fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Konsumsi suplemen dibutuhkan untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Salah satu jenis suplemen yang memiliki peran penting bagi tubuh ada dalam bentuk boron citrate. Zat ini diketahui mampu meningkatkan fungsi tubuh dalam melakukan metabolisme fosfor, magnesium, maupun kalsium

Boron dibutuhkan oleh tubuh manusia karena memiliki banyak peran yang penting. Zat ini bisa meningkatkan kadar hormon estrogen, membasmi jamur yang menyebabkan infeksi vagina, serta meringankan gejala osteoartritis. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai jenis suplemen yang satu ini.

Informasi

Pada dasarnya boron citrate bisa kita temukan di beberapa jenis bahan makanan alami. Zat ini terdapat pada aneka buah, kacang-kacangan, serta sayuran hijau. Namun kini sudah ada produk suplemen yang dapat mengoptimalkan fungsi tubuh Anda. Produk suplemen ini merupakan obat bebas yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Jelas sekali bahwa fungsi utama suplemen ini adalah mencegah terjadinya defisiensi boron pada tubuh. Banyak orang lanjut usia mengonsumsi suplemen ini karena diketahui mampu meningkatkan fungsi kognitif di usia senja. Gejala osteoartritis juga bisa terasa lebih ringan dengan konsumsi suplemen boron.

Kaum wanita juga mengonsumsi suplemen ini karena ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah suplemen ini akan membantu mengurangi nyeri haid yang biasa dialami wanita. Selain itu, boron dalam beberapa penelitian diketahui efektif dijadikan terapi infeksi jamur pada vagina.

Boron citrate dapat dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Zat ini memiliki banyak efek bagi tubuh, salah satunya adalah sebagai antioksidan. Efek antioksidan yang dimiliki oleh zat ini membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Zat ini juga akan membantu tubuh Anda memiliki tulang yang sehat dan kuat.

Dosis

boron-citrate

Meskipun tergolong sebagai obat bebas, pemakaian obat ini juga harus dilakukan dengan hati-hati. Konsumsi obat harus dilakukan sesuai dengan dosis yang aman sehingga tidak akan berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah dosis konsumsi yang aman sesuai dengan tujuan penggunaan.

1. Mengurangi Nyeri Haid

Sebagai pengurang nyeri menstruasi, obat ini bisa dikonsumsi sebanyak 10 mg per hari. Konsumsi obat dilakukan dua hari sebelum sampai tiga hari setelah menstruasi.

2. Mengobati Infeksi Vagina

Terapi infeksi jamur pada vagina menggunakan obat dengan dosis 600 mg. Obat yang digunakan dalam bentuk serbuk asam borat dan diaplikasikan dalam vagina (kapsul gelatin sebagai vagina suppository) sebanyak satu atau dua kali sehari.

3. Penggunaan Lainnya

Pada dasarnya konsumsi suplemen boron citrate dilakukan dengan dosis yang bervariasi bagi setiap individu. Biasanya, individu mengonsumsi boron dengan dosis yang disesuaikan diet mereka. Asalkan konsumsi obat tidak melebih batas maksimal agar tidak terjadi overdosis.

Konsumsi boron citrate pada orang dewasa termasuk wanita hamil dan menyusui yang berusia di atas 19 tahun maksimal 20 mg per hari. Sementara itu, untuk usia 14-18 tahun batas konsumsi yang dianjurkan adalah 17 mg per hari. Anak-anak berusia 9-13 tahun tidak boleh mengonsumsi boron lebih dari 11 mg per hari.

Suplemen ini juga bisa dikonsumsi pada anak-anak usia 4-8 tahun dengan batas maksimal dosis 6 mg per hari. Sementara itu, anak berusia 1-3 tahun tidak boleh mengonsumsi boron lebih dari 3 mg per hari.

Efek Samping

Suplemen ini pada dasarnya aman untuk dikonsumsi setiap hari. Hanya saja Anda harus mematuhi batas maksimal dosis yang dianjurkan. Jika dosis yang dikonsumsi melebihi batas maksimal, maka bisa terjadi efek samping yang berbahaya. Berikut adalah efek samping yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi boron citrate.

  • Inflamasi pada kulit
  • Tremor
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Maag
  • Perubahan warna pada tinja
  • Depresi
  • Sensasi terbakar pada vagina (saat digunakan untuk terapi infeksi vagina)
  • Gangguan pada ginjal (saat dikonsumsi dengan dosis yang tinggi)

Konsumsi boron citrate pada wanita hamil dan menyusui dinilai aman, namun tidak boleh melebihi batas maksimal. Jika konsumsi melebihi dosis maksimal, maka akan terjadi efek samping seperti berat lahir bayi rendah dan gangguan janin lainnya. Pada ibu menyusui, konsumsi obat harus dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Pada individu dengan kondisi kesehatan tertentu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Terutama pada individu yang memiliki penyakit ginjal dan alergi obat maupun zat-zat tertentu.

Cara Konsumsi

Suplemen boron citrate tersedia dalam tiga jenis sediaan yaitu tablet, kapsul, dan serbuk. Boron dalam sediaan serbuk digunakan pada terapi infeksi vagina. Sementara itu sediaan tablet dan kapsul untuk dikonsumsi lewat mulut. Anda bisa meminumnya seperti biasa dengan air putih secara rutin setiap hari sesuai dosis yang dianjurkan.

Sehubungan dengan cara konsumsi obat, berikut adalah aturan yang harus Anda perhatikan.

  • Baca dengan cermat petunjuk konsumsi yang sudah tertera pada bagian kemasan.
  • Ikuti petunjuk konsumsi dengan benar dan pastikan Anda meminum obat sesuai dosis yang sudah dianjurkan.
  • Konsultasikan pada dokter jika Anda juga mengalami gangguan kesehatan lain dan mendapatkan pengobatan.
  • Konsumsi boron pada penderita kanker rahim dan kanker payudara tidak disarankan.
  • Konsumsi boron yang berkepanjangan pada kaum pria bisa menyebabkan tingkat kesuburan menurun.
  • Segera hentikan pemakaian jika timbul reaksi alergi dan efek samping yang fatal. 
  • Hubungi tenaga kesehatan untuk mendapatkan pertolongan jika terjadi efek samping setelah pemakaian obat.
  • Simpan obat di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Boron citrate memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Meskipun bisa Anda dapatkan secara bebas, namun Anda lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis