fbpx
BerandadirektoriObatInformasi Kesehatan Obat dari Huruf AAngiotensin Receptor-Neprilysin Inhibitor (ARNI), Pengobatan untuk Gagal Jantung

Angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI) adalah pilihan terapi untuk menangani gagal jantung. Kombinasi penggunaan sacubitril dan valsartan membantu pasien gagal jantung memiliki harapan hidup lebih lama. Meskipun demikian, seperti obat-obatan lainnya, ARNI juga memiliki efek samping. Bagaimana cara kerja dan efek sampingnya untuk menangani masalah jantung? Simak ulasannya berikut ini. 

angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)

Apa itu angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)?

Angiotensin receptor-neprilysin inhibitor atau yang dikenal dengan istilah ARNI adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Ketika tidak ada aliran darah yang cukup, organ tidak akan bekerja secara optimal. 

Gagal jantung umumnya disebabkan oleh hipertensi yang tidak terkontrol dan penyakit jantung koroner, yaitu tersumbatnya pembuluh darah jantung. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh timbunan lemak dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan terhambatnya aliran darah dan oksigen menuju jantung. 

Sumbatan pada pembuluh darah yang tidak ditangani dengan tepat dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung yang menyebabkan kematian. Namun dengan pengobatan yang tepat, risiko komplikasi akibat penyumbatan pembuluh darah dapat diminimalisir. 

Cara kerja angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)   

Salah satu pengobatan yang direkomendasikan untuk mengatasi gagal jantung adalah angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI). Seperti namanya, pengobatan ini menggunakan dua jenis obat, yaitu obat-obatan jenis angiotensin receptor blocker (ARB) dan nerpilysin inhibitor.

Untuk jenis angiotensin receptor blocker, obat yang digunakan adalah jenis valsartan. Sementara itu untuk jenis neprilysin inhibitor menggunakan obat sacubitril. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Valsartan bekerja dengan menghalangi kerja hormon dari ginjal yaitu angiotensin II sehingga menjaga pembuluh darah agar tetap rileks. Akibatnya, tekanan darah akan menurun. 

Sedangkan sacubitril sebagai neprilysin inhibitor bekerja dengan cara:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Membuang lebih banyak garam (sodium)
  • Membuka pembuluh darah menjadi lebih lebar

Dengan mengurangi kadar garam dalam darah disertai dengan penurunan kerja saraf simpatis, tekanan darah akan menurun sehingga memudahkan jantung memompa darah ke seluruh tubuh. 

ARNI mengatasi pasien gagal jantung dengan pengurangan fraksi ejeksi jantung. Fraksi ejeksi jantung adalah ukuran untuk mengetahui seberapa banyak darah yang keluar dari ventrikel setiap kali jantung berkontraksi. Jika angka fraksi jantung kecil atau berada di bawah 50% maka pasien dikatakan mengalami penurunan fungsi ruang pompa utama pada jantung.

Dengan menggunakan pengobatan angiotensin receptor-neprilysin inhibitor, menunjukkan bahwa karena pemberiannya, akan memperbaiki fraksi ejeksi dan relaksasi otot jantung.

Kelebihan angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)

Penggunaan obat ARNI dianggap lebih efektif dalam mengatasi gagal jantung. Jika dibandingkan dengan ACE inhibitors atau obat-obatan ARB, pengobatan ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya dapat memperlambat progres gagal jantung dan mengurangi lama masa inap di rumah sakit. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pasien yang mengonsumsi ARNI berhasil menurunkan risiko kematian akibat masalah kardiovaskular hingga 20% atau dirawat di rumah sakit akibat gagal jantung. 

Efek samping angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)

Pengobatan ARNI merupakan metode pengobatan yang aman diberikan pada pasien gagal jantung. Namun layaknya penggunaan obat pada umumnya, pengobatan ARNI juga memiliki beberapa efek samping, di antaranya:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Tekanan darah rendah (hipotensi)
  • Tingginya kadar kalium dalam tubuh (hiperkalemia)
  • Disfungsi ginjal

Pada kasus yang jarang terjadi, minum obat ini dapat menyebabkan angioedema, yaitu pembengkakan pada wajah dan leher. 

Dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk melihat kadar kalium dalam darah dan fungsi ginjal. Apabila Anda terlihat mengalami masalah fungsi ginjal, dokter dapat menganjurkan untuk minum dosis yang lebih rendah atau mengganti obat-obatan tersebut. 

Umumnya ARNI akan diberikan bagi pasien yang menoleransi pengobatan dengan ACEI / ARB. Jika muncul efek samping, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan ke dokter

Demikian informasi seputar diuretik hemat kalium. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

antiplatelet dan antikoagulan

Perbedaan Antiplatelet dan Antikoagulan sebagai Obat Pengencer Darah

Uncategorized   11/01/2023
obat angiotensin

Obat Hipertensi Angiotensin Receptor Blocker, Bagaimana Cara Kerjanya?

direktoriObat   09/11/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
atorvastatin

Atorvastatin: Manfaat, Fungsi, dan Dosis

direktoriObat   14/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman