fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Clindamycin HCl atau Clindamycin Hydrochloride merupakan salah satu jenis obat yang memiliki fungsi utama untuk mengatasi dan mengobati berbagai macam jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi dan diobati dengan obat ini antara lain adalah infeksi paru-paru, kulit, sendi dan  tulang, darah, organ reproduksi wanita, serta penyakit lain yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pada organ-organ dalam tubuh. Obat yang termasuk dalam jenis antibiotik ini tersedia dalam bentuk kapsul, salep, dan juga gel. 

Karena obat ini dikhususkan untuk jenis penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, maka obat ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati flu atau demam. Hal ini dikarenakan flu merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus, bukan infeksi bakteri. Oleh karena itu jika anda sedang mengalami atau merasakan sakit yang diakibatkan oleh infeksi virus anda tidak bisa menggunakan Clindamycin HCl untuk mengatasi dan mengobati keluhan yang anda rasakan. Clindamycin HCl sering digunakan untuk mengatasi dan mengobati jerawat serta gangguan kulit lainnya. Selain itu obat ini juga menjadi salah satu pilihan untuk menyembuhkan sakit gigi ketika antibiotik lainnya tidak memberikan hasil (Baca juga Chlorpromazine HCl).

Informasi

Obat yang termasuk dalam jenis golongan antibiotik lincomycin ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri, dengan terhentinya pertumbuhan bakteri tersebut maka dapat mencegah penyebaran bakteri agar tidak pindah atau mengenai bagian atau organ tubuh lainnya. Selain itu, pada beberapa kasus Clindamycin HCl bisa juga digunakan untuk mencegah infeksi katup jantung (endokarditis) saat seseorang mengalami infeksi yang disebabkan oleh efek samping prosedur gigi tertentu.

clindamycin HCl, clindamycin hydrochloride
Clindamycin HCl atau Clindamycin Hydrochloride adalah obat untuk mengatasi dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Anda bisa menjumpai obat ini dengan merk dagang Clindamycin Hydrochloride (HCl), Dalacin C, Dalcin, Clinika, Clinmas, Pro biotin, Prolic, Lindacyn, Milorin, Clindamycin Phosphate, Cilindac, Medi-Klin, Cindala, dan Clidacor. Meskipun berbagai jenis merk obat Clindamycin HCl bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, namun anda tidak boleh megonsumsinya secara sembarangan. Alangkah lebih baiknya jika anda mengonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk dan resep dokter. Hal ini dikarenakan penggunaan secara sembarangan akan membuat anda berpotensi untuk kebal terhadap antibiotik sehingga akan lebih mudah untuk terinfeksi virus dan bakteri. 

Dosis

Obat Clindamycin HCl tersedia dalam bentuk gel, salep, pad, larutan, lotion serta kapsul 75 mg, 150 mg, 300 mg. Pertimbangan penggunaan obat Clindamycin HCl harus memperhatikan dan disesuaikan dengan beberapa hal seperti usia, tingkat keparahan penyakit, kondisi kesehatan, dan yang terakhir adalah respons tubuh terhadap obat. Jadi dosis untuk tiap-tiap orang tidak akan sama dan pasti berbeda. Berikut ini beberapa dosis yang telah disesuaikan berdasarkan usia dan tingkat keparahan penyakit  :

Dosis Clindamycin HCl melalui oral untuk orang dewasa

  • Infeksi serius : 150 – 300 mg setiap 6 jam sekali
  • Infeksi lebih parah : 300 – 450 mg setiap 6 jam sekali

Dosis Clindamycin HCl melalui suntikan untuk orang dewasa

  • Infeksi serius : 600-1.200 mg melalui suntikan/infus per hari
  • Infeksi parah : 1.2000-2.700 mg melalui suntikan/infus per hari
  • Infeksi lebih parah : maksimal sampai dengan 4.800 mg melalui infus per hari

Dosis Clindamycin HCl melalui oral untuk anak-anak

  • Berat badan 10 kg atau kurang dapat mengonsumsi minimal 37,5 mg sehari 3 kali
  • Berat badan 11 kg atau lebih :
  • Infeksi biasa : 8-12 mg/kg per hari dibagi menjadi 3-4 sama rata
  • Infeksi parah : 13-16 mg/kg per hari dibagi menjadi 3-4 sama rata
  • Infeksi lebih parah : 17-25 mg/kg per hari dibagi menjadi 3-4 sama rata

Dosis Clindamycin HCl melalui suntikan untuk anak-anak

  • Untuk usia 0-1 bulan : 15 – 20 mg/kg melalui suntikan/infus per hari
  • Usia 1 bulan – 16 tahun : disesuaikan dengan berat badan, atau sekitar 20-40 mg/kg melalui suntikan/infus

Dosis Clindamycin HCl melalui topikal (oles krim atau salep) untuk anak-anak

  • Infeksi serius : 350 mg/m2 melalui suntikan intravena atau suntikan intramuskular per hari
  • Infeksi parah : 450 mg/m2 melalui suntikan/infus per hari

Dosis Clindamycin HCl melalui pengobatan lain untuk anak-anak

  • Infeksi serius : 8-16 mg/kg per hari
  • Infeksi lebih parah : 16-20 mg/kg per hari

Kontraindikasi

Hipersensitif terhadap clindamycin atau linkomisin

  • Interaksi dengan obat lain

Penggunaan obat Clindamycin HCl tidak disarankan untuk dikonsumsi dengan obat-obatan seperti amifampridine, erythromycin, atracurium, metocurine, tubocurarine, serta obat-obatan lain yang disarankan oleh dokter saat memberikan resep.

  • Kelompok Orang beresiko

Ibu Hamil dan menyusui

Efek Samping

Beberapa efek samping dalam penggunaan obat Clindamycin HCl mungkin beberapa penderita akan mengalami beberapa kondisi seperti mual, muntah, sakit perut ringan, nyeri sendi, kemaluan gatal atau mengeluarkan cairan, gatal ringan, nyeri ulu hati, dan sakit tenggorokan. Sedangkan beberapa keadaan yang perlu penanganan lebih serius adalah diare berair atau berdarah, mata dan kulit menguning, demam, menggigil, nyeri tubuh, flu, sakit pada mulut dan kerongkongan, memar, alergi seperti bengkak pada wajah dan atau lidah. 

Cara konsumsi

Obat ini dapat dikonsumsi dengan cara diminum, melalui suntikan/infus, dan oles untuk pemakaian dalam bentuk gel atau salep. Obat ini bisa dikonsumsi setelah makan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis