Memiliki alergi terhadap sesuatu merupakan keadaan yang merepotkan, apalagi saat sudah kambuh, bagian tubuh tertentu akan terasa panas, gatal, dan membengkak. Lebih parahnya sampai sesak napas dan kejang-kejang. Karena itu, Anda harus berhati-hati dan sebisa mungkin menghindari sumber alergi, Anda juga perlu membawa selalu obat anti alergi untuk jaga-jaga. Salah satu obat alergi yang bisa dikonsumsi adalah cyproheptadine.

Informasi 

Cyproheptadine digunakan sebagai obat untuk berbagai jenis alergi, sebagai antikolinergik, antiserotonergik, dan sifat anestesi lokal. Cara kerjanya dengan menghambat efek dari histamin (protein DNA yang memicu alergi) sehingga berbagai reaksi alergi itu dapat dikurangi. Cyproheptadine tersedia dalam bentuk tablet 4 mg.

Obat ini selain digunakan untuk pengobatan gejala alergi seperti urtikaria, juga digunakan gejala rhinitis alergi dan edema mukosa vasomotor, termasuk vasomotor rhinitis dan edema tenggorokan. Obat ini juga dapat digunakan untuk terapi sindrom serotonin (gejala tumor).

cyproheptadine
Cyproheptadine digunakan sebagai obat untuk berbagai jenis alergi, sebagai antikolinergik, antiserotonergik, dan sifat anestesi lokal.

Sebagai antiserotonin, penggunaan cyproheptadine menyebabkan peningkatan nafsu makan sehingga berpengaruh pada kenaikan berat badan. Efek ini sering disalahgunakan produk-produk herbal penambah berat badan ilegal dengan menambahkan cyproheptadine.

Cyproheptadine juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, ketenangan, dan tingkat suasana hati dan energi. Selain itu juga berguna untuk meningkatkan gejala psikotik baik negatif ataupun positif pada penderita skizofrenia kronis yang tidak merespon terapi lain karena dapat memberikan efek menenangkan.

Dosis

Penggunaan cyproheptadine sebagai antihistamin sebaiknya atas resep dokter. Untuk pengobatan alergi, pada orang dewasa takaran awalnya 4 mg dalam sehari sebanyak 3 kali. Untuk memaksimalkan pengobatan dapat dikonsumsi dengan dosis 12-16 mg / hari, bisa ditingkatkan sampai 32 mg / hari tetapi tidak melebihi 0.5 mg / kg / hari.

Dosis penggunaan obat ini pada dewasa untuk pengobatan anorexia nervosa dan sindrom cushing adalah 2 mg dengan frekuensi 4 x sehari. Selama pengobatan dapat ditingkatkan secara bertahap selama 3 minggu sampai 8 mg dengan frekuensi 4 x sehari.

Untuk mengobati sakit kepala biasa pada dewasa dapat mengonsumsi obat ini dengan dosis 4 mg 4 x sehari. Sedangkan untuk pengobatan migrain memiliki dosis 4-8 mg 3 x sehari.

Penggunaan cyproheptadine pada anak-anak untuk mengatasi gejala alergi digunakan dosis:

  • Usia 2-6 tahun: 2 mg 2-3 kali sehari, 
  • Usia 7-14 tahun: 4 mg 2-3 kali sehari.

Sedangkan dosis untuk mengatasi anorexia nervosa pada anak usia > 13 tahun: 2 mg 4 x sehari selama 3 minggu. Untuk pengobatan sakit kepala fan migrain memiliki dosis 4 mg 3 x sehari.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan cyproheptadine tidak disarankan bersamaan dengan obat-obat inhibitor enzim CYP3A4 seperti ketoconazole, erythromycin, cimetidine, furanocoumarin (ditemukan dalam jeruk), karena dapat meningkatkan kadar cyproheptadine dalam plasma.

Penggunaan bersama obat ini dengan MAO inhibitor dapat memperpanjang dan mengintensifkan efek antikolinergik obat ini. Selain itu, penggunaan obat in bersama alkohol ataupun antidepresan dapat memberi efek aditif, seperti hipnotik, sedatif, obat penenang, dan agen anti ansietas.

Kelompok Orang Berisiko

Pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap cyproheptadine atau obat golongan antihistamin lainnya tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini. Selain itu, cyproheptadine tidak diperbolehkan digunakan untuk bayi prematur dan bayi baru lahir, pasien usia lanjut, hipertrofi prostat, porfiria, obstruksi leher kandung kemih atau penderita asma akut.

Efek Samping

Konsumsi cyproheptadine dapat memberi efek samping yang umum, seperti sedasi, mengantuk dan retardasi psikomotor yang bersifat sementara dan akan segera hilang jika pemakaian obat dihentikan. Pada sebagian pengguna juga muncul efek kebingungan, kegelisahan, gugup, tremor, kejang, dan halusinasi.

Efek samping lain yang timbul karena overdosis obat ini dapat menimbulkan mual, muntah, sakit kepala dan efek antimuskarinik seperti retensi urin, mulut kering, diare, anemia hemolitik, leukopenia, agranulositosis, trombositopenia penglihatan kabur, dan gangguan pencernaan.

Penggunaan cyproheptadine juga dapat meningkatkan nafsu makan sehingga tidak disarankan bagi penderita obesitas. Obat ini juga dapat meningkatkan akatisia pada pasien yang sedang diterapi dengan obat-obatan antipsikotik. 

Cara Konsumsi

Anda yang akan menggunakan cyproheptadine, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan perhatikan dosis dan petunjuk obat. Bagi pasien dengan asma bronkial, peningkatan tekanan intraokular, hipertiroid, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi agar tidak sembarangan mengonsumsi obat ini. 

Setelah mengonsumsi obat ini, sebaiknya anda tidak mengemudi atau menyalakan mesin karena dapat muncul efek sedasi, kantuk, dan retardasi psikomotor. Juga tidak diperbolehkan dikonsumsi bersama alkohol, karena akan meningkatkan efek sedasi.

Apabila Anda akan melakukan tes alergi kulit, sebaiknya hentikan pemakaian cyproheptadine sekitar 48 jam sebelum tes sehingga hasil tes dapat akurat. Penggunaan cyproheptadine pada bayi terutama pada bayi yang baru lahir dan prematures dapat meningkatkan risiko komplikasi. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?