fbpx
BerandaHidup SehatVaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

dr. Felicia Puspita, S.Ked

vaksin mrna

Saat ini, jumlah kasus orang yang terinfeksi virus penyebab COVID-19 terus meningkat dan bertambah banyak dengan pesat. Oleh sebab itu, berbagai langkah pencegahan dan penanganan terus dilakukan untuk membantu menekan penyebaran infeksi virus. 

Protokol kesehatan semakin diperketat dan masyarakat semakin dihimbau untuk tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus. Pemerintah juga membuat berbagai kebijakan dan aturan salah satunya adalah dengan mengadakan program vaksinasi. 

Data penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang telah divaksinasi, semakin cepat didapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity yang diharapkan dapat memperlambat penyebaran infeksi virus. 

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih ragu untuk mendapatkan vaksinasi. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya berita simpang siur mengenai vaksin yang beredar di media sosial, misalnya seperti berita bahwa vaksin berbasis mRNA picu kanker. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat menjadi ragu untuk divaksin. 

Namun, apakah berita tersebut benar? Mari simak ulasan berikut. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mengenal vaksin COVID-19 

Vaksin COVID-19 dirancang untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang dapat mengenali virus penyebab COVID-19. Saat ini, terdapat beberapa jenis vaksin yang sedang dikembangkan, misalnya: 

  • Vaksin yang dibuat dari virus yang dilemahkan atau inactivated virus

Vaksin ini dibuat menggunakan virus penyebab COVID-19 yang telah dilemahkan atau telah dibuat tidak aktif sehingga virus ini tidak dapat menyebabkan penyakit, tetapi tetap mampu menghasilkan respons kekebalan tubuh atau imun. Contoh vaksinnya adalah vaksin Sinovac-CoronaVac.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Vaksis berbasis protein 

Vaksin ini dibuat menggunakan fragmen atau potongan protein yang tidak berbahaya yang dapat meniru virus COVID-19 untuk menghasilkan respons imun yang aman. Contoh vaksinnya adalah Novavax. 

  • Vaksin menggunakan vektor (virus pembawa) 

Vaksin ini dibuat menggunakan materi genetik virus COVID-19 yang telah dimodifikasi diletakkan pada virus lain yang bertugas sebagai virus pembawa (vektor). Contoh vaksin yang menggunakan vektor adalah vaksin Janssen/Johnson & Johnson dan vaksin AstraZeneca. 

  • Vaksin RNA atau DNA 

Vaksin ini dibuat menggunakan RNA atau DNA yang telah direkayasa secara genetik untuk menghasilkan protein yang dapat memicu terbentuknya respons imun secara aman. Contoh vaksinnya adalah Pfizer-BioNTech dan Moderna. 

Apapun jenis vaksin yang ada, mereka memiliki konsep kerja yang sama yaitu bertugas untuk merangsang tubuh membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap virus penyebab COVID-19.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apakah itu vaksin mRNA? 

mRNA atau messenger RNA merupakan sebuah materi genetik di dalam tubuh Anda yang bertugas untuk memberitahu sel-sel bagaimana membuat protein. Untuk membuat vaksin, mRNA dibungkus dengan lapisan khusus yang membuatnya mudah didistribusikan di dalam tubuh. 

Bagaimana cara kerja vaksin mRNA?  

Setelah vaksin mRNA COVID-19 diberikan dan masuk ke dalam tubuh, mRNA ini akan menginstruksikan sel-sel khusus di dalam tubuh untuk membuat potongan protein. Protein ini akan dikenali oleh sistem kekebalan tubuh sebagai protein yang tidak seharusnya ada di dalam tubuh dan akan mulai membentuk respons kekebalan dan memproduksi antibodi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dalam proses pembentukan antibodi ini, tubuh mungkin dapat bereaksi sehingga terkadang menimbulkan beberapa gejala seperti demam ringan, nyeri kepala, ataupun meriang. Hal ini merupakan hal yang wajar dan merupakan tanda bahwa vaksin sedang bekerja. Gejala akan hilang setelah beberapa hari. 

Pada akhir proses, tubuh kita telah mengenali virus dan belajar bagaimana cara melindungi tubuh terhadap infeksi dari virus yang sama di masa depan. Setelah antibodi terbentuk, resiko Anda terinfeksi menjadi lebih kecil ataupun ketika Anda terinfeksi, gejala yang muncul dapat menjadi lebih ringan. 

Resiko penggunaan vaksin mRNA 

Vaksin mRNA memang merupakan temuan terbaru di bidang vaksin, namun, vaksin ini telah diteliti selama bertahun-tahun. Proses pembuatannya juga telah distandarisasi dan terus ditingkatkan. Proses pengembangan vaksin ini lebih cepat apabila dibandingkan dengan metode pembuatan vaksin tradisional. 

Vaksin mRNA COVID-19 ini telah melewati berbagai tahap pengujian sehingga vaksin ini juga telah teruji aman dan efektif. Tidak hanya vaksin COVID-19, vaksin mRNA juga telah digunakan untuk beberapa penyakit lain seperti flu, zika, rabies, dan cytomegalovirus (CMV). 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Benarkah vaksin mRNA dapat memicu kanker? 

vaksin mrna dapat picu kanker

Kanker merupakan kondisi dimana terjadi pertumbuhan abnormal sel tubuh. Hal ini dapat terjadi apabila terjadi mutasi pada genetik pada seseorang. RNA tidak pernah memasuki inti sel, yaitu tempat DNA (materi genetik) kita terletak. mRNA tidak dapat berinteraksi dengan DNA tubuh kita dan mengubah susunan genetiknya. 

Selain itu, mRNA yang telah digunakan untuk merangsang pembentukan protein langsung dihancurkan dan dibuang dari dalam tubuh. Sehingga, vaksin mRNA COVID-19 tidak mempengaruhi dan berinteraksi dengan DNA tubuh kita dengan cara apapun. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Oleh karena itu, vaksin mRNA tidak dapat memicu terbentuknya sel kanker. 

Jadi, apakah Anda tetap ragu untuk di vaksin? 

Anda tidak perlu ragu untuk di vaksin. Semua vaksin yang telah memiliki izin dan beredar luas telah menjalani berbagai pengujian sehingga keamanan dan efektivitasnya dapat dipertanggung jawabkan. Jika setelah vaksin Anda mengalami efek samping, jangan khawatir. Itu artinya vaksin sedang bekerja. Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi paracetamol seperti Sanmol 500Mg 4 Tablet – 4 Tablet – Obat Demam/Nyeri (Rp36.400). Ayo vaksin untuk melindungi diri sendiri dan orang disekitar Anda! 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman