fbpx
BerandaUncategorized10 Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Mengalami flu saat puasa dapat menjadi momen yang sulit untuk sebagian orang. Jangan khawatir, berikut 10 cara mengatasi flu saat puasa yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

cara mengatasi flu saat puasa

1. Banyak istirahat.

Cara mengatasi flu saat puasa yang pertama adalah dengan meluangkan waktu untuk istirahat. Imunitas tubuh Anda akan bekerja melawan virus penyebab flu dan Anda perlu fokus untuk hal tersebut. Sebaiknya, lakukan aktivitas yang ringan dan tidak membebani pikiran maupun fisik sampai Anda sembuh total. Usahakan untuk tidak keluar rumah agar virus flu Anda tidak menular ke orang lain.

2. Minum banyak air

Air mineral perlu dikonsumsi secukupnya jika Anda ingin cepat sembuh. Minum setidaknya 8 gelas atau 2 liter mulai dari berbuka hingga sahur. Anda bisa membaginya dengan mudah ke dalam 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari. Boleh juga minum 1–3 gelas lebih banyak dari anjuran tersebut.

3. Berendam air hangat

Cara mengatasi flu saat puasa salah satunya adalah dengan memanfaatkan air. Jika Anda memiliki bath tub, berendam air panas dapat membuat batuk dan pilek yang menyertai flu menjadi lebih reda. Anda bisa mendapatkan efek yang sama dengan membasuh tubuh dengan air hangat atau bahkan hanya menghirup air hangat dari segelas air hangat. 

4. Gunakan air humidifier

Tips yang satu ini efektif sebagai cara mengatasi hidung tersumbat saat puasa. Virus flu dapat bertahan lebih lama di ruangan dengan udara kering dan dingin. Gunakan air humidifier untuk melembabkan serta membersihkan udara di ruangan. Alangkah baiknya jika Anda beristirahat di ruangan yang hangat dan tidak dingin. Anda bisa mematikan air conditioner sementara hingga sembuh.

5. Gunakan semprotan hidung

Semprotan hidung saline dapat membantu melegakan hidung tersumbat akibat flu sebagai cara mengatasi pilek saat puasa. Penggunaan semprotan hidung juga mudah sekali. Tinggal masukkan beberapa tetes ke dalam satu lubang hidung lalu hembuskan lendir dan cairan hingga hidung sudah tidak tersumbat lagi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Berbuka dengan makanan berkuah

Makanan panas dan berkuah hangat dapat memberikan rasa nyaman untuk gejala flu. Salah satu menu yang baik untuk disantap saat berbuka adalah sup ayam sebagai sumber vitamin, mineral, kalori, dan protein. Kehangatan sup ayam dapat membantu meredakan hidung tersumbat, selain itu kandungan asam amino sisteinnya memiliki sifat anti inflamasi. Nutrisinya yang dapat membantu meningkatkan pemulihan flu supaya lebih cepat. 

7. Minum teh hangat saat berbuka

Salah satu senjata andalan untuk mengatasi flu adalah teh hangat. Setelah seharian berpuasa, teh hangat akan jauh lebih menenangkan dibanding minuman lainnya untuk penderita flu. Teh hangat adalah dekongestan alami yang akan meredakan hidung tersumbat. Teh juga mengandung polifenol yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

8. Hindari asupan makanan tertentu saat sahur dan berbuka

Makanan saat flu juga harus diperhatikan. Hindari minuman berkafein yang dapat membuat Anda kekurangan cairan. Sebaiknya juga hindari makanan cepat saji karena tidak dapat memberikan nutrisi cukup serta makanan keras yang dapat mengiritasi tenggorokan dan memperparah batuk. Sebaiknya, makan variasi sayuran dan buah yang akan membantu meningkatkan imunitas Anda.

9. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat melembabkan nyeri tenggorokan akibat batuk flu. Berkumurlah dengan setengah sendok teh garam yang sudah dilarutkan dalam 8 secangkir air hangat. Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung bahan-bahan alami. Jangan berkumur terlalu banyak agar tidak tertelan dan membatalkan puasa.

10. Konsumsi antivirus.

Segera periksakan diri ke dokter jika flu Anda tak kunjung sembuh. Dokter akan mendiagnosa kondisi Anda dan memberikan pengobatan yang sesuai. Jika flu Anda parah atau termasuk gejala Covid, dokter mungkin akan meresepkan antivirus. Kemudian, konsumsi antivirus akan disesuaikan dengan kondisi Anda baik itu satu dosis atau beberapa dosis setiap hari.

Lansia 65 tahun ke atas serta pasien penyakit kronis tertentu seperti gangguan paru-paru, jantung, ginjal, hati atau sistem kekebalan yang lemah dapat berisiko mengalami penyakit flu komplikasi. Karena itu, pastikan untuk konsultasi dengan dokter tepercaya untuk mendapatkan obat yang sesuai kebutuhan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian 10 cara mengatasi flu saat puasa. Secara klinis, flu biasa akan sembuh dengan sendiri jika Anda beristirahat dengan cukup. Penderita flu juga dapat berpuasa dengan biasa jika masih merasa kuat untuk beraktivitas. Tetapi, segera konsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala yang sudah menyulitkan aktivitas sehari-hari.

Rutin konsumsi obat flu setiap Anda sudah berbuka puasa. Salah satu obat flu yang dapat dikonsumsi adalah Fluimucil 100 mg – 1 botol – Obat Flu dan Batuk (Rp109.600). Gunakan obat resep untuk mendapatkan obat ini. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi seputar flu, batuk, dan cara mengatasi flu saat puasa lainnya dengan dokter umum? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Uncategorized   29/04/2022

3 Pantangan Makanan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Uncategorized   09/03/2022
susu yang baik untuk pencernaan anak

4 Rekomendasi Susu yang Baik untuk Pencernaan Anak Usia di Atas 1 Tahun

Uncategorized   23/02/2022
bahaya coklat

Bahaya Konsumsi Coklat Berlebihan di Hari Valentine

Uncategorized   11/02/2022

Apakah Blackmores I-Folic Dapat Digunakan untuk Pria? Cek Penjelasannya

Uncategorized   27/01/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman