fbpx
BerandaHidup SehatCara Mengatasi Batuk Saat Puasa

Batuk dapat sangat mengganggu aktivitas dan imunitas tubuh saat berpuasa. Pengobatan utama untuk batuk adalah dengan mengonsumsi obat sirup ekspektoran atau menthol yang dapat menenangkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Simak artikel berikut sampai tuntas untuk mengetahui cara mengatasi batuk saat puasa yang tidak memerlukan Anda untuk membatalkan puasa.

cara mengatasi batuk saat puasa

1. Konsumsi air yang cukup setelah berbuka

Salah satu cara terbaik untuk meredakan batuk adalah dengan minum banyak cairan. Cairan tanpa pemanis seperti air mineral memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang salah satunya adalah meredakan batuk.

Konsumsi air yang cukup dapat membantu tenggorokan Anda menjadi lebih lembab pada batuk kering. Sedangkan, konsumsi air juga dapat mengencerkan lendir pada batuk berdahak. Hidung tersumbat juga dapat menjadi lebih lancar dengan kadar air yang cukup di dalam tubuh.  

Usahakan untuk minum 8 gelas mulai dari waktu berbuka hingga sahur. Anda bisa menyelingi air mineral dengan minuman panas. Teh atau jahe memiliki kandungan alami yang dapat menenangkan batuk dan rasa iritasi di tenggorokan. Hindari berbuka dengan minuman dingin untuk sementara waktu.

2. Gunakan air humidifier di ruangan

Sebagian penyebab utama batuk adalah tenggorokan yang kering. Salah satu cara mengatasi batuk saat puasa yang satu ini adalah dengan menjaga kondisi tenggorokan selalu lembab.

Salah satu cara melembabkan tenggorokan yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadhan adalah dengan menggunakan air humidifier. Alat ini akan membantu menjaga udara di dalam ruangan agar tetap lembab.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa menaruhnya baik di ruang tidur atau di ruang kerja. Air humidifier juga bisa dinyalakan sepanjang hari, khususnya jika Anda tinggal di tempat yang bercuaca panas dan kering.

3. Berkumur dengan air garam

Selain efektif untuk sakit gigi, berkumur dengan air garam juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan serta mengencerkan lendir yang kental. Air garam juga adalah tips atasi batuk saat puasa karena dapat membantu bakteri atau alergen penyebab bakteri.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Masukkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Untuk hasil maksimal, Anda bisa berkumur hingga 4 kali sehari.

Sebaiknya jangan berkumur terlalu banyak agar air tidak tertelan dengan sengaja. 

4. Berhenti merokok dan jauhi paparan asap rokok

Merokok dan asap rokok dapat mengiritasi paru-paru. Akibatnya, tenggorokan Anda akan menjadi lebih kering dan lebih banyak batuk.

Jika Anda tetap merokok di malam hari ketika berbuka, usahakan untuk menghentikan kebiasaan merokok dahulu hingga batuk benar-benar sembuh. Anda bisa mengganti rokok dengan mengonsumsi permen ekspektoran yang dapat membuat tenggorokan lebih tenang dan nyaman.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gunakan masker berlapis untuk melindungi diri dari paparan berbahaya. Selain itu, masker juga dapat mencegah orang lain agar tertular virus yang menyebabkan batuk. Sebaiknya isolasi mandiri di rumah jika Anda mengalami batuk di tengah pandemi.

5. Tidur dengan dua bantal di malam hari

Batuk berdahak dapat disebabkan oleh adanya lendir yang mengumpul di tenggorokan pada malam hari. Bahkan, batuk berdahak dapat menjadi lebih parah di malam hari. Untuk itu, Anda harus meletakkan kepala lebih tinggi saat berbaring atau tidur.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa menggunakan dua bantal untuk membuat posisi kepala menjadi lebih tinggi. Dengan begitu dahak tidak akan menggenang tapi akan mengalir.  

Selain itu, tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi juga akan meringankan GERD atau asam lambung yang naik. Penderita GERD yang gejalanya sering kambuh dapat mencoba melakukan tips ini. 

6. Waspadai makanan dan minuman yang akan dikonsumsi

Setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan melewati tenggorokan Anda. Anda harus mengetahui bahwa beberapa makanan dan minuman justru dapat memicu batuk menjadi lebih parah.

Beberapa asupan yang sebaiknya dihindari baik saat sahur maupun berbuka adalah sebagai berikut:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Alkohol
  • Kafein
  • Cokelat
  • Makanan yang digoreng dan berlemak
  • Bawang putih dan bawang bombay
  • Makanan pedas
  • Tomat dan produk berbasis tomat

Sebaliknya, ada beberapa asupan yang dapat meredakan gejala batuk Anda secara alami. Sup ayam adalah salah satu menu yang dapat membantu menenangkan iritasi akibat batuk di tenggorokan. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi snack buah nanas yang memiliki enzim alami untuk menekan batuk dan melancarkan lendir. Adapun asupan baik lainnya adalah madu sebagai minuman.

7. Istirahat yang cukup 

Walaupun kedengarannya sepele, tetapi istirahat yang cukup sangat dibutuhkan jika tubuh sedang berada dalam kondisi kurang sehat. Penyebab batuk seperti virus membutuhkan tubuh dengan imunitas tinggi untuk cepat sembuh. Tetapi tubuh yang kurang istirahat justru akan lebih lemah dan imunitas menurun.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Luangkan waktu untuk istirahat yang baik dan benar untuk membiarkan tubuh melawan penyebab batuk. Usahakan untuk tidur selama setidaknya 7 jam dan tidak lebih dari 8 jam untuk meredakan batuk saat puasa. Hindari juga gangguan tidur seperti gadget agar lebih mudah untuk tertidur.

Dengan kombinasi tidur yang cukup serta asupan yang tepat, batuk akan berangsur membaik seiring waktu. 

Demikian cara mengatasi batuk saat puasa. Beli obat batuk dan suplemen untuk meningkatkan imunitas hanya di Apotek Online Lifepack. Salah satu obat batuk kering yang efektif adalah Siladex Antitusive syrup 60 ml (Rp26.500). Untuk batuk berdahak, Anda dapat mengonsumsi OBH Combi Menthol 100 ml (Rp11.614). Dapatkan juga produk rekomendasi untuk kesehatan perempuan selama bulan Maret dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman