fbpx
BerandaHidup SehatCara Mendukung Kesehatan Mental Anak

Bicara mengenai kesehatan anak, selama ini banyak orang tua yang hanya fokus pada kesehatan fisik anak. Para orang tua fokus menyajikan makanan sehat untuk anak-anak, melengkapi vaksinasi dan suplemen untuk anak serta mengajak anak untuk berolahraga. Namun jarang orang tua yang fokus pada kesehatan mental anak, padahal kesehatan fisik dan mental anak sama-sama penting untuk perkembangannya. Bagaimana cara orang tua mendukung kesehatan mental anak? Simak dalam artikel berikut.

Cara mendukung kesehatan mental anak

Mengapa Kesehatan Mental Anak Penting?

Seperti halnya orang dewasa, ketika seorang anak memiliki kesehatan mental yang baik mereka akan mampu berpikir jernih, berteman, dan mempelajari hal-hal baru. Mereka juga lebih mampu mengembangkan kepercayaan diri, belajar menetapkan tujuan, berlatih membuat keputusan, belajar mengatasi masalah, mengelola emosi yang sulit, dan mengembangkan pandangan emosional yang sehat terhadap kehidupan.

Mempelajari keterampilan tersebut tidak selalu mudah dan membutuhkan latihan, terutama jika anak memiliki masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Pada anak-anak, masalah kesehatan mental seringkali jarang terdeteksi karena anak-anak mungkin ragu atau bingung dengan kondisinya, serta para orang tua mungkin merasa malu untuk memeriksakan kesehatan mental anak. 

Padahal jika masalah kesehatan mental anak tidak ditangani dengan tepat, hal ini dapat berdampak signifikan pada kehidupan anak di masa mendatang. Anak-anak usia sekolah dasar berisiko memiliki masalah kesehatan mental lebih besar seperti bolos sekolah dan penyalahgunaan zat di masa dewasa.

Untuk itu, orang tua perlu mendukung kesehatan mental anak dengan berbagai cara dan melakukan pemeriksaan jika anak-anak menunjukkan gejala masalah kesehatan mental. 

Cara Mendukung Kesehatan Mental Anak

Untuk menciptakan kondisi kesehatan mental anak yang baik dan stabil, diperlukan upaya jangka panjang. Orang tua bisa menciptakan kondisi untuk kesehatan mental anak yang baik sejak anak berusia dini. Kasih sayang dan pola asuh yang diterapkan orang tua juga dapat memengaruhi kesehatan mental anak. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung kesehatan mental anak antara lain:

Menunjukkan kasih sayang yang tulus

Salah satu cara terpenting dalam mendukung kesehatan mental anak adalah dengan menunjukkan cinta tanpa syarat. Jangan ragu mengucapkan kalimat penuh kasih sayang pada anak seperti, “Ayah dan Ibu sayang padamu” agar anak mengetahui bahwa orang tua akan tetap menyayangi anak-anak secara tulus dan tanpa syarat. Orang tua dapat mencintai mereka tanpa syarat dan bahwa orang tua akan selalu ada untuk mereka meskipun anak-anak melakukan kesalahan. Dalam artian, meskipun orang tua kecewa pada sikap anak dan tidak membenarkan sikapnya namun kasih sayang orang tua akan tetap tulus. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beri pujian pada anak

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua dalam mendukung kesehatan mental anak adalah dengan memberinya dorongan, pujian dan afirmasi positif. Pujian dari orang tua dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dan mengurangi risiko mengalami  kecemasan, depresi, dan stres akademik, yang semuanya berdampak signifikan terhadap kualitas hidup anak.

Jangan ragu memuji anak dalam hal penampilannya secara fisik, akademis, atau ketika ia berhasil melewati sesuatu tantangan atau menyelesaikan tugas dan masalah yang ia alami. 

Jalin komunikasi yang baik

Setiap hari tentunya orang tua berkomunikasi dengan anak. Namun Anda perlu memerhatikan bentuk komunikasi yang selama ini Anda lakukan bersama anak. Saat berkomunikasi dengan anak, ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Mendorong anak untuk bercerita apa yang ia alami hari itu, termasuk bagaimana perasaannya dan apa yang harus ia lakukan dengan kondisi tersebut
  • Jelaskan pada anak bahwa perasaannya valid dan apa pun yang ia rasakan seperti sedih, marah, senang atau kecewa adalah perasaan yang wajar. 

Ketika anak-anak beranjak remaja, mereka mungkin memiliki kesulitan dalam mengkomunikasikan perasaannya. Dalam situasi ini sebaiknya Anda tidak memaksa anak-anak untuk bicara pada Anda jika mereka merasa tidak nyaman. Jelaskan pada anak bahwa ia bisa bercerita ke guru, anggota keluarga yang lain atau dengan terapis kesehatan mental untuk menyalurkan perasaannya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Menghabiskan waktu bersama

Salah satu cara mendukung kesehatan mental anak adalah dengan menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga. Cara ini membuat anak merasa memiliki keluarga yang utuh dan menerima kasih sayang yang sama. Bagi anak, kegiatan menghabiskan waktu bersama juga menunjukkan bahawa sebagai orang tua, Anda juga peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup anak-anak. Sebagai orang tua, Anda juga dapat mengenal kepribadian dan pemikiran anak jika Anda rutin menghabiskan waktu bersama.

Kegiatan yang bisa dilakukan secara bersama-sama antara lain makan bersama keluarga, berjalan-jalan, liburan, menyelesaikan proyek bersama, membantu pekerjaan rumah, atau bermain game.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Setiap orang tua memiliki cara tersendiri dalam mendukung kesehatan mental anak. Yang terpenting bagi anak-anak, mereka tahu bahwa orang tua selalu menyayangi dan mendukung perkembangan anak, serta menjadi tempat yang nyaman untuk berbagi dan cerita apa pun permasalahannya. Dengan situasi tersebut, anak akan memiliki kesehatan mental yang lebih stabil. 

Demikian informasi seputar cara mendukung kesehatan mental anak. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman