fbpx
BerandaHidup Sehat5 Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Gangguan pembuangan pencernaan seperti sembelit dapat menimbulkan serangkaian masalah kesehatan lainnya. Jika dibiarkan saja, sembelit dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di area anus dan rektum. Tentunya, sembelit juga akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk mengonsumsi makanan sedangkan pola makan harus tetap dijaga ketika berpuasa. Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui cara mengatasi sembelit saat puasa.

cara mengatasi sembelit saat puasa

1. Minum lebih banyak air di malam hari

Salah satu penyebab utama sembelit adalah kekurangan cairan. Maka dari itu, cara mengatasi sembelit saat puasa yang paling utama adalah tetap menjaga asupan air minum. Konsumsi setidaknya 8 gelas air mulai dari waktu berbuka hingga sahur. Air akan melembutkan kotoran dan membuatnya keluar lebih lancar. lebih lembut dan membantunya keluar dengan lebih lancar. 

Mungkin Anda tergiur untuk minum air soda yang membuat tenggorokan Anda segar setelah berbuka. Namun nyatanya air berkarbonasi justru akan lebih mudah membuat Anda dehidrasi. Air soda juga biasanya mengandung gula buatan manis yang dapat memperburuk sembelit. 

Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, jadi pastikan untuk minum cukup air sepanjang malam. Konsumsi air mineral hangat untuk memberikan rasa yang lebih nyaman untuk sistem pencernaan Anda.

2. Makan lebih banyak serat ketika berbuka puasa

Sembelit biasanya juga diakibatkan oleh kurangnya asupan serat, maka penting untuk makan lebih banyak serat ketika berbuka puasa. Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa 77% penderita sembelit kronis mendapati kondisi yang berangsur membaik seiring dengan asupan serat sebagai cara mengatasi sembelit saat puasa.

Namun, perlu diketahui bahwa serat dapat dibedakan lagi menjadi serat yang mudah larut dan yang tidak mudah larut. Sebagian penelitian menemukan bahwa serat yang tidak larut justru akan memperburuk gejala sembelit dan menyebabkan nyeri, kembung, dan pembuangan gas yang banyak. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa mendapat serat larut di dalam buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Sedangkan dedak gandum, biji-bijian, serta beberapa jenis sayuran. Serat larut akan menyerap air dengan mudah dan membantu melembutkan kotoran untuk dikeluarkan. 

Salah satu serat larut yang sangat efektif untuk melancarkan sembelit adalah psyllium. Anda bisa merasakan manfaat psyllium dengan mengonsumsi Vegeta Herbal 6 Sachet (Rp26.400).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Makan makanan probiotik atau minum suplemen probiotik

Sembelit juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri di usus. Anda bisa mengonsumsi makanan atau suplemen probiotik untuk membantu meningkatkan keseimbangan pencernaan.

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan di organ usus. Dua jenis probiotik yang seringkali dikonsumsi sebagai suplemen adalah Bifidobacteria dan Lactobacillus yang jika dikonsumsi secara rutin akan membantu pengeluaran kotoran dengan rutin dan lancar. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi probiotik selama 2 minggu dapat membantu mengobati sembelit dan meningkatkan frekuensi tinja secara konsisten.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan probiotik secara alami adalah yogurt, kol, kimchi. Sedangkan, suplemen yang bisa memenuhi kebutuhan probiotik adalah Lacidofil Kapsul – 60 Kapsul – Suplemen dengan bakteri baik untuk menjaga pencernaan anak dan dewasa (Rp107.400). Suplemen ini mengandung Lactobacillus Rhamnosus dan Lactobacillus Acidophillus yang  baik untuk pencernaan.

4. Latihan berjongkok dan berolahraga

Anda harus memberikan stimulasi kepada pencernaan Anda jika rasa BAB tidak kunjung datang sebagai cara mengatasi sembelit saat puasa. Lakukan latihan berjongkok beberapa kali dalam sehari untuk merangsang kerja pencernaan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa menggunakan bangku kecil atau langsung berjongkok di dalam kamar mandi di saat waktu luang. Cukup tempatkan kaki Anda hingga di depan dada untuk posisi yang paling efektif. Lakukan beberapa saat tanpa perlu mengejan. 

Selain itu, usahakan untuk bergerak atau berolahraga ringan dengan rutin. Ketika berpuasa, Anda bisa melakukan jalan santai atau jogging. Penelitian menemukan olahraga dapat mendorong pergerakan usus dengan meningkatkan aliran darah ke area perut. Bahkan kurangnya olahraga dapat menjadi penyebab utama sembelit Anda. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika Anda sudah berhasil mengeluarkan kotoran, cobalah untuk berjongkok di kamar mandi pada waktu yang sama seperti sebelumnya. Anda mungkin menemukan pola-pola yang dapat membantu konsistensi BAB, seperti satu jam setiap setelah sarapan. 

5. Gunakan obat enema

Ketika sembelit tak kunjung sembuh, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan enema. Enema adalah adalah suntikan cairan rektal yang dimaksudkan langsung ke dalam usus melalui lubang anal untuk melancarkan sekaligus membersihkan kolon.

Enema dapat Anda lakukan sendiri di rumah atau dengan bantuan tenaga medis. Untuk penggunaan di rumah, Anda dapat menggunakan Microlax Enema 3 tube 5 ml – 3 tube @ 5 ml (Rp97.900) yang cairannya berbentuk gel atau Fleet Enema 133 ml – 1 botol – Obat Sembelit 133ml yang berbentuk cairan lebih encer (Rp194.900).

Ikuti instruksi pada kemasan produk untuk melakukan prosedur. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara mencegah sembelit

Pencegahan sembelit dapat dilakukan ketika Anda sudah bisa melakukan BAB lagi. Pada umumnya, pola hidup dan rutinitas sehat diperlukan agar tidak menderita sembelit.

  • Makan-makanan yang seimbang dengan banyak serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan roti gandum dan sereal setiap hari.
  • Minum delapan gelas 8 air sehari. Hindari kafein dan minuman bersoda.
  • Olahraga ringan secara teratur.
  • Konsumsi rutin suplemen pencernaan.
  • Jangan menunda keinginan untuk BAB dan segeralah bergegas ke kamar mandi.

Demikian 5 cara mengatasi sembelit saat puasa. Dapatkan beragam obat pelancar BAB original dan hemat mulai dari obat herbal hingga obat resep hanya di Apotek Online Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman