fbpx
BerandaCovid-19Obati Infeksi Saluran Pernapasan dengan Terapi ISPA

ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan karena virus termasuk virus Corona penyebab Covid-19. Infeksi ini mudah menular dan telah menjadi salah satu penyakit yang paling umum terjadi. Jika tidak segera ditangani, ISPA dapat menimbulkan peradangan pada saluran napas bagian atas yang dapat berujung hingga sesak napas. Penyakit ini pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, tapi terkadang pengobatan khusus berupa terapi ISPA diperlukan agar infeksi tidak menyebabkan komplikasi dan penyakit lain.

terapi ispa

Apa Saja Gejala ISPA?

ISPA pada umumnya akan berlangsung selama 1 hingga 2 minggu. Berikut gejala ISPA yang harus Anda waspadai baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

  • Demam di atas 38 derajat Celcius
  • Sakit tenggorokan 
  • Batuk
  • Sesak nafas
  • Napas cepat
  • Nyeri kepala ringan
  • Bersin, pilek, hidung tersumbat

Salah satu gejala utama yang harus diwaspadai adalah napas cepat. Berikut kriteria gejala napas cepat ISPA pada anak.

  • Usia <2 bulan: 60 kali/menit
  • Usia 2 hingga <12 bulan: 50 kali/menit
  • Usia 1 hingga <5 tahun: 40 kali/menit

Gejala ISPA pada anak-anak juga terkadang ditandai dengan suara bengek serta tulang iga yang tampak jelas saat Anak bernapas dan muntah. Selama menderita ISPA, Anak akan menjadi mudah lemas dan tidak ada tenaga untuk sekadar bermain. 

Bagaimana Risiko ISPA?

Infeksi saluran pernapasan dapat menular ke setiap orang dengan cepat melalui droplet. Ketika seorang penderita ISPA bersin, batuk, atau bahkan mengobrol hingga air liurnya terpercik di udara, virus penyebab ISPA dapat bertahan di udara dan masuk ke dalam pernapasan seseorang.

Setiap orang memiliki resiko menderita ISPA, tetapi ada beberapa kelompok yang memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Lansia dan anak-anak. Kelompok ini memiliki sistem imun tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang dewasa pada usia produktif.
  • Orang dewasa dengan sistem imun tubuh lemah atau gangguan pada imun tubuh juga sangat berisiko untuk terinfeksi virus. 
  • Penderita gangguan paru-paru dan jantung yang sistem pernapasannya jauh lebih rentan dibandingkan non-penderita.
  • Perokok aktif beresiko mengalami gangguan saluran pernapasan dan fungsi paru-paru sehingga akan cenderung lebih sulit untuk segera pulih.

Cara Pengobatan ISPA

Pasien ISPA harus segera dirawat dan ditangani. Pengobatan ISPA dapat dibedakan lagi menjadi dua yaitu melalui terapi non-farmakologis serta terapi farmakologis ISPA.

Terapi non-farmakologis ISPA

Pengobatan yang satu ini dapat dilakukan sendiri di rumah karena pasien tidak perlu mendapatkan obat. Dokter mungkin memutuskan bahwa pasien ISPA hanya perlu mendapatkan perawatan yang dapat meredakan gejala secara alami.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Istirahat yang cukup

Salah satu gejala yang timbul saat ISPA adalah tubuh lemas karena menurunnya imunitas. Aktivitas yang terlalu padat justru akan membuat tubuh lebih lemas dan rentan terhadap penyakit komplikasi.

Anda perlu meluangkan waktu untuk mendapatkan istirahat yang cukup supaya daya tahan tubuh fokus untuk melawan virus penyebab ISPA. Sebaiknya hindari juga aktivitas di luar rumah untuk mencegah paparan polusi dan virus. Gunakan masker berlapis jika ada keperluan mendesak.

2. Konsumsi makanan yang bergizi

Pasien ISPA juga memerlukan asupan sehat selama beristirahat. Sebaiknya konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan makanan dengan kandungan zinc untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Pasien ISPA dianjurkan untuk melakukan diet tinggi kalori tinggi protein. Protein dan kalori yang banyak diperlukan untuk mencegah jaringan agar tidak rusak serta membantu regenerasi sel. Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran dan protein tanpa lemak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Berkumur dengan air garam atau obat kumur

Selain gangguan pada pernapasan, ISPA juga dapat menimbulkan sakit atau nyeri pada tenggorokan.

Anda dapat mengobati sakit tenggorokan dengan berkumur air garam atau obat kumur yang mengandung antiseptik teruji secara klinis. Jika diperlukan, dokter mungkin akan memberikan resep obat untuk nyeri tenggorokan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Terapi non-farmakologis ISPA

Pengobatan ISPA yang satu ini akan memerlukan obat over-the-counter atau/dan obat resep. Segala cara konsumsi dan dosis untuk pengobatan ISPA harus sesuai dengan anjuran dokter.

  • Analgesik dan antipiretik

Analgesik akan bekerja sebagai penghilang rasa nyeri, sedangkan antipiretik bekerja sebagai penurun panas. Jenis obat-obatan ini akan efektif mengobati gejala demam. Contoh obatnya adalah parasetamol dan ibuprofen.

  • Dekongestan dan anti alergi 

Gejala pilek dan flu dapat diatasi dengan obat dekongestan dan anti alergi. Beberapa obat contoh adalah pseudoefedrin, fenilpropanolamin, dan difenhidramin.

  • Ekspektoran dan mukolitik

Obat ekspektoran dan mukolitik sama-sama bekerja secara efektif untuk meredakan batuk berdahak. Contoh dari ekspektoran adalah amonium klorida, sedangkan contoh obat mukolitik adalah ambroksol, bromheksin, serta gliseril guaikolat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Antitusif

Jika pasien ISPA mengalami batuk kering, dokter mungkin akan meresepkan obat antitusif. Salah satu obat antitusif adalah dekstrometorfan.

  • Antibiotik

Kebanyakan pasien ISPA tidak memerlukan antibiotik. Antibiotik diperuntukkan untuk bakteri, sehingga tidak dapat efektif melawan virus penyebab ISPA. Tetapi, dokter dapat memberikan antibiotik jika ada kecurigaan adanya bakteri sebagai penyebab utama.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Antivirus atau antiviral

Antivirus atau antiviral dapat diresepkan untuk pasien yang gejalanya semakin memburuk seiring waktu. Pada umumnya, dokter akan memberikan resep antivirus Oseltamivir yang hanya boleh dikonsumsi maksimal selama 10 minggu.

Jika Anda mengalami gejala ISPA, segera beli obat batuk dan flu dengan harga murah hanya di Apotek Online Lifepack. Untuk pengobatan dengan resep dokter, Anda bisa menebus resep obat ISPA seperti Aztrin 500MG Kap 6S – 6 kaplet (Rp210.100).

Ingin konsultasi seputar ISPA dengan dokter umum? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
hepatitis pada anak

Adakah Pengaruh Antara Vaksin Covid dan Penyebab Hepatitis Akut Pada Anak?

Covid-19   16/06/2022
gejala omicron ba.4 dan ba.5

Cek Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Covid-19   15/06/2022
omicron BA.4 dan BA.5

Omicron BA.4 dan BA.5: Varian Covid-19 terbaru

Covid-19   15/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman