda mengalami gejala-gejala di atas.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis