fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Colchicin merupakan jenis obat yang dimanfaatkan untuk mencegah serangan akibat penyakit asam urat tinggi. Gejala akibat penyakit asam urat tinggi seperti gout akut berupa rasa sakit hebat yang timbul di salah satu bagian sendi ataupun beberapa sendi. Penggunaan obat Colchicin dapat membuat rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat berkurang. 

Informasi 

Serangan penyakit asam urat banyak menyerang beberapa bagian persendian tubuh. Beberapa bagian tubuh yang paling sering terserang rasa nyeri adalah bagian lutut, jempol kaki serta pergelangan pada kaki. Gangguan nyeri sendi akibat asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat yang ada pada darah. Tingginya kadar asam urat akan membuat terbentuknya kristal yang cukup keras pada persendian. Kristal keras inilah yang membuat timbulnya nyeri pada persendian. 

Cara kerja obat ini adalah dengan menurunkan jumlah sel darah putih dalam darah yang akan menuju area peradangan. Sel darah putih yang menuju daerah peradangan akan membentuk radang pada persendian. Dengan diberikannya Colchicin pada pasien penyakit asam urat akan membantu menurunkan tingkat pembengkakan serta rasa sakit pada persendian. 

Hanya saja patut dipahami bahwa penggunaan obat ini tidak ditujukan untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri yang disebabkan oleh penyebab lainnya. Pemberian Colchicine oleh dokter biasanya mempertimbangkan kondisi pasien yang tidak dapat menerima obat antiinflamasi nonsteroid lainnya untuk meredakan rasa sakit.

Dosis 

Obat Colchicin termasuk ke dalam golongan obat resep yang mana mengharuskan para pasien untuk mendapatkan resep dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat Colchicin. Obat urikosurik ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia lebih dari 16 tahun serta dewasa. Pemberian dosis obat Colchicin ditentukan kepada jenis gangguan serta usia pasien.

Untuk Mencegah Serangan Gangguan Asam Urat Tinggi

Konsumsi dengan dosis sebanyak 0,5 mg untuk mencegah serangan gangguan asam urat tinggi pada pasien dewasa. Konsumsi obat Colchicin sebanyak dua kali dalam sehari bisa pagi dan malam hari.

Untuk Mengatasi Serangan Penyakit Asam Urat

Untuk mengatasi serangan penyakit asam urat, penggunaan obat Colchicin dapat dibagi menjadi dosis awal dan dosis rutin. Dosis pada awal penggunaan obat Colchicin adalah 1 mg. Selanjutnya setelah masa satu jam konsumsi lagi obat Colchicin sebanyak 0,5 mg. Apabila dibutuhkan, setelah masa 12 jam obat Colchicin dapat dikonsumsi kembali dengan dosis sebanyak 0,5 mg setiap 8 jam. 

Konsumsi obat setiap 8 jam sekali dengan dosis 0,5 mg dapat dilakukan sampai gejala serangan penyakit asam urat hilang. Konsumsi juga harus dibatasi ketika sudah mengkonsumsi obat Colchicin dengan total mencapai 6 mg. Konsumsi yang telah mencapai 6 mg hanya boleh dilakukan 3 hari kemudian.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Tidak semua obat-obatan dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Penggunaan obat Colchicin dengan beberapa jenis obat di bawah ini harus melalui pengawasan ketat dokter karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

  1. Obat untuk terapi HIV / AIDS
  2. Obat digoxin
  3. Obat ciclosporin
  4. Obat diltiazem
  5. Obat verapamil
  6. Obat untuk mengatasi gangguan kolesterol golongan fibrat seperti fenofibrat

Anda juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi alkohol bersamaan dengan terapi Colchicin karena dikhawatirkan dapat menurunkan efektivitas penggunaan obat. 

Kelompok Orang Berisiko 

Obat Colchicin termasuk ke dalam golongan kategori C untuk wanita hamil yang mana menunjukkan bahwa terdapat efek samping akibat penggunaan obat. Hanya saja riset terkontrol untuk wanita hamil memang belum tersedia sehingga penggunaan obat ini hanya bisa dilakukan apabila dokter memandang lebih banyak manfaat yang diperoleh ibu hamil ketimbang risiko yang ditimbulkan. 

Sementara penggunaan untuk ibu hamil memang tidak disarankan karena studi menunjukkan bahwa obat Colchicin dapat masuk ke dalam ASI. Apabila dalam kondisi tertentu Anda butuh untuk mengkonsumsi obat ini maka konsultasikan dulu kepada dokter. Selain itu, obat Colchicin tidak boleh diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap penggunaan obat ini. Mereka yang pernah atau sedang mengalami masalah pada hati dan ginjal tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini. 

Efek Samping

Penggunaan obat Colchicin pada orang dewasa sebenarnya jarang menimbulkan efek samping yang serius. Namun pada kondisi tertentu penggunaan obat Colchicin bisa saja meningkatkan risiko gangguan kesuburan untuk kaum pria. Namun untuk kaum lansia, efek samping penggunaan obat Colchicin semakin tinggi. Kaum lansia memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami beberapa efek samping seperti:

  • Mati rasa pada bagian jari kaki dan juga tangan
  • Nyeri pada bagian tubuh
  • Rasa lemah pada otot
  • Kesemutan

Cara Konsumsi

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet sehingga bisa dikonsumsi bersamaan dengan meminum air putih. Sebaiknya jangan mematahkan obat atau menghancurkan obat di luar karena dikhawatirkan akan meningkatkan efek samping yang ditimbulkan.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis