fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf DCara Mengobati Darah Tinggi Mulai Kasus Ringan Hingga Berat

Risiko penyakit darah tinggi dapat mengintai siapa saja tidak peduli usianya. World Health Organization (WHO) sendiri menyatakan bahwa penyakit darah tinggi menjadi penyebab 12,8% kematian di seluruh dunia. Oleh karena itu, jika tekanan darah Anda berada di atas batas normal, segera cari tahu cara mengobati darah tinggi yang tepat. 

Cara_Mengobati_Darah_Tinggi

Darah tinggi termasuk ke dalam kategori penyakit serius yang dapat memicu komplikasi penyakit lain seperti stroke dan gagal jantung. Namun kasus ini banyak terjadi pada jika kondisi pasien sudah berada pada tingkat berat. Pengobatan darah tinggi yang dilakukan juga akan berbeda pada  kasus ringan hingga berat.

Kategori Tekanan Darah TInggi

Tekanan darah tinggi memiliki beberapa tingkatan. Pada tingkat ringan, umumnya gejala dan efek hipertensi masih belum terlihat. Namun jika kondisi hipertensi sudah berada pada tingkat tinggi, maka beragam komplikasi tentu sudah mulai menyerang tubuh. Sebagai informasi, berikut daftar tekanan darah manusia untuk menentukan kategori hipertensi. 

  • Hipertensi normal ringan tingkat 1 : 130-139 mmHg 80-89 mmHg
  • Hipertensi ringan tingkat 2 : 140-159 mmHg 90-99 mmHg
  • Hipertensi sedang tingkat 3 : 160-179 mmHg 100-109 mmHg
  • Hipertensi berat tingkat 4 : 180-209 mmHg 110-119 mmHg

Cara Mengobati Darah Tinggi Sesuai Tingkatan

Penyakit darah tinggi membutuhkan pengobatan yang tepat. Namun langkah pengobatannya tentu akan berbeda sesuai dengan tingkatan penyakit. Untuk kasus ringan, Anda bisa melakukan tindak pencegahan kenaikan tekanan darah di rumah. Namun untuk kasus yang lebih berat, tentu Anda membutuhkan dokter untuk menanganinya. Beberapa langkah pengobatan tekanan darah tinggi antara lain:

  1. Pengobatan Hipertensi Normal Ringan Stadium 1

Jika tekanan darah berada pada nilai 130-139 mmHg untuk sistolik dan 80-89 mmHg untuk diastolik, maka kondisi ini disebut sebagai hipertensi stadium 1. Walaupun belum menunjukkan gejala yang membahayakan, namun tindak pencegahan tetap harus dilakukan.

Pasien yang berada pada kondisi hipertensi stadium 1 disarankan untuk melakukan penilaian risiko penyakit 10 tahun menggunakan atherosclerotic cardiovascular disease (ASCVD). Alat ini sangat berguna untuk menilai risiko bahaya hipertensi dan tindakan perawatan lebih lanjut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika risiko ASCVD berada di bawah 10%, maka Anda cukup melakukan gaya hidup sehat. Namun jika nilai risiko ASCVD berada di atas 10%, maka perlu dilakukan pemberian obat titrasi dan kontrol selama 3-6 bulan.

  1. Pengobatan Hipertensi Ringan Stadium 2

Hipertensi berada pada stadium 2 jika tekanan darah berada pada kisaran 140-159 mmHg 90-99 mmHg, gejala-gejala darah tinggi seperti sakit kepala, dan lain-lain tidak akan terasa. Pada fase ini, kebanyakan orang juga tidak menyadari jika dirinya memiliki tekanan darah tinggi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara mengobati darah tinggi untuk tingkat ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan perubahan gaya hidup dan konsumsi obat hipertensi. Untuk perubahan gaya hidup, Anda perlu mengurangi asupan gula dan garam, rutin berolahraga, dan menghentikan kebiasaan merokok. 

Pengobatan akan dilakukan selama 3-6 bulan lalu dievaluasi. Jika setelah masa itu tekanan darah belum mengalami penurunan, maka tindak pengobatan lanjutan dilakukan dengan cara memberikan obat titrasi hingga tekanan darah kembali normal.

  1. Pengobatan Hipertensi Sedang Stadium 3

Pada kasus sedang dimana tekanan darah berada pada kisaran 160-179 mmHg 100-109 mmHg, hipertensi berada pada stadium 3. Pada tingkat ini, tingkat hipertensi dapat mencapai kategori berat. Seseorang pasien yang berada pada tingkat hipertensi ini memiliki risiko komplikasi penyakit lain seperti jantung koroner hingga stroke.

Pengobatan yang dilakukan pada tingkat ini umumnya dilakukan dengan mengkombinasikan dua jenis obat hipertensi. Dokter akan memeriksa dan merekomendasikan jenis obat yang sesuai dengan kondisi yang dialami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain terapi kombinasi dua obat, pasien dengan tingkat hipertensi ini perlu melakukan kontrol tekanan darah secara teratur dan perubahan pola makan, gaya hidup, dan olahraga yang ketat. Hal ini penting untuk mengetahui perkembangan tekanan darah selama proses pengobatan berlangsung.

  1. Pengobatan Hipertensi Berat Stadium 4

Ada dua kategori kasus yang terjadi pada tingkat ini. Kasus pertama, pasien hipertensi memiliki tekanan darah tinggi tingkat berat namun tidak menunjukkan gejala yang menunjukkan kerusakan pada organ tubuh. Kondisi ini dinamakan dengan hipertensi urgensi. Pengobatan pada kondisi ini dilakukan dengan terapi obat hipertensi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pada kasus kedua, pasien hipertensi yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi tingkat berat menunjukkan gejala kerusakan pada organ tubuh dan semakin memburuk. Pada fase ini, pengobatan harus dilakukan secara intensif di rumah sakit atau unit perawatan lainnya. Pengobatan dilakukan dengan cara mengurangi kadar BP dan terus memantau tekanan darah.

Risiko tekanan darah dapat mengancam siapa saja. Perbedaan tingkatan hipertensi juga memiliki risiko serta cara pengobatan yang berbeda. Untuk bisa mengetahui cara mengobati darah tinggi yang tepat, Anda tentu harus memeriksakan diri terlebih dahulu. Salah satu obat yang dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalahAcetensa 50MG 30 Tablet – Obat Hipertensi (Rp372.000)yang bisa didapatkan dengan resep dokter.

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, menambahkan “Tekanan darah tinggi sangat berbahaya karena seringkali pada awalnya tidak memberikan tanda atau gejala. Sehingga sebaiknya untuk mengetahui apakah ada tekanan darah tinggi dengan memeriksakan tekanan darah secara teratur.”

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pembesaran kantung udara di paru-paru

Emfisema: Pembesaran Kantung Udara di Paru-Paru

direktoriPenyakit   10/11/2022
perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman