fbpx
BerandaHidup Sehat7 Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Puasa

Perut kosong saat berpuasa dapat menyebabkan Anda lebih mudah mengantuk. Tetapi mengantuk dan bermalas-malasan justru harus dihindari agar waktu berpuasa Anda dapat berlangsung dengan maksimal. Simak 7 cara mengatasi rasa mengantuk saat puasa yang bisa Anda coba!

cara mengatasi rasa mengantuk saat puasa

Apakah puasa boleh tidur seharian?

Tergantung dari pandangan madzhab yang Anda anut, pertanyaan ini memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun, kondisi tidur seharian jika dilihat dari pandangan medis adalah hal yang tidak dianjurkan. Tidur seharian saat berpuasa dapat meningkatkan beragam risiko kesehatan seperti penurunan fungsi kognitif, kenaikan berat badan, dan sakit kepala.

1. Tetap aktif bergerak

Salah satu cara paling efektif untuk cara mengatasi rasa ngantuk saat puasa adalah dengan aktif bergerak. Satu penelitian dari Amerika Serikat menemukan bahwa berjalan kaki selama 10 menit lebih efektif menghilangkan rasa kantuk dibandingkan konsumsi makanan dan minuman manis.

Ketika Anda aktif bergerak, oksigen akan dipompa keseluruh tubuh termasuk otak dan otot dengan bantuan pembuluh darah. Saat otak dan otot kekurangan oksigen, Anda akan merasa lebih lelah dan letih sepanjang hari. Bergerak akan membuat Anda menjadi lebih segar.

Jika Anda melakukan work from home, istirahatlah setiap beberapa jam untuk berjalan-jalan baik di sekitar rumah atau melakukan peregangan ringan. Anda juga bisa membersihkan rumah seperti menyapu atau mengelap permukaan furnitur ketika sudah mulai merasa banyak menguap. 

2. Mengobrol dengan teman atau keluarga

Jika Anda tidak memiliki aktivitas untuk dilakukan, mulailah obrolan dengan teman atau keluarga. Anda tidak perlu melakukan obrolan yang mendalam, mulailah dengan percakapan ringan atau sebatas membagikan apa yang sedang Anda pikirkan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Percakapan akan membantu merangsang otak untuk aktif kembali. Bahkan awal dari percakapan bisa berujung kepada waktu mempererat hubungan dengan lawan bicara Anda. Jadikan waktu mengobrol menjadi momen silaturahmi di bulan Ramadhan.

Usahakan untuk mengobrol langsung daripada mengobrol melalui chat. Jika Anda tidak memiliki orang yang dapat diajak mengobrol secara langsung, gunakan fitur video call atau menelpon agar obrolan menjadi lebih aktif.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Nyalakan lampu di ruangan dan hindari ruangan gelap

Paparan cuaca dapat memengaruhi rasa mengantuk. Tubuh manusia menyesuaikan diri dengan merespons sinyal lingkungan seperti terang dan gelap. Sama halnya dengan malam hari, tubuh akan merespons ruangan gelap dengan rasa mengantuk.

Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan cahaya akan meningkatkan keaktifan protein di dalam tubuh. Maka dari itu, tubuh akan lebih berenergi ketika berada di ruangan yang memiliki cahaya yang memadai. 

Ruangan dengan pencahayaan yang redup dan gelap dapat membuat Anda merasa lebih mengantuk seperti di malam hari. Untuk itu, nyalakan lampu atau buka jendela Anda dengan lebar untuk melawan kantuk. Jauhi juga ruangan nyaman seperti kamar tidur sebagai salah satu cara mengatasi rasa mengantuk saat puasa.

4. Minum air yang cukup

Rasa kantuk juga dapat muncul sebagai gejala kekurangan air atau dehidrasi. Kurangnya kadar air di dalam tubuh akan menguras energi Anda sehingga mengganggu fungsi kognitif untuk fokus kepada satu aktivitas. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dalam jangka panjang, kurangnya kadar air dalam tubuh dapat merusak fungsi otak seperti kemampuan memori jangka pendek, konsentrasi, dan kewaspadaan.

Usahakan untuk konsumsi air yang cukup mulai dari waktu berbuka hingga sahur. Minum setidaknya 8 gelas air mineral baik dengan temperatur dingin ataupun hangat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur memainkan peran penting untuk suasana hati dan tentunya energi di siang hari. Jika Anda perlu memulai sahur di dini hari, imbangi dengan waktu tidur yang lebih cepat.

Untuk orang dewasa, usahakan untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam tidur. Hindari tidur lebih dari 8 jam. Waktu tidur yang terlalu lama justru akan menyebabkan Anda lebih mudah mengantuk. 

Mulailah dengan waktu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari. Siklus bangun tidur yang konsisten akan membuat tubuh Anda tahu kapan waktunya untuk berenergi dan untuk beristirahat. Lakukan aktivitas yang memberikan relaksasi sebelum tidur, seperti membaca buku atau mendengarkan alunan musik klasik.

6. Makan makanan berenergi saat sahur

Apa yang Anda makan saat sahur akan menentukan energi Anda seharian. Karena itulah Anda perlu makanan yang sehat dan tepat sebelum memulai hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Menu makanan yang baik untuk menghindari rasa mengantuk adalah yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan sumber lemak sehat. Contohnya adalah ikan, kacang-kacangan, unggas, tahu, telur, buah-buahan, sayuran, gandum, alpukat, hingga daging merah tanpa lemak.

Makan dalam jumlah banyak justru akan membuat tubuh bekerja lebih keras dan mudah mengantuk. Salah satu cara adalah ganti nasi putih dengan nasi merah yang memiliki karbohidrat kompleks.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Tidur siang

Terkadang rasa kantuk datang sangat kuat hingga sulit untuk dilawan. Tidur siang dapat menjadi solusi untuk menghilangkan rasa kantuk ini. 

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang cukup efektif untuk meningkatkan daya fokus Anda. Pasang timer atau alarm Anda untuk tidur selama 15 sampai 20 menit. Tidur siang yang lebih lama dari durasi tersebut justru akan merusak pola tidur Anda di malam hari dan menyebabkan kantuk di esok hari. 

Ketika Anda memaksa untuk bekerja, belajar, atau beraktivitas dalam waktu yang lama, kualitas pekerjaan Anda mungkin akan menurun dan cenderung melakukan kesalahan. Sebaiknya jangan melawan rasa kantuk jika Anda melakukan pekerjaan berat, salah satunya adalah menyetir.

Demikian 7 cara mengatasi rasa mengantuk saat puasa. Jaga kesehatan dan stamina saat berpuasa dengan produk kesehatan asli dan hemat di Apotek Online Lifepack. Enervon C Multivitamin (Rp34.172) mengandung mengandung Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin D, Niasinamide, Kalsium pantotenat yang dapat memaksimalkan proses metabolisme dan Menjaga daya ingat otak selama beraktivitas di bulan puasa.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman