fbpx

Benzalkonium Klorida

Okt 2, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf B | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Produk antiseptik dan desinfektan yang saat ini banyak beredar di pasaran menggunakan senyawa benzalkonium klorida. Senyawa ini diketahui efektif bekerja menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Selain itu, senyawa ini juga banyak digunakan untuk membersihkan luka dan bisa mencegah terjadinya infeksi.

Sebagai bahan antiseptik, peran senyawa ini telah banyak membantu manusia. Masuk ke kategori obat bebas terbatas, senyawa ini dinilai aman untuk digunakan oleh anak-anak serta orang dewasa. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai senyawa antiseptik ini.

Informasi

Diindikasikan sebagai antiseptik dan desinfektan, benzalkonium klorida telah banyak dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari. Disebut juga dengan singkatan BACs, senyawa ini diketahui mampu melawan pertumbuhan bakteri, jamur, hingga virus. BACs juga digunakan untuk mencegah munculnya korosi.

Infeksi kulit bisa dicegah dengan pengaplikasian BACs. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan senyawa ini pada anak-anak harus berdasarkan anjuran dan resep dokter. Apalagi jika ada kondisi kesehatan tertentu yang dialami oleh pasien. 

BACs juga digunakan sebagai bahan pengawet untuk produk tetes mata, tetes telinga, serta semprotan hidung. Senyawa ini juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan produk shampo untuk mengatasi dermatitis seboroik. Jelas sekali bahwa BACs memiliki banyak fungsi yang sesuai dengan sifatnya sebagai bahan antiseptik.

Dosis

benzalkonium-klorida

Penggunaan BACs tentu harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Telah disebutkan sebelumnya bahwa benzalkonium klorida digunakan dalam berbagai bentuk dan tujuan. Dosis yang dianjurkan tentu juga sesuai dengan tujuan penggunaannya. Berikut adalah aturan dosis pemakaian BACs yang perlu Anda perhatikan.

1. Pembersihan Luka

Senyawa BACs digunakan dalam bentuk larutan untuk membersihkan luka. Dosis yang dibutuhkan adalah 0,02-0,1% untuk pembersihan kulit, luka, dan selaput lendir. Sementara itu untuk jenis luka yang dalam dibutuhkan dosis sebesar 0,005%.

2. Desinfeksi Instrumen

Larutan BACs juga dibutuhkan untuk membersihkan instrumen atau peralatan bedah. Dosis yang dibutuhkan untuk tujuan ini adalah 0,13%.

3. Bahan Pengawet

Sebagai bahan pengawet tetes mata dibutuhkan BACs dengan dosis sebesar 0,1-0,02%. Sementara itu sebagai bahan pengawet untuk obat tetes telinga dan semprotan hidung dibutuhkan dosis sebesar 0,002-0,2%.

4. Sampo dan Krim

Sebagai bagian dari terapi kondisi dermatitis seboroik, BACs dibutuhkan dengan kadar 0,2-0,5% dalam bentuk sampo. Sementara itu, BACs juga ditemukan dalam bentuk sediaan krim untuk mengatasi ruam kulit dengan kadar 0,13%. 

5. Membersihkan Vagina

Senyawa BACs juga digunakan sebagai bahan pada produk pembersih vagina. Kadar yang dibutuhkan untuk tujuan ini adalah 0,02-0,05%.

Efek Samping

Penggunaan senyawa benzalkonium klorida juga bisa menimbulkan efek samping. Itulah mengapa pemakaian antiseptik ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus diresepkan oleh dokter. Berikut adalah efek samping yang mungkin Anda temui.

  • Muncul gejala infeksi
  • Gelisah
  • Kejang
  • Kemerahan pada kulit
  • Pembengkakan wajah, tangan, dan kaki
  • Rasa gatal pada kulit
  • Sesak napas
  • Suara serak
  • Kelumpuhan otot
  • Kerusakan pada kornea mata

Tingkat keparahan efek samping ini bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan pasien, dosis, serta tujuan pemakaian. Jika terjadi efek samping yang akut dan sangat parah hingga membahayakan nyawa pasien, tentu saja harus segera ada pertolongan medis. 

Pada saat terjadi gejala ringan efek samping pemakaian obat, segera hentikan saat itu juga. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan alternatif lain yang bisa menggantikan senyawa ini agar efek samping bisa diminimalkan. 

Cara Konsumsi 

Senyawa ini hanya digunakan dalam bentuk topikal. Sama sekali tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini melalui mulut. Senyawa ini hanya digunakan pada bagian kulit atau pemakaian luar. Kecuali saat senyawa ini digunakan sebagai bahan pengawet pada tetes mata, tetes telinga, dan semprotan hidung.

Berikut adalah beberapa aturan yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pemakaian senyawa benzalkonium klorida sebagai bahan antiseptik.

  • Pastikan kedua tangan Anda dalam kondisi bersih saat akan menggunakan obat ini. Apabila obat digunakan pada bagian tangan, maka hindari mencuci tangan setelah pemakaian obat.
  • Cuci sampai bersih bagian kulit yang terluka lalu keringkan dengan baik sebelum obat diaplikasikan ke kulit.
  • Oleskan obat secara perlahan-lahan pada bagian luka dan biarkan mengering dengan sempurna.
  • Anda bisa menutup bagian kulit yang sudah diolesi obat dengan perban untuk menjaga kebersihannya.
  • Saat senyawa ini digunakan sebagai pembersih luka, gunakan kain kasa steril agar tidak terjadi infeksi yang lebih parah pada luka.
  • Pastikan bahwa Anda memakai obat ini sesuai dengan dosis yang diberikan kepada Anda. Jangan menggunakan aturan dosis yang diberikan kepada orang lain karena setiap orang membutuhkan dosis yang berbeda-beda.
  • Hindari penggunaan senyawa ini pada jenis luka bakar serta luka tusukan yang tergolong parah.
  • Wanita hamil dan menyusui serta anak-anak di bawah 2 tahun tidak disarankan menggunakan obat ini. 
  • Pastikan Anda tidak memiliki alergi sebelum menggunakan obat ini agar tidak timbul efek samping yang berlebihan.
  • Penggunaan obat dilakukan sesuai dosis dan harus rutin sesuai anjuran dokter. Jika Anda melewatkan satu hari tanpa pemakaian obat, maka lanjutkan di hari berikutnya. Jangan memakai dosis ganda dalam satu hari karena bisa menimbulkan overdosis.

Mengikuti petunjuk dari dokter sangatlah penting selama Anda menggunakan senyawa benzalkonium klorida. Selama Anda mengikuti aturan yang diberikan oleh dokter maka risiko efek samping bisa diminimalkan. Selain itu, pastikan Anda memang sudah mendapat resep dari dokter untuk pemakaian obat ini.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antre di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Sumber:

Vieille, Claire. 2019. Benzalkonium Chlorides: Uses, Regulatory Status, and Microbial Resistance. Diakses pada 2020.

Wille, John J. Benzalkonium Chloride. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis