fbpx
BerandadirektoriObatCaptopril

Captopril adalah sejenis obat yang fungsinya mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi) dan gagal gantung. Obat captopril ini juga dapat digunakan untuk melindungi jantung setelah terjadi serangan pada jantung dan menangani penyakit ginjal akibat diabetes nefropati diabetik.

captopril, darah tinggi, hipertensi

Cara kerja captopril akan menghambat produksi zat yang ada di dalam tubuh yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Pembuluh darah akan menjadi lebih rileks sehingga tekanan darah pun lebih menurun serta tambah darah dan oksigen ke jantung akan meningkat. 

Informasi

Bagi orang yang menderita gagal jantung, obat captopril ini akan mengurangi kadar cairan yang berlebihan dalam pembuluh darah sehingga kerja jantung lebih ringan bebannya dan memperlambat perkembangan gagal jantung.

captopril, darah tinggi, hipertensi
Captopril berfungsi mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi) & gagal gantung. Selain itu dapat menangani penyakit ginjal akibat diabetes.

Captopril dikenal sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Captopril tergolong jenis kelompok obat-obatan jantung atau yang sering disebut ACE inhibitors. Obat captopril tersedia dalam kemasan bentuk tablet. Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, remaja dan anak-anak. Anda dapat membeli Captopril Dexa 50 MG 100 Tablet – Obat Antihipertensi (Rp30.000) dengan menggunakan resep dokter.

Dosis

Untuk menentukan dosis penggunaan obat captopril, tergantung pada kondisi kesehatan pasien, usia, tingkat keparahan, serta respon tubuh pasien terhadap obat. Beberapa takaran umum dosis yang diberikan antara lain: 

  • Kondisi hipertensi (dewasa): dosis awal 25-75 mg terbagi 2-3 dosis. Selanjutnya dosis ditingkatkan hingga 100-150 mg terbagi 2-3 dosis setelah penggunaan obat selama 2 minggu.
  • Kondisi gagal jantung (dewasa): dosis awal 6,25-12,5 mg diminum 2-3 kali sehari. Untuk dosis pemeliharaan sebanyak 75-150 mg. Maksimal dosis mencapai 450 mg per hari.
  • Kondisi pasca serangan jantung (dewasa): dosis awal 6,25-12,5 mg digunakan 3 kali sehari. Lalu dosis dapat ditingkatkan hingga 50 mg selama 3 kali sehari.
  • Kondisi nefropati diabetes (dewasa): dosisnya 25 mg digunakan 3 kali sehari.

Dosis pada anak-anak ditentukan berdasarkan berat badannya. Untuk bayi dosisnya yaitu 0,15-0,3 mg/kg BB, dapat ditingkatkan sampai dosis maksimal 6 mg/kg/BB/hari yang terbagi dalam 1-4 kali pemberian. Sedangkan untuk remaja, dosis yang diberikan yaitu 0,3 mg/kgBB 3 kali sehari, lalu dapat ditingkatkan hingga dosis maksimal 6 mg/kgBB terbagi dalam 2-4 kali pemberian. Bagi pasien lansia, dosis awal yang diberikan yaitu 6,25 mg sebanyak 2 kali sehari. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Tidak disarankan bagi Anda mengonsumsi obat captopril jika memiliki alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lain golongan ACE inhibitor seperti lisinopril, ramipril, perindopril, trandolapril dan enalapril. Konsultasikan kepada dokter jika Anda sedang menggunakan obat lain, termasuk vitamin, suplemen atau produk herbal. Jika Anda terjadi overdosis tau alergi, sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut. 

Kelompok Orang Berisiko

Anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat captopril jika Anda sedang mengalami gangguan ginjal seperti menjalani cuci darah atau hemodialisis, gangguan jantung, gangguan hati dan diabetes. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tidak boleh mengonsumsi captopril jika Anda mengalami penyakit autoimun seperti scleroderma atau rheumatoid arthritis, gangguan jantung atau pembuluh darah, diare, angioedema, sindrom marfan, sindrom sjogren dan pernah menjalani transplantasi ginjal. 

Konsultasi dengan dokter sangat diperlukan jika Anda mengalami sedang dalam hamil, menyusui, atau sedang berencana hamil sebelum mengonsumsi obat captopril. Obat captopril dapat menimbulkan efek pusing sehingga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas seperti mengemudi atau mengoperasikan alat berat selama mengonsumsi obat ini.  

Efek Samping

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat captopril antara lain:

  1. Kehilangan nafsu makan, kehilangan indera perasa
  2. Batuk tanpa dahak secara terus menerus
  3. Gangguan tidur (insomnia)
  4. Pusing, kantuk, sakit kepala

Anda harus segera menghubungi dokter jika mengalami efek samping yang lebih serius seperti:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Nyeri, gejala flu, demam
  • Kesulitan bernapas, detak jantung terasa cepat, kulit pucat
  • Susah berkonsentrasi
  • Buang air kecil lebih banyak atau sedikit, atau tidak ada sama sekali
  • Pingsan
  • Mudah lebam, pendarahan tidak biasa
  • Pembengkakan, berat badan naik lebih cepat

Masih terdapat efek samping lain yang mungkin saja terjadi selain gejala-gejala di atas. Jika Anda merasa cemas dengan efek samping yang Anda alami setelah menggunakan obat, sebaiknya segera konsultasikan langsung kepada dokter.

Cara Konsumsi

Cara yang tepat untuk mengonsumsi obat captopril yaitu minum obat dalam keadaan perut masih kosong atau setidaknya 1 jam sebelum makan sesuai anjuran dokter. Biasanya obat captopril dikonsumsi dua atau tiga kali sehari. Penggunaan obat secara rutin dan teratur akan menghasilkan kesembuhan lebih cepat. Agar memudahkan dalam mengingat, konsumsilah obat ini pada waktu yang sama setiap harinya. Anda juga perlu melanjutkan konsumsi obat ini meski kondisi tubuh Anda sudah terasa membaik. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun jika kondisi tubuh Anda semakin parah dan tidak kunjung membaik, maka segera temui dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
simvastatin vs atorvastatin

Sama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

direktoriObat   06/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman