fbpx

Chondroitin Sulfate

Okt 9, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf C | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Chondroitin sulfate merupakan suplemen herbal yang biasanya digunakan secara tunggal atau dapat juga dicampur dengan glucosamine. Chondroitin sulfate sendiri merupakan zat yang awalnya memang sudah terdapat dalam tubuh manusia. Zat ini diyakini memiliki kegunaan untuk menarik air serta nutrisi ke dalam tulang rawan manusia sehingga tulang rawan manusia tetap sehat dan kenyal. Zat yang satu ini juga terdapat dalam tulang rawan milik sapi. Penggunaan zat ini biasanya bertujuan guna mengatasi kondisi seperti rasa nyeri pada bagian sendi, misalnya arthritis. Selain ini suplemen herbal ini juga umum digunakan sebagai antithrombotic, mengatasi penyakit jantung iskemik, agen terapi extravasasi serta hyperlipidemia.

 Informasi

Suplemen herbal ini juga biasa digunakan untuk mengatasi kondisi penyakit jantung, osteoporosis, serta menurunkan kadar kolesterol yang terlampau tinggi. untuk jenis chondroitin sulfate dengan tambahan zat besi dimaksudkan guna mengatasi penyakit kurang darah atau anemia serta untuk mengatasi kondisi kekurangan zat besi. Penggunaan suplemen herbal ini pada

Orang dengan penyakit arthritis biasanya dengan menggunakan chondroitin krim kulit atau dalam bentuk salep dengan kandungan chondroitin sulfate. Manfaat lain juga untuk mengurangi rasa sakit, kondisi tulang rawan hingga camphor.

Dosis

Untuk menentukan dosis yang tepat Anda dapat mengikuti petunjuk dokter. Selain itu baca aturan pakai pada keterangan yang ada di dalam kemasannya. Namun, secara umum suplemen herbal yang satu ini dapat diminum dengan kisaran dosis 200-400 mg yang dibagi dalam penggunaan 2-3 kali sehari. Atau dosis juga bisa berkisar antara 1000-1200 mg setiap harinya.

Untuk penggunaan untuk mengatasi kondisi osteoarthritis, dosis yang terkandung adalah 50 mg/g chondroitin sulfate, 140mg/g tulang rawan, 30 mg/g glucosamine sulfate serta 32 mg/g kamper yang juga digunakan untuk mengatasi nyeri pada sendi.

Penggunaan dosis dari zat herbal ini bisa berbeda-beda untuk setiap orangnya. Penggunaan dosis bisa didasarkan pada kondisi pasien, usia, serta riwayat kesehatannya. Untuk mengetahui dosis yang tepat pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya tidak ada kesalahan penggunaan dosis. Suplemen ini memiliki 2 bentuk yakni dalam bentuk kapsul serta dalam bentuk salep.  

Kontraindikasi

chondroitin-sulfate-glucosamine

Kontraindikasi dapat menyebabkan kerja suplemen ini menjadi berkurang atau dapat menaikan risiko terjadinya efek samping. Ada 2 penyebab terjadinya kontraindikasi, yakni karena adanya interaksi obat dengan obat lain serta karena kelompok orang berisiko. Berikut ulasannya.

Interaksi dengan Obat Lain

Interaksi dengan obat lain dapat terjadi jika penggunaan obat dilakukan dengan mengkonsumsi obat lain secara bersamaan. Hal ini bisa membuat interaksi obat terjadi dan berakibat mengubah cara kerja obat itu sendiri. Selain itu interaksi obat juga bisa menyebabkan kerja obat menjadi berkurang, serta dapat pula menimbulkan racun pada tubuh yang dapat membahayakan keselamatan. Berikut obat yang dapat menyebabkan interaksi:

Berikut beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan chondroitin sulfate:

  1. Obat pengencer darah seperti warfarin.
  2. Obat untuk meredakan nyeri, seperti NSAID.
  3. Penggunaan dengan Suplemen ginkgo biloba, bawang putih, serta beberapa obat herbal lainnya.

Pastikan untuk memberi tahu dokter mengenai jenis obat yang sedang Anda konsumsi. Dengan begitu risiko interaksi pada obat dalam dihindari. Jangan pula mengubah atau menambahkan dosis tanpa seizin dokter terlebih dahulu.

Kelompok Orang Berisiko

Selain karena interaksi dengan obat, kontraindikasi juga bisa terjadi karena adanya kelompok orang berisiko. Beberapa kondisi bisa menyebabkan kontraindikasi diantaranya:

  1. Ibu hamil, anak-anak, serta ibu menyusui sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi menggunakan Chondroitin. Hal ini dikarenakan belum adanya penelitian mendalam yang dapat mengetahui keamanan zat herbal tersebut untuk digunakan oleh ibu menyusui, hamil, serta untuk anak-anak.
  2. Penderita sma dan kanker prostat tidak disarankan untuk menggunakan obat tersebut terutama tanpa adanya pengawasan dokter.
  3. Penderita hemophilia harus sangat berhati-hati dalam menggunakan chondroitin sulfate. Hal ini dikarenakan chondroitin memiliki kegunaan untuk mengencerkan darah sehingga dapat memungkinkan terjadinya pendarahan.

Efek Samping

Sama seperti obat lainnya chondroitin sulfate juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Berikut beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan:

  1. Sembelit
  2. Diare
  3. Sakit perut
  4. Edema pada kelopak mata
  5. Edema ekstremitas bawah
  6. Asma (Baca juga Kenali Gejala Penyakit Asma dan Penanganan yang Tepat)
  7. Gejala kulit

Namun, tidak semua orang akan mengalami efek samping ini. atau ada beberapa orang yang bisa jadi mengalami efek samping lainnya. Jika merasakan adanya efek samping, silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda.

Cara Konsumsi

Cara konsumsi chondroitin sulfate haruslah sesuai dengan petunjuk dokter atau petunjuk penggunaan yang terdapat dalam kemasan. Pastikan untuk menyimpan salep atau suplemen tersebut di tempat yang dingin, lembab, jauh dari panas serta kering.

Hindari untuk menggunakannya dengan obat NSAIDs, obat antikoagulan, atau dengan salisilat secara bersamaan karena dapat menyebabkan risiko pendarahan menjadi meningkat. Meskipun regulasi untuk penggunaan suplemen herbal tergolong tak seketat obat medis pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dikarenakan manfaat serta efek samping obat herbal yang belum diketahui secara pasti.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis