Clobazam merupakan jenis obat yang termasuk dalam golongan antikonvulsan yang memiliki fungsi utama untuk mengatasi epilepsi dan kejang. Antikonvulsan sendiri adalah jenis obat yang digunakan untuk mengembalikan kestabilan rangsangan sel saraf dengan tujuan untuk mencegah dan mengatasi kejang dan meredakan nyeri gangguan saraf (neuropati), serta gangguan bipolar. Dalam penggunaannya untuk penderita epilepsi, biasanya obat ini akan dikombinasikan dengan obat lain. Obat ini merupakan jenis obat yang berada dalam kelas obat benzodiazepine yang secara khusus bekerja di otak dan sistem saraf pusat untuk menenangkan penderita yang mengalami kejang.

Informasi

Obat Clobazam tersedia dalam bentuk  tablet 10 mg dan tablet 20 mg dan termasuk dalam golongan obat keras. Obat Clobazam akan bekerja dengan cara meningkatkan permeabilitas membran neuron pada ion Cl dan menghasilkan hiperpolarisasi serta kestabilan yang ditimbulkan dari ikatan obat dengan benzodiazepin. Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat ini secara tiba-tiba karena akan menimbulkan efek samping seperti pusing dan kondisi lainnya. Oleh karena itu selalu patuhilah petunjuk dan aturan pemakaian dari dokter. Jangan sampai anda telat untuk mengonsumsinya, jika anda melewatkan satu dosis maka segera minum obat ini. Akan tetapi jika keterlambatan anda sudah mendekati waktu atau jadwal ek dosis yang berikutnya maka anda boleh melewatkan dosis yang telah anda lewati tersebut. Usahakan untuk tidak menggandakan dosis agar terhindar dari resiko overdosis.

clobazam
Clobazam merupakan jenis obat yang termasuk dalam golongan antikonvulsan yang memiliki fungsi utama untuk mengatasi epilepsi dan kejang.

Anda bisa menyimpan obat ini pada suhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Sebaiknya letakkan obat ini pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab. Selain itu jangan menyimpan clobazam di kamar mandi atau lemari pendingin. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan letakkan obat jauh dari jangkauan anak-anak. Sebelum mengonsumsi obat ini konsultasikan kepada dokter tentang riwayat kesehatan anda agar dokter dapat mengetahui langkah apa yang tepat untuk kesehatan anda.

Dosis

Dalam penggunaannya, anda dianjurkan untuk selalu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau penasihat medis lainnya. Dikarenakan clobazam termasuk dalam jenis obat penenang yang memerlukan resep dokter dalam penggunaannya. Berikut ini dosi pemakaian obat clobazam yang disarankan secara umum

  1. Dewasa : Pada dosis awal yang disarankan adalah 20 – 30 mg per hari selama 2 – 4 minggu. Untuk pasien opname bisa ditingkatkan hingga mencapai 60 mg per hari.
  2. Lansia : Khusus untuk pasien lansia disarankan untuk memulai dengan menggunakan dosis kecil dan perlahan dosis dapat ditambah hingga mencapai 10-20 mg per hari.
  3. Anak-anak :
  • Berat badan 30 kg dan dibawahnya : 5 mg per hari
  • Berat badan lebih dari 30 kg : 10 mg per hari yang dibagi dalam dua kali konsumsi.

Perhitungan dalam penggunaan obat clobazam tidak boleh dilakukan secara sembarangan, perlu resep dari dokter agar obat dapat bekerja secara maksimal dan optimal. Penggunaan dosis yang kurang dari resep atau dosis yang melebihi resep akan menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan tubuh.

Kontraindikasi

Kontraindikasi obat clobazam terdapat pada pasien dengan riwayat ketergantungan obat atau alkohol, insufisiensi pernapasan berat, miastenia gravis, dan sindrom apnea tidur. 

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan obat clobazam tidak bisa digunakan atau dikombinasikan dengan obat lain karena akan mengubah kerja obat atau meningkatkan resiko efek samping. Oleh sebab itu dalam penggunaannya sebaiknya menggunakan resep dokter agar menghindari resiko-resiko yang berbahaya bagi tubuh. Adapun beberapa obat yang tidak disarankan untuk dikombinasikan dengan obat clobazam adalah flumazenil, thioridazine, dan alfentanil.

Kelompok Orang Berisiko

Jika anda memiliki kondisi medis seperti gangguan hati, ginjal, kondisi tubuh lemah, hamil, menyusui, gangguan kepribadian, dan pasien dengan ataksia tulang belakang maka konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Efek Samping

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengonsumsi obat salah satunya adalah efek samping, sebagai konsumen yang cerdas anda sangat diwajibkan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dari produk yang anda konsumsi. Efek samping yang seringkali terjadi dari penggunaan obat clobazam adalah sebagai berikut : 

  1. Gampang lelah
  2. Mudah marah
  3. Bicara tidak jelas
  4. Kehilangan keseimbangan
  5. Tidak nafsu makan
  6. Produksi air liur bertambah
  7. Insomnia (gangguan tidur)
  8. Sembelit (konstipasi)
  9. Mual
  10. Muntah
  11. Sulit menelan
  12. Demam 
  13. Batuk tidak berdahak

Meskipun efek samping diatas merupakan efek samping yang seringkali dijumpai, namun jika anda merasa ketidakwajaran dalam penggunaan obat clobazam sebaiknya segera kunjungi dokter dan konsultasikan keluhan anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Konsumsi

Untuk cara konsumsi anda bisa melihatnya di dalam kemasan obat Clobazam. Obat ini merupakan jenis obat oral yang bisa anda konsumsi baik sebelum atau sesudah makan. Jika anda kesulitan mengonsumsi dalam bentuk tablet anda bisa membelinya dalam bentuk cair. Pastikan untuk mengocoknya terlebih dulu sebelum mengonsumsi. Namun jika anda tidak bisa menjumpai obat clobazam dalam bentuk cair, anda bisa menggerus obat tablet dan mencampurnya dengan air dan madu sesuai dengan selera anda.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?