fbpx
BerandaUncategorizedPerbedaan Antiplatelet dan Antikoagulan sebagai Obat Pengencer Darah

Obat antiplatelet dan antikoagulan adalah obat-obatan yang sering diberikan pada pasien penyakit jantung. Kedua obat ini juga dikenal sebagai obat pengencer darah yang berfungsi melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Apa perbedaan obat-obatan antikoagulan dan antiplatelet beserta efek sampingnya? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut. 

antiplatelet dan antikoagulan

Mengapa Perlu Obat Pengencer Darah?

Obat antikoagulan dan antiplatelet dikenal sebagai obat pengencer darah. Meski disebut sebagai pengencer darah, namun obat ini tidak benar-benar membuat darah Anda menjadi encer. Obat ini diberikan untuk mencegah bekuan darah menjadi lebih besar sehingga berisiko menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah. 

Ketika terjadi luka luar, dibutuhkan kemampuan trombosit disertai faktor koagulasi untuk membekukan darah. Darah yang terus-menerus mengalir dapat membahayakan nyawa seseorang. Sel platelet atau trombosit akan menempelkan diri dan menutup luka tersebut. Setelah itu, tubuh akan melakukan proses pembekuan darah untuk menutupi luka dan mencegah perdarahan berlebihan. 

Namun pada penyakit jantung dan pembuluh darah, pembekuan darah dapat menjadi masalah jika terjadi pada pembuluh darah. Adanya bekuan darah di dalam pembuluh darah dapat menyumbat aliran darah ke organ tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke jika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah jantung dan otak. Dokter dapat memberikan obat pengencer darah seperti obat antikoagulan dan antiplatelet untuk mengatasi masalah jantung berikut:

  • Masalah pada sirkulasi darah
  • Irama jantung yang abnormal
  • Kelainan jantung bawaan
  • Penggantian katup jantung
  • Nyeri dada
  • Masalah jantung atau penyakit pembuluh darah tertentu
  • Risiko penggumpalan darah setelah operasi seperti operasi bedah tulang

Perbedaan Antiplatelet dan Antikoagulan

Berdasarkan cara kerjanya, dikenal 2 jenis obat pengencer darah yaitu obat antiplatelet dan antikoagulan. Berikut ini perbedaan keduanya:

Antiplatelet

Antiplatelet bekerja dengan menjaga agar tidak terjadi penempelan sel pembeku darah di pembuluh darah dan arteri sehingga darah tetap encer. Obat ini memutus ikatan antara sel platelet sehingga tidak terjadi pembekuan darah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat-obatan yang termasuk antiplatelet di antaranya aspirin, cilostazol, clopidogrel, ticagrelor dan dipyridamole. 

Antikoagulan

Obat antikoagulan bekerja dengan mencegah darah mengental dan membeku serta memperlambat proses penggumpalan darah. Beberapa jenis obat yang termasuk dalam pengencer darah antikoagulan antara lain heparin, warfarin, rivaroxaban, dabigatran dan edoxaban. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek Samping Penggunaan Obat Antiplatelet dan Antikoagulan

Obat pengencer darah dapat bekerja baik pada pasien dengan masalah jantung dan pembuluh darah, namun obat ini memiliki beberapa efek samping. Efek samping tersebut antara lain:

  • Tubuh mudah memar
  • Luka lebih sulit mengering
  • Perdarahan lebih banyak saat menstruasi
  • Mimisan
  • Sakit perut, mual, dan diare

Pada beberapa kasus, penggunaan obat pengencer darah juga dapat menimbulkan efek samping serius seperti:

  • Batuk berdarah
  • Urine berwarna kemerahan atau berdarah
  • BAB berdarah atau berwarna gelap
  • Muntah darah
  • Telinga berdenging
  • Hematoma

Apabila setelah mengonsumsi obat antiplatelet dan antikoagulan Anda mengalami gejala di atas dan diiringi dada nyeri, sesak napas, mati rasa, sulit bicara dan pembengkakan di bibir atau lidah sebaiknya segera datang ke unit gawat darurat dan periksakan diri ke dokter. 

Jika dokter meresepkan antikoagulan seperti warfarin, Anda akan membutuhkan tes penggumpalan darah secara rutin sehingga dokter dapat menyesuaikan dosis sesuai kebutuhan. Warfarin juga tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui karena berisiko menyebabkan kematian janin serta kelainan kongenital. Untuk itu, pastikan Anda tidak minum obat pengencer darah tanpa konsultasi dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tips Aman Mengonsumsi Obat Antiplatelet dan Antikoagulan

Mengonsumsi obat pengencer darah dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan. Untuk menghindari risiko tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Selalu informasikan ke dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah

Apabila Anda melakukan pemeriksaan kesehatan, infromasikan ke dokter mengenai obat pengencer darah yang sedang dikonsumsi. Hal ini penting agar dokter tidak meresepkan obat atau merekomendasikan prosedur medis tertentu yang dapat memperburuk kondisi Anda. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Hindari risiko cedera

Mengonsumsi obat antikoagulan dan antiplatelet dapat meningkatkan risiko perdarahan. Untuk itu sebaiknya hindari aktivitas yang dapat memicu cedera, terutama cedera kepala. Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas berbahaya lainnya, pastikan menggunakan pelindung kepala untuk menghindari cedera. 

Demikian informasi seputar obat antiplatelet dan antikoagulan. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat pengencer darah ini hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)

Angiotensin Receptor-Neprilysin Inhibitor (ARNI), Pengobatan untuk Gagal Jantung

diuretik hemat kalium

Diuretik Hemat Kalium: Cara Kerja, Fungsi dan Efek Samping

Uncategorized   06/01/2023
obat angiotensin

Obat Hipertensi Angiotensin Receptor Blocker, Bagaimana Cara Kerjanya?

direktoriObat   09/11/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman