fbpx
BerandaIbu dan AnakCara Menjaga Kesehatan Mental Pasca Melahirkan

Usai melahirkan, ibu mengalami banyak perubahan baik fisik maupun mental. Pada beberapa ibu, hal ini rentan memicu gangguan kesehatan mental pasca melahirkan. Jika tidak ditangani dengan tepat, gangguan kesehatan mental ibu dapat berkembang semakin parah sehingga menyebabkan bayi tidak dapat tumbuh optimal. Apa saja jenis gangguan kesehatan mental pasca melahirkan dan bagaimana cara menjaga kesehatan mental setelah memiliki bayi? Simak ulasannya berikut ini. 

kesehatan mental pasca melahirkan

Gangguan Kesehatan Mental Pasca Melahirkan

Melahirkan adalah peristiwa bahagia yang ditunggu oleh setiap anggota keluarga. Namun bagi ibu, perubahan hormon setelah melahirkan dan masa adaptasi dalam mengurus si kecil dapat memicu kelelahan yang menjadi salah satu faktor stres dan gangguan kesehatan mental pasca melahirkan. 

Gangguan psikologis setelah melahirkan sebaiknya tidak dianggap sepele karena jika hal ini diabaikan, gangguan ini dapat memicu tindakan yang mencelakai ibu atau si kecil. Beberapa jenis gangguan kesehatan mental pasca melahirkan antara lain:

Baby blues

Baby blues adalah perasaan sedih yang dirasakan ibu pada pada beberapa hari pertama setelah melahirkan. Kebanyakan orang mengalami baby blues 2 hingga 3 hari setelah bayi lahir, namun dapat bertahan hingga 2 minggu. 

Pada beberapa ibu kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apa pun. Apabila baby blues bertahan selama lebih dari 2 minggu sebaiknya periksakan ke dokter karena dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius yaitu depresi postpartum atau depresi pasca persalinan. 

Depresi postpartum

Depresi postpartum adalah perasaan sedih, khawatir, tidak berdaya dan kelelahan yang dirasakan ibu selama lebih dari 2 minggu sejak persalinan. Kondisi ini memiliki gejala yang sama dengan baby blues namun jauh lebih berat. Ibu yang mengalami depresi postpartum sering kali tidak mampu mengurus dirinya sendiri dan bayi sehingga dapat membahayakan kondisi ibu dan perkembangan bayinya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Menjaga Kesehatan Mental Pasca Melahirkan

Gangguan kesehatan mental pasca melahirkan perlu ditangani dengan tepat karena dapat memengaruhi kondisi mental ibu dan perkembangan kesehatan bayi. Beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk menjaga kesehatan mental pasca melahirkan antara lain:

Meluangkan waktu untuk istirahat

Merawat bayi yang baru lahir adalah kegiatan yang menyenangkan dan menguatkan ikatan antara ibu dan anak, namun terkadang hal ini dapat menguras tenaga ibu. Terlebih lagi jika bayi sering terbangun dan menangis dalam waktu dekat. Akibatnya, ibu tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur atau istirahat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Untuk menjaga kesehatan mental pasca melahirkan, ibu sebaiknya menyempatkan waktu untuk beristirahat. Ketika si kecil tidur, ibu juga perlu menyempatkan diri untuk beristirahat untuk memulihkan energi, Ibu yang merawat bayi dengan kondisi sehat dan segar dapat merawat bayi dengan lebih baik serta membuat si kecil merasa bahagia. 

Melibatkan orang lain dalam merawat bayi

Merawat bayi baru lahir terkadang membuat ibu merasa kewalahan. Jika ibu mulai merasa sulit membagi waktu dan tenaga, sebaiknya mulai libatkan orang yang dapat dipercaya dalam merawat bayi. Ketika si kecil bermain bersama ayah, pengasuh atau orang tua, ibu dapat beristirahat atau mengerjakan tugas lainnya. Cara ini dapat membantu menjaga kesehatan mental ibu pasca melahirkan. 

Mengonsumsi makanan sehat

Penting bagi ibu yang melahirkan untuk makan makanan sehat setelah persalinan. Selain sebagai sumber tenaga bagi ibu dan produksi ASI, makan makanan sehat dapat membantu ibu merasa bugar. 

Pilih buah dan sayur yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, strawberry, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam atau kale dan kacang-kacangan. Untuk sumber protein, Anda bisa mengonsumsi ikan dan ayam. Anda dapat berkonsultasi ke ahli gizi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu pasca melahirkan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Berolahraga

Selain cukup tidur dan mengonsumsi makanan sehat, ibu yang baru melahirkan juga dianjurkan berolahraga agar kesehatan mental tetap terjaga. Bagi ibu yang menjalani persalinan normal, dapat melakukan olahraga ringan setelah badan terasa cukup fit untuk olahraga. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah jalan pagi, senam peregangan, atau yoga. Setelah melewati 6 bulan persalinan, ibu dapat melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih berat seperti aerobik atau lari. 

Sedangkan bagi ibu yang menjalani persalinan dengan operasi caesar, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai kapan waktu olahraga yang tepat usai pemulihan operasi. Jenis olahraga yang dianjurkan bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar antara lain yoga, senam, dan jalan cepat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar cara menjaga kesehatan mental pasca melahirkan. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pregnancy nose

Preganancy Nose, Ketika Hidung Membesar saat Hamil

Ibu dan Anak   18/09/2023
kolesterol saat hamil

Kolesterol Tinggi saat Hamil, Bagaimana Menurunkannya?

Ibu dan Anak   31/05/2023
posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Per Trimester

Ibu dan Anak   28/05/2023

Jantung Berdebar saat Hamil, Haruskah Khawatir?

Ibu dan Anak   27/05/2023
hamil kosong

Hamil Kosong: Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Ibu dan Anak   24/05/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman